| 
     
1.
    PERHITUNGAN DAN DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU 
2.
    PROGRAM TAHUNAN 
3.
    PROGRAM SEMESTER 
4.
    SILABUS 
5.
    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
 | 
   
Mata Pelajaran           : 
Matematika
Satuan Pendidikan      : 
SMA
 
Kelas / Semester          :  XI / II
  Tahun Pelajaran         :  2015/2016
DOSEN
PEMBIMBING
Drs.
ZAINAL ABIDIN AMS, M.Pd
OLEH
:
(MISBAHUDDIN)
NPM: 2130720096
JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
(Tahun 2016)
PERHITUNGAN DAN DISTRIBUSI ALOKASI WAKTU
SMA ASWAJA  MALANG
SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN 2015 – 2016
Mata  Pelajaran      :  
Matematika
Kelas                          :   XI
A.      PERHITUNGAN PEKAN DAN JAM
EFEKTIF
BANYAK PEKAN                                                            BANYAK PEKAN EFEKTIF
| 
   
Bulan 
 | 
  
   
Banyak Pekan 
 | 
  
   | 
  
   
Bulan 
 | 
  
   
Banyak Pekan Efektif 
 | 
 ||
| 
   
Januari 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   | 
  
   
Januari 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Februari 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   
Februari 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Maret 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   | 
  
   
Maret 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
April 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   | 
  
   
April 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Mei 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   
Mei 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Juni 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
5 
 | 
  
   | 
  
   
Juni 
 | 
  
   
2016 
 | 
  
   
1 
 | 
 
| 
   
JUMLAH 
 | 
  
   | 
  
   
28
  PEKAN 
 | 
  
   | 
  
   
JUMLAH 
 | 
  
   | 
  
   
20
  PEKAN 
 | 
 
I.       
JUMLAH PEKAN EFEKTIF 
 =  20 Pekan 
II.     
JUMLAH JAM PELAJARAN EFEKTIF / MINGGU
       = 
20 Pekan x 4 Jam Pelajaran / Minggu= 80 Jam Pelajaran
B.     
DISTRIBUSI ALOKASI
WAKTU
| 
   
NO 
 | 
  
   
KOMPETENSI
  DASAR 
 | 
  
   
BULAN 
 | 
  
   
MINGGU 
 | 
  
   
JAM
  PELAJARAN 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   
Menyajikan dan mengolah data dalam
  bentuk tabel, diagram batang, diagram garis, lingkaran, ogive ,grafik serta penafsirannya. 
 | 
  
   
JANUARI 
 | 
  
   
2,
  3 & 4 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Menerapkan aturan pencacahan
  (perkalian, permutasi dan kombinasi) melalui diagram serta aturan peluang. 
 | 
  
   
JANUARI 
FEBRUARI 
 | 
  
   
5 
1
  & 2 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Menganalisis sifat garis singgung lingkaran, kurva
  lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menentukan
  persamaan umum lingkaran
   
 | 
  
   
FEBRUARI 
MARET 
 | 
  
   
3
  & 4 
1
  & 3 
 | 
  
   
16
  JP 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
Menganalisis dan menerapkan
  sifat-sifat transformasi (translasi, refleksi, dilatasi dan rotasi)  
 | 
  
   
MARET 
APRIL 
 | 
  
   
4
  & 5 
2 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   
 Menerapkan sifat turunan untuk menentukan
  gradien garis singgung kurva,garis tangen, garis normal,dan titik stasioner
  (titik maksimum ,minimum,dan titik belok) 
 | 
  
   
APRIL 
MEI 
 | 
  
   
 3 & 4 
1
  & 2 
 | 
  
   
16
  JP 
 | 
 
| 
   
6 
 | 
  
   
Mendeskripsikan konsep integral
  tak tentu suatu fungsi dan menurunkan aturan dan
  sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat
  turunan fungsi. 
 | 
  
   
MEI 
JUNI 
 | 
  
   
3,
  & 4 
1 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   | 
  
   
JUMLAH 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
80
  JP 
 | 
 
                Malang,  01 Januari 2016
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru
Mata Pelajaran
(Drs. ZAINAL ABIDIN AMS, M.Pd)                                             (MISBAHUDDIN
)            
PROGRAM TAHUNAN
   
Mata Pelajaran                      :  Matematika
    Satuan Pendidikan               :  SMA /  kelas XI
    Tahun Pelajaran                    :  2015 /
2016
| 
   
SEMESTER 
 | 
  
   
KOMPETENSI 
DASAR 
 | 
  
   
INDIKATOR 
 | 
  
   
ALOKASI 
WAKTU 
 | 
 
| 
   
S 
A 
T 
U 
/ 
G 
A 
N 
J 
I 
L 
II 
 | 
  
   
1.1
  Mendiskripsikan konsep  sistem
  persamaan dan pertidaksamaan
  linier dua  variabel
  serta menerapkan konsep dan aturan
  system pertidaksamaan untuk menentukan nilai optimum menggunakan fungsi
  selidik. 
 | 
  
   
·  
  Menemukan konsep sistem
  persamaan l dan  pertidaksamaan linier
  dua variabel 
·  
  Menentukan nilai optimum, garis
  selidik dan titik optimum. 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   
2.2
  Mendeskripsikan dan menganalisis
  konsep dasar operasi matriks dan sifat-sifat operasi matriks serta
  menerapkan nilai determinan atau invers matriks 
 | 
  
   
·  
  Mengidentifikasi sifat-sifat
  operasi matriks 
·  
  Menyelesaikan soal yang terkait
  dengan determinan dan invers matriks 
· Mengidentifikasi
  sifat-sifat invers 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 |
| 
   
1.3
  Mendeskripsikan dan menganalisis konsep dan sifat suatu fungsi dan melakukan manipulasi aljabar dalam menentukan invers fungsi
  dan fungsi invers serta konsep fungsi komposisi   
 | 
  
   
·  
  Menemukan konsep dan sifat
  suatu fungsi 
·  
  Mengidentifikasi sifat-sifat
  operasi fungsi komposisi 
·  
  Menentukan rumus fungsi invers 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 |
| 
   
1.4
   Menganalisis
  sifat dua garis  sejajar dan
  saling tegak lurus dan
  menerapkannya
  dalam menyelesaikan
  masalah.  
 | 
  
   
·  
  Menentukan persamaan garis yang sejajar dan
  tegak lurus melalui persamaan garis yang lain dan titik  
·  
  Menentukan persamaan garis yang membentuk
  sudut tertentu melalui persamaan garis yang lain dan titik 
 | 
  
   
8
  JP 
 | 
 |
| 
   
1.5  Mendeskripsikan dan menerapkan  konsep
  barisan tak hingga sebagai fungsi dengan daerah
  asal himpunan bilangan
  asli. 
 | 
  
   
·  
  Menemukan pola barisan dan
  deret tak hingga 
·  
  Menentukan barisan konstan,
  naik, dan turun 
 | 
  
   
8
  JP 
 | 
 |
| 
   
1.6  Mendeskripsikan dan menganalisis aturan sinus dan kosinus serta menerapkannya dalam
  menentukan luas daerah segitiga 
 | 
  
   
·  Menggunakan
  rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut 
·  
  Menggunakan rumus kosinus
  jumlah dan selisih dua sudut 
·  
  Menggunakan rumus sinus dan
  kosinus untuk menacari luas daerah segitiga 
 | 
  
   
12
  JP 
 | 
 
| 
   
DUA/GENAP 
 | 
  
   
1.1
  Menerapkan ukuran dan pemusatan data serta menyajikan dan mengolah data dalam bentuk tabel,diagram batang, diagram garis, lingkaran,ogive
  ,grafik
  serta penafsirannya. 
 | 
  
   
·   Menyajikan data dalam bentuk,tabel,diagram
  batang, garis, lingkaran dan ogive,grafik 
·   Menafsirkan data dalam bentuk tabel dan diagram 
 | 
  
   
12 JP 
 | 
 
| 
   
1.2
  Menerapkan aturan pencacahan (perkalian, permutasi dan kombinasi) melalui
  diagram serta aturan peluang. 
 | 
  
   
·   Menemukan konsep pencacahan (perkalian,
  permutasi dan kombinasi) 
·   Menentukan ruang sampel suatu kejadian 
·   Menentukan peluang suatu kejadian 
 | 
  
   
12 JP 
 | 
 |
| 
   
1.3 Menganalisis sifat garis singgung
  lingkaran,
  kurva lingkaran dengan
  titik pusat tertentu dan menentukan persamaan
  umum lingkaran  
 | 
  
   
·   Menentukan
  persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran. 
·  
   Menentukan persamaan garis singgung yang
  gradiennya diketahui. 
 | 
  
   
16 JP 
 | 
 |
| 
   
1.4
  Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat transformasi (translasi,refleksi,
  dilatasi dan rotasi) 
 | 
  
   
·   Mengidentifikasi sifat-sifat Transformasi 
·   Menentukan
  bayangan Hasil Transformasi dalam sistem koordinat kartesius. 
 | 
  
   
12 JP 
 | 
 |
| 
   
1.5
  Menerapkan konsep dan sifat turunan untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi
  turun serta  menentukan gradien garis
  singgung kurva,garis tangen, garis normal,dan titik stasioner (titik
  maksimum, minimum,dan titik belok) 
 | 
  
   
·  
  Mengidentifikasi sifat-sifat
  fungsi naik dan fungsi turun dengan menggunakan konsep turunan. 
·  
  Menentukan gradien garis
  singgung kurva,garis tangent,garis normal  
·  
  Menentukan titik-titik
  stasioner dan jenisnya dari suatu fungsi. 
 | 
  
   
16 JP 
 | 
 |
| 
   
1.6 Mendeskripsikan konsep integral
  tak tentu suatu fungsi dan menurunkan aturan dan
  sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat
  turunan fungsi. 
 | 
  
   
·  
  Menentukan konsep integral tak tentu 
·  
  Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu
  dari aturan dan sifat turunan fungsi 
 | 
  
   
12 JP 
 | 
 |
| 
   
Ulangan  Harian (semester 1 – 2) 
 | 
  
   
12 JP 
 | 
 ||
| 
   
Ulangan  Mid Semester (1 & 2) 
 | 
  
   
8 JP 
 | 
 ||
| 
   
Ulangan  Semester (1 & 2) 
 | 
  
   
8 JP 
 | 
 ||
| 
   
Cadangan / Pengayaan / Remidi ( 1
  & 2) 
 | 
  
   
6 JP 
 | 
 ||
| 
   
JUMLAH  JAM 
 | 
  
   
178 JP 
 | 
 ||
Malang,01 Januari
2016
Mengetahui
KepalaSekolah,                                                                                                                        Guru
Mata Pelajaran
(Drs. ZAINAL
ABIDIN AMS, M.Pd)                                                                                                             (MISBAHUDDIN)           
JADWAL KEGIATAN
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : MatematikaKelas / Semester:
XI. IPA /2
Satuan Pendidikan: SMATahun Ajaran: 2015 / 2016
| 
   
NO 
 | 
  
   
KOMPETENSI DASAR 
 | 
  
   
WAKTU 
 | 
  
   
JANUARI 
 | 
 ||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
5 
 | 
 |||
| 
   
1. 
 | 
  
   
1.1         
  Memahami ukuranpemusatanmean,
  median, dan modus 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
LIBUR SEKOLAH 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
1.2 Menggunakan ukuranletak
  datayaitu kuartil, desil, dan persentil 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
1.3 Mengukur penyebaran
  data yaitu Rentang Data atau Jangkauan (Range),
  Rentang Antar Kuartil (Simpangan Kuartil), Simpangan Rata-Rata, serta  Ragam dan Simpangan Baku. 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN HARIAN 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
2. 
 | 
  
   
2.1         
  Menemukan
  Konsep Pencacahan (Perkalian, Permutasi, dan Kombinasi) serta Binomial Newton 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   
3 
 | 
  
   
3 
 | 
 |
| 
   
2.2         
  Mempelajari konsep peluang menentukan banyak anggota ruang sampel kejadian dengan menggunakan
  konsep aturan pencacahan. 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   
2 
 | 
 ||
| 
   
ULANGAN
  HARIAN 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
3. 
 | 
  
   
3.1         
  Menemukan
  Konsep PersamaanLingkaran 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
3.2         
  Membahas Bentuk Umum Persamaan
  Lingkaran 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
3.3         
  Mengamati Masalah dan menyelesaikan KedudukanTitik 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
3.4         
  Membangun Konsep Persamaan Garis Singgung Lingkaran 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN
  HARIAN 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
4.  
 | 
  
   
4.1           
  Menemukan
  Konsep Translasi (Pergeseran) 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
4.2  Menemukan Konsep Refleksi (Pencerminan) 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
4.3  Menemukan Konsep Rotasi (Perputaran) 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
4.4  Menemukan
  Konsep  Dilatasi (Perkalian) 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN HARIAN 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
5. 
 | 
  
   
5.1           
  Menemukan
  Konsep Turunan Suatu Fungsi yatu Konsep Garis Sekan dan  
  Garis Tangen, Turunan sebagai Limit Fungsi,danTurunan Fungsi Aljabar. 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
5.2 Mengaplikasikan Konsep turunan digunakan untuk menentukan interval fungsi
  naik/turun, keoptimalan fungsi dan titik belok suatu kurva. 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN HARIAN 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
6. 
 | 
  
   
6.1 Menemukan
  Konsep Integral Tak Tentu sebagai Kebalikan dari Turunan Fungsi 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 |
| 
   
6.2 Mengenal Notasi
  Integral dan Rumus Dasar Integral Tak Tentu digunakan dalam penghitungan
  limit. 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN HARIAN 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN MID SEMESTER 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
ULANGAN SEMESTER 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
| 
   
REMIDI + PENGAYAAN 
 | 
  
   
6 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 ||
Malang, 01Januar
Untuk tabel
pada bulan selanjutnya bisa diisi sesuai kalender pada tahun akademik yang
sedang berlangsung
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah          :
SMA
ASWAJA MALANG
Mata Pelajaran         :
Matematika
Kelas/Program          : XI/IPA
Semester                   : Genap
Materi
Pokok           :
Integral
Alokasi
Waktu         :
2
x 45 menit  
Jumlah
Pertemuan    : 2 pertemuan
A. 
Komptensi Inti, Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi: 
| 
    
Kompetensi Inti (KI) 
 | 
   
    
Kompetensi Dasar (KD) 
 | 
   
    
Indikator Pencapaian
   Kompetensi 
 | 
  
| 
   
1.    
  Menghargai
  dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
 | 
  
   
1.1  Menghargai dan
  menghayati  ajaran agama yang dianutnya. 
 | 
  
   
·
  Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari
  kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar Integral  
 | 
 
| 
   
2.   
  Menghargai dan menghayati
  perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
  santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
  sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 
 | 
  
   
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
  analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak
  mudah menyerah dalam memecahkan masalah; 
 | 
  
   
·
  Menunjukkan
  sikap bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas dari guru; 
·
  Menunjukkan
  sikap gigih (tidak mudah menyerah) dalam memecahkan masalah yang berkaitan
  dengan Integral 
 | 
 
| 
   
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya
  diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
  kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 
 | 
  
   
·
  Menunjukkan
  sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau
  guru; 
·
  Menunjukkan
  sikap percaya diri dalam mengkomunikasikan hasil-hasil tugas. 
 | 
 |
| 
   
3.   
  Memahami
  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, terkait fenomena dan
  kejadian tampak mata. 
 | 
  
   
3.1Mendeskripsikan konsep integral
  tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi 
 | 
  
   
· Menentukan konsep integral tak tentu suatu
  fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi  
· Mendefinisikan antiturunan 
· Mengidentifikasi sifat integral tak tentu dari
  sifat turunan fungsi  
· Menentukan notasi integral tak tentu 
· Mengidentifikasi pola hubungan turunan dan
  antiturunan 
· Mengidentifikasi sifat sifat integral 
· Menentukan rumus dasar integral tak tentu 
 | 
 
| 
   
4.   
  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
  konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
  ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar) sesuai dengan yang
  dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. 
 | 
  
   
4.1
  Memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam
  memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar. 
 | 
  
   
· Menyajikan hasil temuan
  konsep integral tak tentu suatu fungsi 
· Menyelesaikan soal yang
  berkaitan dengan integral tak tentu  
· Menemukan pola dari
  proses antiturunan fungsi 
 | 
 
B.    
Tujuan Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Melalui proses mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan
hasil mengolah informasi dalam penugasan individu dan kelompok, siswa dapat:
1.   
Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari
kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar Integral;
2.   
Menunjukkan
sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
3.   
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
4.    Mengidentifikasi
dan menentukan pola turunan suatu fungsi
5.    Menentukan
kebalikan dari turunan suatu fungsi
6.    Menemukan
konsep integral tak tentu suatu fungsi
C. Materi Pembelajaran
RPP
pertemuan ke-1 ini adalah rancangan pembelajaran yang terkait tahapan nomor 1.
Materi ajar yang dipelajari siswa adalah: Definisi antiturunan, Pola turunan
suatu fungsi, Notasi integral dan Rumus dasar integral tak tentu.
Materi
pembelajaran secara terperinci terdapat pada lampiran 1.
D. Metode Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
Metode
pembelajaran  :Tanya-jawab,penugasan
individu dan kelompok, diskusi kelompok,     dan presentasi.
Pendekatan               : Saintifik 
Strategi                      : Discovery Learning
E. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran (Pertemuan Ke-1)
| 
   
Mapel/Kelas 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Matematika/Kelas XI 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.1
  Menghargai dan menghayati  ajaran agama
  yang dianutnya. 
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis,
  analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak
  mudah menyerah dalam memecahkan masalah; 
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya
  diri, dan ketertarikan matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan
  kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar. 
3.1 mendeskripsikan konsep integral
  tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi  
4.1
  memilih strategi yang efektif dan menyajikan model matematika dalam
  memecahkan masalah nyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar. 
 | 
 
| 
   
Topik 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Integral 
 | 
 
| 
   
Sub Topik 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pemecahan masalah yang berkaitan dengan
  integral tak tentu 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Siswa dapat mengidentifikasi
  konsep integral, notasi integral,dan rumus integral, menentukan hasil suatu
  bentuk integral, menafsirkan hasilnya dan memeriksa ketepatan hasil  dari permasalahan sehari-hari yang
  berkaitan dengan integral. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 45 menit 
 | 
 
| 
   
Tahap 
 | 
  
   
Kegiatan
  Pembelajaran 
 | 
 ||
| 
   
Mengamati 
 | 
  
   
·  
  Siswa
  mencermati permasalahan yang berkaitan dengan Integral yang diajukan Guru. 
·  
  Permasalahan
  integral : 
(Perkiraan
  waktu: 5 menit) 
Catatan
  : 
1.          
   Fenomena tersebut ditulis dalam
  satu halaman di komputer yang dipantulkan ke layar atau  di kertas ukuran besar sehingga terbaca
  oleh semua siswa. 
2.          
  Kegiatan mengamati  tersebut diharapkan dapat menjadi wahana
  bagi siswa dalam mengembangkan sikap tekun dan teliti. 
 | 
 ||
| 
   
Menanya 
 | 
  
   
·  
  Siswa
  didorong untuk mengajukan pertanyaan. 
·  
  Apabila proses
  bertanya dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan
  penuntun/pancingan secara bertahap. (perkiraan waktu: 10 menit) 
 | 
 ||
| 
   
Catatan:  
Kegiatan
  menanya tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam
  mengembangkan sikap ingin tahu yang tinggi, kritis, logis dan
  kreatif dan menghargai pikiran atau pendapat orang lain. 
 | 
 |||
| 
   
Contoh pertanyaan penuntun/
  pancingan: 
1.   
  Setelah
  membaca dan mencermati permasalahan, apa yang terpikir dalam benak kalian?  
2.   
  Coba buatlah
  pertanyaan   yang berhubungan dengan
  permasalahan yang telah kalian baca dan cermati tersebut! 
 | 
  
   
Kemungkinan pertanyaan yang muncul
  di benak siswa setelah didorong bertanya antara lain: 
1.    
  Apa yang harus
  saya lakukan untuk menyelesaikan permasalahan? 
2.    
  (Siswa
  yang sudah mampu memahami permasalahan yang dibacanya, kemungkinan di
  benaknya muncul pertanyaan) 
 | 
 ||
| 
   
Mengumpulkan
  informasi 
 | 
  
   
·      Secara
  berkelompok siswa didorong untuk mencari dan menuliskan informasi pada
  permasalahan, khususnya terkait informasi: apa yang diketahui dan apa yang
  ditanyakan dari permasalahan.  
·      Apabila proses
  mengumpulkan informasi dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan pertanyaan
  penuntun/pancingan secara bertahap. (perkiraan waktu: 7
  menit). 
 | 
 ||
| 
   
Catatan:  
Proses mengumpulkan informasi tersebut diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa dalam mengembangkan sikap teliti, tekun, menghargai pendapat teman, santun.  | 
 |||
| 
   
Contoh pertanyaan
  penuntun/pancingan untuk perkalian pada bilangan bulat: 
1.  Cermatilah ilustrasi pemindahan barang di
  pelabuhan tersebut,  Apakah ada
  hubungan keadaan tersebut dengan turunan? 
2.  Adakah hubungannya antara turunan dan
  antiturunan/integral?  
3.  Apa jawaban yang harus kalian temukan pada
  permasalahan itu? 
 | 
  
   
Informasi yang diharapkan dapat
  dikumpulkan oleh siswa: 
1.   
  Hal yang
  diketahui dari permasalahn adalah  misalkan jaring (barang) yang diturunkan adalah
  sebuah fungsi, bidang miring sebuah garis, ketinggian adalah sumbu y,
  dan permukaan dermaga adalah sumbu x maka gambar tersebut dapat
  disketsa ulang dengan sederhana pada bidang koordinat kartesius. 
2. Ada,
  jika jaring tersebut sebuah kurva dan diturunkan terjadi perubahan nilai
  konstanta pada fungsi tersebut sampai akhirnya kurva menyinggung bidang
  miring. jika F(x) adalah fungsi yang dapat duturunkan, yaitu f(x) maka
  antiturunan dari f(x) adalah F(x)+c dengan c adalah sembarang konstanta 
Berdasarkan
  gambar, kurva yang menyinggung garis tersebut atau budang miring, dengan
  menggunakan konsep gradien garis singgung adalah turunan pertama fungsi yang
  disinggung garis tersebut. Gambar 12.3 memberikan informasi
  bahwa: m adalah turunan pertama y′ atau m = dy dx =
  f ′(x) (ingat notasi turunan di Bab XI) sehingga y adalah
  anti turunan dari m. Dengan demikian anti turunan dari m adalah y =
  f(x) + ck. Hal ini berarti bahwa nilai konstanta ck dapat
  berubah-ubah. 
 | 
 ||
| 
   
Mengolah
  Informasi 
 | 
  
   
·     
  Secara
  berpasangan siswa melakukan empat langkah kegiatan mengolah informasi terkait
  permasalahan, yaitu: (1) memilih strategi menyelesaikan permasalahan integral tak tentu: menggunakan konsep
  integral tak tentu, menggunakan aturan dan sifat integral tak tentu (2) melaksanakan
  strategi menyelesaikan permasalahan yaitu menentukan hasil antiturunan dari suatu fungsi f. (3) mengecek jawaban
  permasalahan apakah sesuai dengan yang dicari
  dan apakah proses penyelesaian yang dilakukan sudah efektif. 
·     
  Apabila
  proses mengolah informasi dari siswa kurang lancar, Guru melontarkan
  pertanyaan penuntun/pancingan secara bertahap (perkiraan
  waktu: 15 menit) 
 | 
 ||
| 
   
Catatan: 
Kegiatan
  mengolah informasi yang dilakukan oleh siswa pada contoh tersebut  dapat menjadi wahana untuk  mengembangkan   sikap
  teliti, kritis, berpikir logis dan analitis, 
  taat azas atau aturan, kerja keras dan gigih (tidak mudah menyerah),
  kemampuan berpikir induktif dan menyimpulkan, menghargai  pendapat 
  teman dan kemampuan berkomunikasi 
  (bila bekerja dalam kelompok). 
 | 
 |||
| 
   | 
  
   
Contoh pertanyaan penuntun/pancingan: 
1.    
  *Apakah
  informasi dalam permasalahan itu menuntun kalian pada cara untuk
  menyelesaikan permasalahan? 
2.    
  Apa cara yang
  akan kalian tempuh untuk menyelesaikan permasalahan tersebut?  
3.    
  Apakah langkah
  mula-mula yang harus ditempuh untuk menentukan antiturunan suatu fungsi? 
 | 
 ||
| 
   
Mengkomunikasikan 
 | 
  
   
Secara
  tertulis dan berpasangan siswa menjelaskan proses dari menyelesaikan
  permasalahan sejak  tahapmengamati,
  menanya, mengumpulkan informasi dan mengolah informasi. (perkiraan waktu:
  5 menit). 
 | 
 ||
| 
   
Catatan:  
·  
  Penjelasan
  siswa pada tahap ‘mengolah informasi’, hendaknya mencakup penjelasan tentang konsep integral tak
  tentu, notasi integral dan rumus dasar integral:. 
·  
  Kegiatan ‘mengkomunikasikan’ yang dilakukan oleh siswa pada contoh ini
  diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk  mengembangkansikap teliti, berpikir sistematis, toleran, menghargai  pendapat 
  teman,  dan kemampuan
  berkomunikasi. 
 | 
 |||
| 
    
Kegiatan 
 | 
   
    
Uraian Kegiatan 
 | 
   
    
Rencana Waktu 
 | 
  
| 
   
Penda-huluan 
 | 
  
   
1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa,
  dilanjutkan  menanyakan kabar dan
  mengecek kehadiran siswa;  
2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita  tentang manfaat belajar integral dalam kehidupan sehari-hari; 
3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang
  diharapkan akan dicapai dalam pertemuan; 
4. Siswa
  menyimak informasi tentang cara belajar yang
  akan ditempuh  
5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya
  jawab  
(Bahan informasi
  manfaat belajar
  bilangan bulat) 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
 
| 
   
Inti 
 | 
  
   
1.
  Mengamati:Secara
  klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh permasalahan sehari-hari yang
  berhubungan dengan integral
  tak tentu. Ada tiga contoh permasalahan yang ditampilkan melalui
  layar LCD.Siswa mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh
  permasalahan terlampir) 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
 
| 
   
2. 
  Menanya:  Siswa didorong untuk mengajukan  pertanyaan terkait hal-hal yang diamati
  atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.Contoh:Apakah ada hubungan antara konsep
  turunan dengan integral? 
 | 
  
   
10
  menti 
 | 
 |
| 
   
3.
  Mengumpulkan informasi: Secara berkelompok, siswa mengerjakan LKS (Lembar Kerja Siswa) yang
  terkait dengan  pertanyaan-pertanyaan
  pada contoh permasalahan yang telah ditampilkan (Bahan LKS terlampir) 
 | 
  
   
15
  menit 
 | 
 |
| 
   
4. Mengolah informasi: Melalui diskusi dalam kelompok, siswa menganalisis,
  menalar, menyimpulkan,  informasi yang
  telah diperoleh/dikumpulkan melalui LKS dalam rangka memahami  definisi integral,
  Sifat integral, notasi integral, dan rumus dasar integral.Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab. 
 | 
  
   
15
  menit 
 | 
 |
| 
   
5.Mengkomunikasikan: Secara klasikal, siswa wakil kelompok 
  (minimal dua kelompok) mengkomunikasikan  pemahamannya dengan bahasa sendiri tentang
  definisi integral, Sifat integral, notasi integral, dan rumus dasar integral.Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan
  terhadap hal-hal yang dikomunikasikan siswa. Siswa mengembangkan sikap
  ingin tahu.  
 | 
  
   
20
  menit 
 | 
 |
| 
   
Ice Breaking 
 | 
  
   
5
  menit 
 | 
 |
| 
   
6. Mengamati, menanya (dalam diri),
  mengumpulkan dan mengolah informasi: Secara individu siswa berlatih dan
  mengidentifikasi unsur-unsur integral. Siswa mengembangkan sikap tanggungjawab (Soal latihan terlampir) 
 | 
  
   
10
  menit 
 | 
 |
| 
   
7. Mengkomunikasikan:
  Secara kelompok, siswa saling memeriksa, mengoreksi, berdiskusi  dan memberikan masukan terkait hasil
  Latihan yang dibawa oleh tiap anggota. Siswa mengembangkan sikap bertanggungjawab dan ingin tahu. 
 | 
  
   
5
  menit 
 | 
 |
| 
   
8.
  Secara klasikal, siswa wakil satu kelompok melaporkan
  hasil penyelesaian Latihan. Wakil kelompok ditunjuk secara acak. Siswa lain
  didorong untuk bertanya dan menanggapi. 
  Umpan balik dan penegasan (konfirmasi) diberikan
  terhadap hal-hal yang dilakukan atau dikomunikasikan siswa. Siswa
  mengembangkan sikap ingin tahu. 
 | 
  
   
5
  menit 
 | 
 |
| 
   
Penutup 
 | 
  
   
9.
  Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi
  pembelajaran yaitu tentang definisi integral dan konsep integral, sifat sifat
  integral, rumus dasar integral dan notasi integal. 
10.
  Secara individu siswa  melakukan
  refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses
  belajar pada pertemuan ke-1. Siswa
  mengembangkan sikap bersyukur. 
11.
  Siswa mencermati informasi bahan pekerjaan rumah (PR) (Bahan PR
  terlampir) 
12.
  Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan
  pada pertemuan berikutnya.  
 | 
  
   
15   
  menit 
 | 
 
F . Penilaian
1.   
Teknik Penilaian:
| 
    
No 
 | 
   
    
Aspek yang diamati/dinilai 
 | 
   
    
Teknik Penilaian 
 | 
   
    
Waktu Penilaian 
 | 
  
| 
   
1 
 | 
  
   
Sikap
  bersyukur 
 | 
  
   
Penilaian
  diri
  (self assesment) 
 | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   
Sikap ingin
  tahu 
 | 
  
   
Pengamatan,
  Penilaian Diri 
 | 
  
   
Kegiatan
  inti  dan Penutup 
 | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   
Sikap
  tanggungjawab  
 | 
  
   
Pengamatan,
  Penilaian Diri 
 | 
  
   
Kegiatan
  inti  dan Penutup 
 | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   
-Pengetahuan: 
Kemampuan
  mendeskripsikan
  konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi (KD.3) 
-Keterampilan: Kemampuan memilih
  strategi yang efektif dan menyaikan model matematika dalam memecahkan masalah
  nyata tentang integral tak tentu dari fungsi alabar (KD.4) 
 | 
  
   
Penugasan
  (mengerjakan latihan) 
 | 
  
   
Kegiatan
  Inti 
 | 
 
| 
   
Tes tertulis
   
 | 
  
   
akhir pertemuan ke-1 
 | 
 
2.     
Bentuk dan Instrumen penilaian,
serta Pedoman Penskoran:
Bahan Tes
Petunjuk: 
1.   
Kerjakan soal berikut secara individu, tidak boleh
menyontek dan tidak boleh bekerjasama.
2.   
Setelah selesai,jawablah pertanyaan/perintah di bawahnya
Soal
: 
1.   
Jika m = 2 x – 4
adalah gradien garis singgung dari sembarang kurva f(x).
Tunjukkan bahwa terdapat banyak fungsi f(x) yang memenuhi.
Kunci
awaban soal tes :
Diketahui m = 2x – 4, maka turunan
pertama fungsi tersebut 
 
  
Dengan konsep turunan diperoleh 
 
   sehingga y = f(x)
2.   
tentukan nilai 
 
  .
Kunci
awaban soal tes: 
 
  
3.    ika
fungsi 
 
   melalui titik A(1, -1/12) maka tentukanlah nilai
F(x) !
kunci
awaban soal tes : 
 
  
Ika fungsi melalui
titik A(1,-1/12) artinya F(1) = -1/12 sehingga diperoleh :
F(1)
 
   
Adi fungsi tersebut
adalah 
 
  
4.   
Hitunglah
integral berikut!
a.      
 
  
b.     
 
  
c.      
 
  
| 
     
              =  
               =  
                                =  
 | 
   
a.      
 
  
                 = 
 
  
                 = 
 
  .
                 = 
 
  +c
b.     
 
  
                  =
 
  
                  =
 
  
Pedoman Penskoran Hasil Tes nomor 1-4
| 
   
Aspek Penilaian 
 | 
  
   
Rubrik Penilaian 
 | 
  
   
Skor 
 | 
  
   
Skor Maksimal 
 | 
 
| 
   
Jawaban 
 | 
  
   
Benar
   
 | 
  
   
40 
 | 
  
   
40 
 | 
 
| 
   
Salah 
 | 
  
   
10 
 | 
 ||
| 
   
Tidak
  Ada 
 | 
  
   
0 
 | 
 ||
| 
   
Uraian
  awaban  
 | 
  
   
Benar 
 | 
  
   
60 
 | 
  
   
60 
 | 
 
| 
   
Salah 
 | 
  
   
10 
 | 
 ||
| 
   
Tidak
  Ada 
 | 
  
   
0 
 | 
 ||
| 
   
Skor maksimal = 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
100 
 | 
 |
| 
   
Skor minimal = 
 | 
  
   
- 
 | 
  
   
0 
 | 
 |
Lembar Pengamatan
Perkembangan Sikap Pertemuan Ke-1 (alternatif-1)
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : XI/2
Tahun Pelajaran       : 2015/2016
Topik                          :
integral
tak tentu
Waktu Pengamatan  : ..........................................................................
Petunjuk:
1.   
Fokus sikap siswa yang dikembangkan atau ditumbuhkan
dalam proses pembelajaran pertemuan ke-1 adalah rasa ingin tahu dan tanggung
jawab dalam kelompok.
2.   
Tulislah angka 1, 2, 3, atau 4 pada kolom sikap sesuai
hasil pengamatan.
| 
   
NO 
 | 
  
   
NAMA 
 | 
  
   
RASA INGIN
  TAHU 
 | 
  
   
TANGGUNG
  JAWAB 
DLM KELOMPOK 
 | 
  
   
KETERANGAN 
 | 
 
| 
   
1 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
... 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
32 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Keterangan:
1 = kurang
konsisten, 2 = mulai konsisten, 3 = konsisten. 4 = selalu konsisten
Lembar Penilaian Diri pada Siswa 
Mata  Pelajaran      : 
Matematika
Nama                     :
Kelas                      :  XI
Topik                     :  Integral tak tentu
Tanggal Mengisi    :
| 
    
No 
 | 
   
    
Pernyataan 
 | 
   
    
Alternatif 
 | 
  |
| 
    
Ya 
 | 
   
    
Tidak 
 | 
  ||
| 
   
1.              
    
 | 
  
   
Saya bersyukur  atas kesempatan yang diberikan Allah SWTdalam mempelajari integral tak tentu sehingga saya dapat
  mengetahui kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2.              
    
 | 
  
   
Saya bersyukur  atas kesempatan berlatih untuk
  bertanggungjawab menyelesaikan tugas melalui belajar integral tak tentu 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3.              
    
 | 
  
   
Saya telah memahami
  tentang mengidentifikasi integral tak
  tentu 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
4.              
    
 | 
  
   
Saya optimis dapat
  memperbaiki pemahaman saya terhadap hal-hal yang belum saya pahami sepenuhnya
  dalam belajar tentang mengidentifikasi
  integral tak tentu 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
5.              
    
 | 
  
   
Saya akan belajar keras
  untuk mempelajari  lebih lanjut terkait
  mengidentifikasi integral tak tentu
  dan saya yakin akan bisa memahaminya 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
6.              
    
 | 
  
   
Saya telah berperan aktif
  dalam kegiatan belajar matematika pada hari ini  
 | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
7.              
    
 | 
  
   
Saya akan berperan lebih
  banyak  selama belajar matematika dalam
  kelompok pada hari-hari yang akan datang 
  dan saya yakin hal itu bisa saya lakukan 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
G.   
Sumber Belajar (Pertemuan Ke-1)
1.     
Bahan informasi tentang pengertian dan manfaat belajar Integral tak tentu (file word/Pdf);
2.      Daftar
pertanyaan untuk apersepsi;
3.      Contoh
peristiwa sehari-hari yang berhubungan dengan integral tak tentu (file word/Pdf);
4.     
Bahan untuk lembar kerja siswa; 
5.     
Bahan latihan;
6.     
Bahan pekerjaan rumah; 
7.     
Buku Siswa Mata
Pelajaran Matematika SMA kelas XI semester 2, Kemdikbud, 2013
Malang, Januari
2016
                         Kepala Sekolah                                              Guru
                       (Drs. Zainal Abidin AMS,
M.Pd)                    (MISBAHUDDIN)
Lampiran RPP Pertemuan Ke-1 
Lampiran-1:Bahan
informasi materi pembelajaran integral tak tentu 
Lampiran-2 : Bahan informasi manfaat belajar integral tak tentu
Lampiran-3: Lembar Kerja Siswa (LKS)
Lampiran-4:Bahan latihan
Lampiran-5: Bahan
pekerjaan rumah
Lampiran-1 RPP:Bahan
informasi materi pembelajaran
1.   
Menemukan
Konsep Integral Tak Tentu sebagai Kebalikan dari Turunan Fungsi
Sekarang,
kita misalkan jaring (barang) yang diturunkan adalah sebuah fungsi, bidang
miring sebuah garis, ketinggian adalah sumbu y, dan permukaan dermaga
adalah sumbu x maka gambar tersebut dapat disketsa ulang dengan
sederhana pada bidang koordinat kartesius. 
Jika
jaring tersebut sebuah kurva dan diturunkan pada Gambar 12.2 maka berdasarkan
konsep Transfromasi (translasi) pada Bab X, terjadi perubahan nilai konstanta
pada fungsi tersebut sampai akhirnya kurva tersebut akan menyingung bidang
miring atau garis. Perhatikan gambar kembali. 
Berdasarkan Gambar
12.3, kurva yang bergerak turun akan menyinggung garis tersebut. Ingat kembali
konsep gradien sebuah garis singgung pada Bab XI bahwa gradien garis singgung
adalah turunan pertama fungsi yang disinggung garis tersebut. Berdasarkan
konsep tersebut maka Gambar 12.3 memberikan informasi bahwa: m adalah
turunan pertama y
Definisi
12.1 
f
: R →
R dan F : R → R disebut antiturunan atau integral tak
tentu f jika F '(x) = f(x) ∀x
∈ R 
Sifat
12.1 
Proses
menemukan y dari 
 
  merupakan
kebalikan dari sebuah proses turunan dan dinamakan antiturunan. 
Sifat 12.2 
Jika F(x)
adalah sebuah fungsi dengan F '(x) = f(x) dapat
dikatakan bahwa a. turunan F(x) adalah f (x) dan b.
antiturunan dari f(x) adalah F(x)
2. Notasi
Integral dan Rumus Dasar Integral Tak Tentu 
2.1
Notasi Integral 
Kita telah banyak
membahas tentang turunan dan antiturunan serta hubungannya pada beberapa fungsi
yang sederhana pada sub-bab di atas. Pada kesempatan ini, kita akan menggunakan
sebuah notasi operator antiturunan tersebut. Antiturunan dari sebuah fungsi f(x)
ditulis dengan menggunakan notasi “∫” (baca: integral).
2.2  Rumus Dasar Integral Tak Tentu
Sifat
12.3 
Jika
F(x) adalah fungsi dengan F′(x) maka ∫ f(x)dx
= F(x) + c Dengan c sembarang konstanta
Dari pengamatan pada
tabel tersebut, kita melihat sebuah aturan integrasi atau pola anti turunan
dari turunannya yaitu  
 
  
Sifat
12.4
 Untuk n bilangan
rasional dengan n ≠ – 1, dan a, c adalah bilangan real
maka berlaku aturan:
a.      
 
  
b.      
 
  
Sifat 12.5 
Jika f(x)
dan g(x) merupakan dua fungsi yang dapat diintegralkan dan c,
k bilangan real, maka:
| 
     
1.   
     
2.   
     
3.    
4.   
     
5.   
     
6.   
     
 | 
   
Sifat 12.6 
Misalkan f1
(x),f2 (x),...,fn (x) adalah fungsi yang dapat
diintegralkan. Integral tak tentu hasil penjumlahan dua fungsi atau lebih sama
dengan integral tak tentu dari masing-masing fungsi, yaitu: 
 
  
Lampiran.2 RPP :
Manfaat Belajar Integral tak tentu 
Apakah integral
tak tentu?
1.    Integral
adalah antiturunan dari sebuah fungsi
2.   
f : R → R dan F : R → R disebut
antiturunan atau integral tak tentu f jika F '(x) = f(x)
∀x ∈ R 
3.   
Proses menemukan y dari 
 
  merupakan
kebalikan dari sebuah proses turunan dan dinamakan antiturunan. 
4.    integral
tak tentu adalah cabang dari matematika yang mempelajari operasi pada integral
taktentu dari fungsi alabar.
Mengapa Belajar perkalian
dan pembagian bilangan bulat?
Cermati sajian
gambar dan permasalahan berikut ini.
| 
     
Di pelabuhan selalu terjadi bongkar muat barang
    dari kapal ke dermaga dengan menggunakan mesin pengangkat/pemindah barang.
    Barang dalam jaring diangkat dan diturunkan ke dermaga. Terkadang barang
    diturunkan ke sebuah bidang miring agar mudah dipindahkan ke tempat yang
    diharapkan. Dari permasalahan ini, dapatkah kamu sketsa perpindahan barang
    tersebut? Dapatkah kamu temukan hubungan masalah ini dengan konsep turunan
    (Ingat pelajaran Turunan pada Bab XI) 
 | 
   
| 
     
Berdasarkan konsep
    turunan, beberapa fungsi tersebut bila diturunkan menghasilkan fungsi yang
    sama. Jika digunakan konsep antiturunan pada fungsi tersebut, bagaimanakah
    fungsinya? Apakah dapat kembali ke fungsi asal? Berikut adalah
    fungsi-fungsi yang akan diamati :  
a).  
e).  
 | 
   
Permasalahan
3:
| 
     
Pada konsep turunan, kita
    dapat memperoleh aturan turunan dengan menggunakan konsep limit fungsi
    sehingga proses penurunan sebuah fungsi dapat dilakukan dengan lebih
    sederhana dan cepat. Bagaimana dengan konsep integral suatu fungsi? Adakah
    aturan yang dapat dimiliki agar proses integrasi suatu fungsi atau
    mengembalikan fungsi turunan ke fungsi semula dapat dilakukan dengan cepat? 
 | 
   
| 
     
Konsep antiturunan atau
    integral banyak berperan dalam menyelesaikan permasalahan di bidang Fisika.
    Pada bidang ini juga banyak diperankan oleh konsep Turunan, contohnya
    adalah permasalahan kecepatan dan percepatan. Dengan mengingat integral
    adalah balikan dari turunan, maka dapatkah kamu temukan hubungan konsep
    turunan dan integral dalam permasalahan kecepatan dan percepatan? Coba kamu
    tunjukkan peran integrasi pada hubungan besaran tersebut? 
 | 
   
Apa
manfaat belajar integral tak tentu?
v Belajar
integral tak tentu  berarti belajar
menyelesaikan permasalahan sehari-hari.
v Belajar
integral tak tentu  berarti belajar
menyelesaikan permasalahan sehari-hari  
dengan cara- cara yang mudah namun tujuan tercapai.
v Belajar
integral tak tentu  memungkinkan  diri kita memahami permasalahan sehari-hari
yang kompleks menjadi sederhana.
Lampiran.3 RPP : Lembar
Kerja Siswa (LKS)
TUJUAN: Mengumpulkan dan mengolah informasi untuk memahami konsep dan pola integral tak tentu
fungsi  alabar
Tentukanlah
turunan dan antiturunan fungsi-fungsi yang diberikan pada tabel berikut :
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
| 
     
......... 
 | 
   
Lampiran.4 RPP : Bahan
Latihan
1.     
Tentukan antiturunan dari 
2.
| 
     
Kerjakan soal-soal diatas, untuk mendapatkan bonus pada akhir semester 
 | 
   
Lampiran.5
RPP : Bahan Pekerjaan Rumah
1.
Selesaikanlah! 
*selamat mengerjakan*
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 2
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 3
KUNCI JAWABAN PERMASALAHAN 4
ALTERNATIF PENYELESAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
ALTERNATIF PENYELESAIAN BAHAN LATIHAN
ALTERNATIF PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 2
ALTERNATIF PENYELESAIAN PERMASALAHAN 3
KUNCI JAWABAN PERMASALAHAN 4
ALTERNATIF PENYELESAIAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
ALTERNATIF PENYELESAIAN BAHAN LATIHAN
ALTERNATIF PENYELESAIAN PEKERJAAN RUMAH
SILABUS
Nama
Sekolah             : SMA ASWAJA MALANG
Mata
Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XI / 2
Kompetensi Inti          
: 3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
                                     4.   Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok 
 | 
  
   
Pembelajaran 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 
| 
   
3.28  Memahami konsep
  integral tak tentu suatu fungsi sebagai
  kebalikan dari
  turunan fungsi. 
3.29  Menurunkan
  aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat
  turunan
  fungsi. 
 | 
  
   
Integral 
 | 
  
   
Mengamati  
Membaca
  mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari
  turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam
  pemecahan masalah nyata. 
Menanya 
Membuat
  pertanyaan mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
  kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
  penerapannya dalam pemecahan masalah nyata 
 | 
  
   
Tugas  
·    
  Membaca mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
  kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
  penerapannya dalam pemecahan masalah nyata. 
·    
  Mengerjakan latihan soal-soal mengenai pengertian integral tak tentu
  suatu fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam
  pemecahan masalah nyata.  
Portofolio  
Menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas
  yang ada. 
 | 
  
   
4
  x 4  Jam pelajaran 
 | 
  
   
·Buku Siswa kelas XI Hal.202 - 227 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
  2014 
 | 
 
| 
   
4.17   Memilih strategi yang
  efektif
  dan menyajikan model matematika dalam memecahkan
  masalah nyata tentang integral
  tak tentu dari
  fungsi aljabar. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi
  Dasar 
 | 
  
   
Materi
  Pokok 
 | 
  
   
Pembelajaran 
 | 
  
   
Penilaian 
 | 
  
   
Alokasi
  Waktu 
 | 
  
   
Sumber
  Belajar 
 | 
 
| 
   | 
  
   | 
  
   
Mengeksplorasikan 
Menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu
  fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak
  tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata. 
Mengasosiasikan  
Menganalisis
  dan membuat kategori dari unsur-unsur yang
  terdapat pada pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai
  kebalikan dari turunan fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan
  penerapannya dalam pemecahan masalah nyata,
  kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai
  pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan
  fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan
  masalah nyata. 
Mengomunikasikan 
Menyampaikan
  pengertian integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan
  fungsi, aturan dan sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan
  masalah nyata dengan lisan, dan tulisan. 
 | 
  
   
Tes 
Tes tertulis
  bentuk uraian mengenai pengertian integral tak tentu suatu fungsi, aturan dan
  sifat integral tak tentu, dan penerapannya dalam pemecahan masalah nyata. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 

Posting Komentar