PERANGKAT – PERANGKAT PEMBELAJARAN

Kamis, 07 April 20160 komentar


1. PERHITUNGAN DAN DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
2. PROGRAM TAHUNAN
3. PROGRAM SEMESTER
4. SILABUS
5. RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/04/perangkat-perangkat-pembelajaran-1.html
 








Mata Pelajaran           :  Matematika
Satuan Pendidikan      :  SMA
  Kelas / Semester          :  XI / II
  Tahun Pelajaran         :  2015/2016

DOSEN PEMBIMBING
Drs. ZAINAL ABIDIN AMS, M.Pd

OLEH :
(MISBAHUDDIN)
NPM: 2130720096


JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
(Tahun 2016)











PERHITUNGAN DAN DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
SMA ASWAJA  MALANG
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
Mata  Pelajaran      :   Matematika
Kelas                          :   XI
A.      PERHITUNGAN PEKAN DAN JAM EFEKTIF

BANYAK PEKAN                                                            BANYAK PEKAN EFEKTIF
Bulan
Banyak Pekan

Bulan
Banyak Pekan Efektif
Januari
2016
5

Januari
2016
4
Februari
2016
4

Februari
2016
4
Maret
2016
5

Maret
2016
4
April
2016
5

April
2016
3
Mei
2016
4

Mei
2016
4
Juni
2016
5

Juni
2016
1
JUMLAH

28 PEKAN

JUMLAH

20 PEKAN

I.        JUMLAH PEKAN EFEKTIF
 =  20 Pekan
II.      JUMLAH JAM PELAJARAN EFEKTIF / MINGGU
       =  20 Pekan x 4 Jam Pelajaran / Minggu= 80 Jam Pelajaran

B.      DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU

NO
KOMPETENSI DASAR
BULAN
MINGGU
JAM PELAJARAN
1
Menyajikan dan mengolah data dalam bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, lingkaran, ogive ,grafik serta penafsirannya.
JANUARI
2, 3 & 4

12 JP
2

Menerapkan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dan kombinasi) melalui diagram serta aturan peluang.
JANUARI
FEBRUARI
5
1 & 2
12 JP
3
Menganalisis sifat garis singgung lingkaran, kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menentukan persamaan umum lingkaran
FEBRUARI
MARET
3 & 4
1 & 3
16 JP
4
Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat transformasi (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)
MARET
APRIL
4 & 5
2
12 JP
5
 Menerapkan sifat turunan untuk menentukan gradien garis singgung kurva,garis tangen, garis normal,dan titik stasioner (titik maksimum ,minimum,dan titik belok)
APRIL
MEI
 3 & 4
1 & 2
16 JP
6
Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi dan menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.
MEI
JUNI
3, & 4
1
12 JP

JUMLAH


80 JP
                                                                                               
                               
                Malang,  01 Januari 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru Mata Pelajaran



(Drs. ZAINAL ABIDIN AMS, M.Pd)                                             (MISBAHUDDIN )           
PROGRAM TAHUNAN
    Mata Pelajaran                      :  Matematika
    Satuan Pendidikan               :  SMA /  kelas XI
    Tahun Pelajaran                    :  2015 / 2016
SEMESTER
KOMPETENSI
DASAR
INDIKATOR
ALOKASI
WAKTU

S
A
T
U
/
G
A
N
J
I
L

II


1.1 Mendiskripsikan konsep  sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dua  variabel serta menerapkan konsep dan aturan system pertidaksamaan untuk menentukan nilai optimum menggunakan fungsi selidik.
·   Menemukan konsep sistem persamaan l dan  pertidaksamaan linier dua variabel
·   Menentukan nilai optimum, garis selidik dan titik optimum.
12 JP
2.2 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta menerapkan nilai determinan atau invers matriks
·   Mengidentifikasi sifat-sifat operasi matriks
·   Menyelesaikan soal yang terkait dengan determinan dan invers matriks
· Mengidentifikasi sifat-sifat invers
12 JP
1.3 Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan sifat suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi dan fungsi invers serta konsep fungsi komposisi  
·   Menemukan konsep dan sifat suatu fungsi
·   Mengidentifikasi sifat-sifat operasi fungsi komposisi
·   Menentukan rumus fungsi invers

12 JP
1.4  Menganalisis sifat dua garis  sejajar dan saling tegak lurus dan menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.
·   Menentukan persamaan garis yang sejajar dan tegak lurus melalui persamaan garis yang lain dan titik
·   Menentukan persamaan garis yang membentuk sudut tertentu melalui persamaan garis yang lain dan titik
8 JP
1.5  Mendeskripsikan dan menerapkan  konsep barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah asal himpunan bilangan asli.
·   Menemukan pola barisan dan deret tak hingga
·   Menentukan barisan konstan, naik, dan turun
8 JP
1.6  Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam menentukan luas daerah segitiga
·  Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
·   Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut
·   Menggunakan rumus sinus dan kosinus untuk menacari luas daerah segitiga
12 JP

DUA/GENAP

1.1 Menerapkan ukuran dan pemusatan data serta menyajikan dan mengolah data dalam bentuk tabel,diagram batang, diagram garis, lingkaran,ogive ,grafik serta penafsirannya.
·   Menyajikan data dalam bentuk,tabel,diagram batang, garis, lingkaran dan ogive,grafik
·   Menafsirkan data dalam bentuk tabel dan diagram
12 JP
1.2 Menerapkan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dan kombinasi) melalui diagram serta aturan peluang.
·   Menemukan konsep pencacahan (perkalian, permutasi dan kombinasi)
·   Menentukan ruang sampel suatu kejadian
·   Menentukan peluang suatu kejadian
12 JP
1.3 Menganalisis sifat garis singgung lingkaran, kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menentukan persamaan umum lingkaran
·   Menentukan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran.
·    Menentukan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.
16 JP
1.4 Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat transformasi (translasi,refleksi, dilatasi dan rotasi)
·   Mengidentifikasi sifat-sifat Transformasi
·   Menentukan bayangan Hasil Transformasi dalam sistem koordinat kartesius.
12 JP
1.5 Menerapkan konsep dan sifat turunan untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun serta  menentukan gradien garis singgung kurva,garis tangen, garis normal,dan titik stasioner (titik maksimum, minimum,dan titik belok)
·   Mengidentifikasi sifat-sifat fungsi naik dan fungsi turun dengan menggunakan konsep turunan.
·   Menentukan gradien garis singgung kurva,garis tangent,garis normal
·   Menentukan titik-titik stasioner dan jenisnya dari suatu fungsi.
16 JP
1.6 Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi dan menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.
·   Menentukan konsep integral tak tentu
·   Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi
12 JP
Ulangan  Harian (semester 1 – 2)
12 JP
Ulangan  Mid Semester (1 & 2)
8 JP
Ulangan  Semester (1 & 2)
8 JP
Cadangan / Pengayaan / Remidi ( 1 & 2)
6 JP
JUMLAH  JAM
178 JP
Malang,01 Januari 2016
Mengetahui
KepalaSekolah,                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
(Drs. ZAINAL ABIDIN AMS, M.Pd)                                                                                                             (MISBAHUDDIN)          
JADWAL KEGIATAN PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester: XI. IPA /2
Satuan Pendidikan: SMATahun Ajaran: 2015 / 2016

NO
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
JANUARI
1
2
3
4
5
1.

1.1          Memahami ukuranpemusatanmean, median, dan modus
2
LIBUR SEKOLAH
2



1.2 Menggunakan ukuranletak datayaitu kuartil, desil, dan persentil
2
2



1.3 Mengukur penyebaran data yaitu Rentang Data atau Jangkauan (Range), Rentang Antar Kuartil (Simpangan Kuartil), Simpangan Rata-Rata, serta  Ragam dan Simpangan Baku.
4
1
3


ULANGAN HARIAN
2

2


2.
2.1          Menemukan Konsep Pencacahan (Perkalian, Permutasi, dan Kombinasi) serta Binomial Newton
6


3
3
2.2          Mempelajari konsep peluang menentukan banyak anggota ruang sampel kejadian dengan menggunakan konsep aturan pencacahan.
6



2
ULANGAN HARIAN
2




3.
3.1          Menemukan Konsep PersamaanLingkaran
2




3.2          Membahas Bentuk Umum Persamaan Lingkaran
2




3.3          Mengamati Masalah dan menyelesaikan KedudukanTitik
4




3.4          Membangun Konsep Persamaan Garis Singgung Lingkaran
4




ULANGAN HARIAN
2




4.
4.1            Menemukan Konsep Translasi (Pergeseran)
2




4.2  Menemukan Konsep Refleksi (Pencerminan)
2




4.3  Menemukan Konsep Rotasi (Perputaran)
2




4.4  Menemukan Konsep  Dilatasi (Perkalian)
2




ULANGAN HARIAN
2




5.
5.1            Menemukan Konsep Turunan Suatu Fungsi yatu Konsep Garis Sekan dan   Garis Tangen, Turunan sebagai Limit Fungsi,danTurunan Fungsi Aljabar.
6




5.2 Mengaplikasikan Konsep turunan digunakan untuk menentukan interval fungsi naik/turun, keoptimalan fungsi dan titik belok suatu kurva.
6




ULANGAN HARIAN
2




6.
6.1 Menemukan Konsep Integral Tak Tentu sebagai Kebalikan dari Turunan Fungsi
6




6.2 Mengenal Notasi Integral dan Rumus Dasar Integral Tak Tentu digunakan dalam penghitungan limit.
6




ULANGAN HARIAN





ULANGAN MID SEMESTER
4




ULANGAN SEMESTER
4




REMIDI + PENGAYAAN
6






                                                                                                                           

Malang, 01Januar


Untuk tabel pada bulan selanjutnya bisa diisi sesuai kalender pada tahun akademik yang sedang berlangsung




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah          : SMA ASWAJA MALANG
Mata Pelajaran         : Matematika
Kelas/Program          : XI/IPA
Semester                   : Genap
Materi Pokok           : Integral
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit 
Jumlah Pertemuan    : 2 pertemuan

A.  Komptensi Inti, Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi:

Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
1.1  Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.

· Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar Integral
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.





2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
· Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dari guru;
· Menunjukkan sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan Integral
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
· Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
· Menunjukkan sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi

· Menentukan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi
· Mendefinisikan antiturunan
· Mengidentifikasi sifat integral tak tentu dari sifat turunan fungsi
· Menentukan notasi integral tak tentu
· Mengidentifikasi pola hubungan turunan dan antiturunan
· Mengidentifikasi sifat sifat integral
· Menentukan rumus dasar integral tak tentu
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1 Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar.
· Menyajikan hasil temuan konsep integral tak tentu suatu fungsi
· Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan integral tak tentu
· Menemukan pola dari proses antiturunan fungsi

B.     Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.    Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar Integral;
2.    Menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.    Menunjukkan sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4.    Mengidentifikasi dan menentukan pola turunan suatu fungsi
5.    Menentukan kebalikan dari turunan suatu fungsi
6.    Menemukan konsep integral tak tentu suatu fungsi

C. Materi Pembelajaran
RPP pertemuan ke-1 ini adalah rancangan pembelajaran yang terkait tahapan nomor 1. Materi ajar yang dipelajari siswa adalah: Definisi antiturunan, Pola turunan suatu fungsi, Notasi integral dan Rumus dasar integral tak tentu.
Materi pembelajaran secara terperinci terdapat pada lampiran 1.
D. Metode Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Metode pembelajaran :Tanya-jawab,penugasan individu dan kelompok, diskusi kelompok,     dan presentasi.
Pendekatan               : Saintifik
Strategi                      : Discovery Learning
E. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Mapel/Kelas
:
Matematika/Kelas XI
Kompetensi Dasar
:
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah;
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.1 mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi
4.1 memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar.
Topik
:
Integral
Sub Topik
:
Pemecahan masalah yang berkaitan dengan integral tak tentu
Tujuan Pembelajaran
:
Siswa dapat mengidentifikasi konsep integral, notasi integral,dan rumus integral, menentukan hasil suatu bentuk integral, menafsirkan hasilnya dan memeriksa ketepatan hasil  dari permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan integral.
Alokasi Waktu
:
2 x 45 menit






Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Mengamati
·   Siswa mencermati permasalahan yang berkaitan dengan Integral yang diajukan Guru.
·   Permasalahan integral :
Di pelabuhan selalu terjadi bongkar muat barang dari kapal ke dermaga dengan menggunakan mesin pengangkat/pemindah barang. Barang dalam jaring diangkat dan diturunkan ke dermaga. Terkadang barang diturunkan ke sebuah bidang miring agar mudah dipindahkan ke tempat yang diharapkan. Dari permasalahan ini, dapatkah kamu sketsa perpindahan barang tersebut? Dapatkah kamu temukan hubungan masalah ini dengan konsep turunan (Ingat pelajaran Turunan pada Bab XI)
(Perkiraan waktu: 5 menit)
Catatan :
1.            Fenomena tersebut ditulis dalam satu halaman di komputer yang dipantulkan ke layar atau  di kertas ukuran besar sehingga terbaca oleh semua siswa.
2.           Kegiatan mengamati  tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mengembangkan sikap tekun dan teliti.
Menanya
·   Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan.
·   Apabila proses bertanya dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap. (perkiraan waktu: 10 menit)
Catatan:
Kegiatan menanya tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mengembangkan sikap ingin tahu yang tinggi, kritis, logis dan kreatif dan menghargai pikiran atau pendapat orang lain.
Contoh pertanyaan penuntun/ pancingan:
1.    Setelah membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?
2.    Coba buatlah pertanyaan   yang berhubungan dengan permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut!
Kemungkinan pertanyaan yang muncul di benak siswa setelah didorong bertanya antara lain:
1.     Apa yang harus saya lakukan untuk menyelesaikan permasalahan?
2.     (Siswa yang sudah mampu memahami permasalahan yang dibacanya, kemungkinan di benaknya muncul pertanyaan)
Mengumpulkan informasi

·      Secara berkelompok siswa didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada permasalahan, khususnya terkait informasi: apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dari permasalahan.
·      Apabila proses mengumpulkan informasi dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap. (perkiraan waktu: 7 menit).
Catatan:
Proses mengumpulkan informasi tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mengembangkan sikap teliti, tekun,  menghargai  pendapat  teman, santun.
Contoh pertanyaan penuntun/pancingan untuk perkalian pada bilangan bulat:
1.  Cermatilah ilustrasi pemindahan barang di pelabuhan tersebut,  Apakah ada hubungan keadaan tersebut dengan turunan?
2.  Adakah hubungannya antara turunan dan antiturunan/integral?
3.  Apa jawaban yang harus kalian temukan pada permasalahan itu?
Informasi yang diharapkan dapat dikumpulkan oleh siswa:
1.    Hal yang diketahui dari permasalahn adalah  misalkan jaring (barang) yang diturunkan adalah sebuah fungsi, bidang miring sebuah garis, ketinggian adalah sumbu y, dan permukaan dermaga adalah sumbu x maka gambar tersebut dapat disketsa ulang dengan sederhana pada bidang koordinat kartesius.







2. Ada, jika jaring tersebut sebuah kurva dan diturunkan terjadi perubahan nilai konstanta pada fungsi tersebut sampai akhirnya kurva menyinggung bidang miring. jika F(x) adalah fungsi yang dapat duturunkan, yaitu f(x) maka antiturunan dari f(x) adalah F(x)+c dengan c adalah sembarang konstanta
Berdasarkan gambar, kurva yang menyinggung garis tersebut atau budang miring, dengan menggunakan konsep gradien garis singgung adalah turunan pertama fungsi yang disinggung garis tersebut. Gambar 12.3 memberikan informasi bahwa: m adalah turunan pertama y′ atau m = dy dx = f ′(x) (ingat notasi turunan di Bab XI) sehingga y adalah anti turunan dari m. Dengan demikian anti turunan dari m adalah y = f(x) + ck. Hal ini berarti bahwa nilai konstanta ck dapat berubah-ubah.

Mengolah Informasi
·      Secara berpasangan siswa melakukan empat langkah kegiatan mengolah informasi terkait permasalahan, yaitu: (1) memilih strategi menyelesaikan permasalahan integral tak tentu: menggunakan konsep integral tak tentu, menggunakan aturan dan sifat integral tak tentu (2) melaksanakan strategi menyelesaikan permasalahan yaitu menentukan hasil antiturunan dari suatu fungsi f. (3) mengecek jawaban permasalahan apakah sesuai dengan yang dicari dan apakah proses penyelesaian yang dilakukan sudah efektif.
·      Apabila proses mengolah informasi dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap (perkiraan waktu: 15 menit)
Catatan:
Kegiatan mengolah informasi yang dilakukan oleh siswa pada contoh tersebut  dapat menjadi wahana untuk  mengembangkan   sikap teliti, kritis, berpikir logis dan analitis,  taat azas atau aturan, kerja keras dan gigih (tidak mudah menyerah), kemampuan berpikir induktif dan menyimpulkan, menghargai  pendapat  teman dan kemampuan berkomunikasi  (bila bekerja dalam kelompok).

Contoh pertanyaan penuntun/pancingan:

1.     *Apakah informasi dalam permasalahan itu menuntun kalian pada cara untuk menyelesaikan permasalahan?
2.     Apa cara yang akan kalian tempuh untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?
3.     Apakah langkah mula-mula yang harus ditempuh untuk menentukan antiturunan suatu fungsi?
             
Mengkomunikasikan

Secara tertulis dan berpasangan siswa menjelaskan proses dari menyelesaikan permasalahan sejak  tahapmengamati, menanya, mengumpulkan informasi dan mengolah informasi. (perkiraan waktu: 5 menit).
Catatan:
·   Penjelasan siswa pada tahap ‘mengolah informasi’, hendaknya mencakup penjelasan tentang konsep integral tak tentu, notasi integral dan rumus dasar integral:.
·   Kegiatan ‘mengkomunikasikan’ yang dilakukan oleh siswa pada contoh ini diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk  mengembangkansikap teliti, berpikir sistematis, toleran, menghargai  pendapat  teman,  dan kemampuan berkomunikasi.

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Penda-huluan
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan  menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita  tentang manfaat belajar integral dalam kehidupan sehari-hari;
3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
4. Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
(Bahan informasi manfaat belajar bilangan bulat)
10 menit
Inti
1. Mengamati:Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang berhubungan dengan integral tak tentu. Ada tiga contoh permasalahan yang ditampilkan melalui layar LCD.Siswa mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
10 menit
2.  Menanya:  Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.Contoh:Apakah ada hubungan antara konsep turunan dengan integral?
10 menti
3. Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang terkait dengan  pertanyaan-pertanyaan pada contoh permasalahan yang telah ditampilkan (Bahan LKS terlampir)
15 menit
4. Mengolah informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis, menalar, menyimpulkan,  informasi yang telah diperoleh/dikumpulkan melalui LKS dalam rangka memahami  definisi integral, Sifat integral, notasi integral, dan rumus dasar integral.Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab.
15 menit
5.Mengkomunikasikan: Secara klasikal, siswa wakil kelompok  (minimal dua kelompok) mengkomunikasikan  pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang definisi integral, Sifat integral, notasi integral, dan rumus dasar integral.Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
20 menit
Ice Breaking
5 menit
6. Mengamati, menanya (dalam diri), mengumpulkan dan mengolah informasi: Secara individu siswa berlatih dan mengidentifikasi unsur-unsur integral. Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab (Soal latihan terlampir)
10 menit
7. Mengkomunikasikan: Secara kelompok, siswa saling memeriksa, mengoreksi, berdiskusi  dan memberikan masukan terkait hasil Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan ingin tahu.
5 menit
8. Secara klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan hasil penyelesaian Latihan. Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain didorong untuk bertanya dan menanggapi.  Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
5 menit
Penutup
9. Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu tentang definisi integral dan konsep integral, sifat sifat integral, rumus dasar integral dan notasi integal.
10. Secara individu siswa  melakukan refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
11. Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR terlampir)
12. Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya.
15    menit

F . Penilaian
1.    Teknik Penilaian:
No
Aspek yang diamati/dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1
Sikap bersyukur
Penilaian diri (self assesment)

2
Sikap ingin tahu
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
3
Sikap tanggungjawab
Pengamatan, Penilaian Diri
Kegiatan inti  dan Penutup
4
-Pengetahuan:
Kemampuan mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi (KD.3)
-Keterampilan: Kemampuan memilih strategi yang efektif dan menyaikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi alabar (KD.4)
Penugasan (mengerjakan latihan)
Kegiatan Inti
Tes tertulis
akhir pertemuan ke-1

2.      Bentuk dan Instrumen penilaian, serta Pedoman Penskoran:
Bahan Tes
Petunjuk:
1.    Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.    Setelah selesai,jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya

Soal :
1.    Jika m = 2 x – 4 adalah gradien garis singgung dari sembarang kurva f(x). Tunjukkan bahwa terdapat banyak fungsi f(x) yang memenuhi.
Kunci awaban soal tes :
Diketahui m = 2x – 4, maka turunan pertama fungsi tersebut
Dengan konsep turunan diperoleh  sehingga y = f(x)
2.    tentukan nilai .
Kunci awaban soal tes:
                                                                
                                                              
3.    ika fungsi  melalui titik A(1, -1/12) maka tentukanlah nilai F(x) !
kunci awaban soal tes :
Ika fungsi melalui titik A(1,-1/12) artinya F(1) = -1/12 sehingga diperoleh :
F(1)  
                                       
                                                     
Adi fungsi tersebut adalah
4.    Hitunglah integral berikut!
a.      
b.     
c.      
              =
               =
                                =
Kunci awaban soal tes :
a.      
                 =
                 = .
                 = +c

b.     
                  =
                  =
Pedoman Penskoran Hasil Tes nomor 1-4
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
Skor Maksimal
Jawaban
Benar
40
40
Salah
10
Tidak Ada
0
Uraian awaban
Benar
60
60
Salah
10
Tidak Ada
0
Skor maksimal =
-
100
Skor minimal =
-
0



Lembar Pengamatan Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-1 (alternatif-1)
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : XI/2
Tahun Pelajaran       : 2015/2016
Topik                          : integral tak tentu
Waktu Pengamatan  : ..........................................................................

Petunjuk:
1.    Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan dalam proses pembelajaran pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
2.    Tulislah angka 1, 2, 3, atau 4 pada kolom sikap sesuai hasil pengamatan.
NO
                         SIKAP
NAMA
RASA INGIN TAHU
TANGGUNG JAWAB
DLM KELOMPOK
KETERANGAN
1




2




3




4




5




...




32





Keterangan:
1 = kurang konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten. 4 = selalu konsisten













Lembar Penilaian Diri pada Siswa
Mata  Pelajaran      :  Matematika
Nama                     :
Kelas                      :  XI
Topik                     :  Integral tak tentu
Tanggal Mengisi    :

No
Pernyataan
Alternatif
Ya
Tidak
1.                
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Allah SWTdalam mempelajari integral tak tentu sehingga saya dapat mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari


2.                
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar integral tak tentu


3.                
Saya telah memahami tentang mengidentifikasi integral tak tentu


4.                
Saya optimis dapat memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya dalam belajar tentang mengidentifikasi integral tak tentu


5.                
Saya akan belajar keras untuk mempelajari  lebih lanjut terkait mengidentifikasi integral tak tentu dan saya yakin akan bisa memahaminya


6.                
Saya telah berperan aktif dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini


7.                
Saya akan berperan lebih banyak  selama belajar matematika dalam kelompok pada hari-hari yang akan datang  dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan



G.    Sumber Belajar (Pertemuan Ke-1)
1.      Bahan informasi tentang pengertian dan manfaat belajar Integral tak tentu (file word/Pdf);
2.      Daftar pertanyaan untuk apersepsi;
3.      Contoh peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan integral tak tentu (file word/Pdf);
4.      Bahan untuk lembar kerja siswa;
5.      Bahan latihan;
6.      Bahan pekerjaan rumah;
7.      Buku Siswa Mata Pelajaran Matematika SMA kelas XI semester 2, Kemdikbud, 2013

Malang, Januari 2016
                         Kepala Sekolah                                              Guru
                       (Drs. Zainal Abidin AMS, M.Pd)                    (MISBAHUDDIN)
Lampiran RPP Pertemuan Ke-1
Lampiran-1:Bahan informasi materi pembelajaran integral tak tentu
Lampiran-2 : Bahan informasi manfaat belajar integral tak tentu
Lampiran-3: Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lampiran-4:Bahan latihan
Lampiran-5: Bahan pekerjaan rumah

Lampiran-1 RPP:Bahan informasi materi pembelajaran
1.    Menemukan Konsep Integral Tak Tentu sebagai Kebalikan dari Turunan Fungsi
Perhatikan gambar dibawah ini :

 





Sekarang, kita misalkan jaring (barang) yang diturunkan adalah sebuah fungsi, bidang miring sebuah garis, ketinggian adalah sumbu y, dan permukaan dermaga adalah sumbu x maka gambar tersebut dapat disketsa ulang dengan sederhana pada bidang koordinat kartesius.
Jika jaring tersebut sebuah kurva dan diturunkan pada Gambar 12.2 maka berdasarkan konsep Transfromasi (translasi) pada Bab X, terjadi perubahan nilai konstanta pada fungsi tersebut sampai akhirnya kurva tersebut akan menyingung bidang miring atau garis. Perhatikan gambar kembali.
Berdasarkan Gambar 12.3, kurva yang bergerak turun akan menyinggung garis tersebut. Ingat kembali konsep gradien sebuah garis singgung pada Bab XI bahwa gradien garis singgung adalah turunan pertama fungsi yang disinggung garis tersebut. Berdasarkan konsep tersebut maka Gambar 12.3 memberikan informasi bahwa: m adalah turunan pertama y
Jika F(x) adalah fungsi yang dapat diturunkan, yaitu f(x) maka antiturunan dari f(x) adalah F(x) + c dengan c adalah sembarang konstanta.



Definisi 12.1
f : R R dan F : R R disebut antiturunan atau integral tak tentu f jika F '(x) = f(x) x R
Sifat 12.1
Proses menemukan y dari merupakan kebalikan dari sebuah proses turunan dan dinamakan antiturunan.
Sifat 12.2
Jika F(x) adalah sebuah fungsi dengan F '(x) = f(x) dapat dikatakan bahwa a. turunan F(x) adalah f (x) dan b. antiturunan dari f(x) adalah F(x)
2. Notasi Integral dan Rumus Dasar Integral Tak Tentu
2.1 Notasi Integral
Kita telah banyak membahas tentang turunan dan antiturunan serta hubungannya pada beberapa fungsi yang sederhana pada sub-bab di atas. Pada kesempatan ini, kita akan menggunakan sebuah notasi operator antiturunan tersebut. Antiturunan dari sebuah fungsi f(x) ditulis dengan menggunakan notasi “∫” (baca: integral).
2.2  Rumus Dasar Integral Tak Tentu
Sifat 12.3
Jika F(x) adalah fungsi dengan F′(x) maka ∫ f(x)dx = F(x) + c Dengan c sembarang konstanta
 












Dari pengamatan pada tabel tersebut, kita melihat sebuah aturan integrasi atau pola anti turunan dari turunannya yaitu 
Sifat 12.4
 Untuk n bilangan rasional dengan n ≠ – 1, dan a, c adalah bilangan real maka berlaku aturan:
a.      
b.      
Sifat 12.5
Jika f(x) dan g(x) merupakan dua fungsi yang dapat diintegralkan dan c, k bilangan real, maka:

1.   
2.   
3.  
4.   
5.   
6.   

 







Sifat 12.6
Misalkan f1 (x),f2 (x),...,fn (x) adalah fungsi yang dapat diintegralkan. Integral tak tentu hasil penjumlahan dua fungsi atau lebih sama dengan integral tak tentu dari masing-masing fungsi, yaitu:
Lampiran.2 RPP : Manfaat Belajar Integral tak tentu
Apakah integral tak tentu?
1.    Integral adalah antiturunan dari sebuah fungsi
2.    f : R R dan F : R R disebut antiturunan atau integral tak tentu f jika F '(x) = f(x) x R
3.    Proses menemukan y dari merupakan kebalikan dari sebuah proses turunan dan dinamakan antiturunan.
4.    integral tak tentu adalah cabang dari matematika yang mempelajari operasi pada integral taktentu dari fungsi alabar.
Mengapa Belajar perkalian dan pembagian bilangan bulat?
Cermati sajian gambar dan permasalahan berikut ini.
Di pelabuhan selalu terjadi bongkar muat barang dari kapal ke dermaga dengan menggunakan mesin pengangkat/pemindah barang. Barang dalam jaring diangkat dan diturunkan ke dermaga. Terkadang barang diturunkan ke sebuah bidang miring agar mudah dipindahkan ke tempat yang diharapkan. Dari permasalahan ini, dapatkah kamu sketsa perpindahan barang tersebut? Dapatkah kamu temukan hubungan masalah ini dengan konsep turunan (Ingat pelajaran Turunan pada Bab XI)
permasalahan 1:




 


                              




Berdasarkan konsep turunan, beberapa fungsi tersebut bila diturunkan menghasilkan fungsi yang sama. Jika digunakan konsep antiturunan pada fungsi tersebut, bagaimanakah fungsinya? Apakah dapat kembali ke fungsi asal? Berikut adalah fungsi-fungsi yang akan diamati :
a). , b). , c). , d). ,
e).
Permasalahan 2:






Permasalahan 3:
Pada konsep turunan, kita dapat memperoleh aturan turunan dengan menggunakan konsep limit fungsi sehingga proses penurunan sebuah fungsi dapat dilakukan dengan lebih sederhana dan cepat. Bagaimana dengan konsep integral suatu fungsi? Adakah aturan yang dapat dimiliki agar proses integrasi suatu fungsi atau mengembalikan fungsi turunan ke fungsi semula dapat dilakukan dengan cepat?




Konsep antiturunan atau integral banyak berperan dalam menyelesaikan permasalahan di bidang Fisika. Pada bidang ini juga banyak diperankan oleh konsep Turunan, contohnya adalah permasalahan kecepatan dan percepatan. Dengan mengingat integral adalah balikan dari turunan, maka dapatkah kamu temukan hubungan konsep turunan dan integral dalam permasalahan kecepatan dan percepatan? Coba kamu tunjukkan peran integrasi pada hubungan besaran tersebut?
Permasalahan 4 :







Apa manfaat belajar integral tak tentu?
v Belajar integral tak tentu  berarti belajar menyelesaikan permasalahan sehari-hari.
v Belajar integral tak tentu  berarti belajar menyelesaikan permasalahan sehari-hari   dengan cara- cara yang mudah namun tujuan tercapai.
v Belajar integral tak tentu  memungkinkan  diri kita memahami permasalahan sehari-hari yang kompleks menjadi sederhana.


Lampiran.3 RPP : Lembar Kerja Siswa (LKS)
TUJUAN: Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk memahami konsep dan pola integral tak tentu fungsi  alabar
Tentukanlah turunan dan antiturunan fungsi-fungsi yang diberikan pada tabel berikut :
.........

.........

.........

.........

.........
.........
.........

.........

.........

.........








Lampiran.4 RPP : Bahan Latihan
1.      Tentukan antiturunan dari
2.







Kerjakan soal-soal diatas, untuk mendapatkan bonus pada akhir semester

                                                                                                         







Lampiran.5 RPP : Bahan Pekerjaan Rumah
1. Selesaikanlah!
*selamat mengerjakan*



ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 2
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 3



KUNCI JAWABAN PERMASALAHAN 4



ALTERNATIF PENYELESAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)



ALTERNATIF PENYELESAIAN BAHAN LATIHAN








ALTERNATIF PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH

ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 2
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 3



KUNCI JAWABAN PERMASALAHAN 4



ALTERNATIF PENYELESAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)



ALTERNATIF PENYELESAIAN BAHAN LATIHAN








ALTERNATIF PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH
SILABUS
Nama Sekolah             : SMA ASWAJA MALANG
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XI / 2
Kompetensi Inti          : 3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
                                     4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.28  Memahami konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.
3.29  Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.
Integral
Mengamati
Membaca mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.

Menanya
Membuat pertanyaan mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata
Tugas
·     Membaca mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.
·     Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.

Portofolio
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang ada.

4 x 4  Jam pelajaran
·Buku Siswa kelas XI Hal.202 - 227 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014

4.17   Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar


Mengeksplorasikan
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.

Mengasosiasikan
Menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.

Mengomunikasikan
Menyampaikan pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata dengan lisan, dan tulisan.
Tes
Tes tertulis bentuk uraian mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata.





Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger