Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar Garis Pada Perkalian Kelas II SD

Sabtu, 11 Oktober 20140 komentar







Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar Garis Pada Perkalian Kelas II SD

USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM :

Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar Garis Pada Perkalian Kelas II SD


BIDANG KEGIATAN:
PKM PENELITIAN


Diusulkan oleh:
MISBAHUDDIN (2130720096)
MUHAMMAD HABIBI FIRDAUS (2130720097)
AHMADILLAH (2130720100)







UNIVERSITAS ISLAM MALANG
MALANG
2014
ii
PENGESAHAN USULAN PKM-PENELITIAN


1. Judul Kegiatan                                                        : Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar Garis Pada Perkalian Kelas II SD
2. Bidang Kegiatan                                                     : PKM-P
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                                                   : Misbahuddin
b. NIM                                                                    : 2130720096
c. Jurusan                                                                : Pendidikan Matematika
d. Universitas                                                         : Universitas Islam Malang
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP                         : 081913746110
f. Alamat email                                                       : Misbahuddinulmtaali@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis                      :  3 orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar                                   : Dr. Sri wahyuni M.Pd
b. NIDN                                                                 :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP                         :
6. Biaya Kegiatan Total
a. Dikti                                                                    : Rp ...............
b. Sumber lain (sebutkan . . . )                                : Rp ...............
7. Jangka Waktu Pelaksanaan                                     : 2 bulan


Malang, 4 Juli 2014
Menyetujui
Wakil Dekan                                                                           Ketua Pelaksana Kegiatan
Bidang Pembelajaran dan                                                      
Kemahasiswaan/Pembantu Dekan III


Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd                                                      MISBAHUDDIN
NIP.                                                                                         NIM.


Wakil Rektor                                                                           Dosen Pendamping
Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan




Dr. Ir. BADAT MUWAKHID                                              Dr. Sri Wahyuni, M.Pd
NIP.                                                                                        NIP.







iii
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ............................................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................................. ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................................... iii
RINGKASAN ...................................................................................................................... v
BAB I .................................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN ............................................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang Masalah .................................................................................................. 1
1.2  Urgensi ............................................................................................................................ 2
1.3  Temuan ............................................................................................................................ 2
1.4  Perumusan Masalah ......................................................................................................... 2
1.5  Tujuan .............................................................................................................................. 2
1.3.1 Tujuan Umum ............................................................................................................... 2
1.3.2 Tujuan Khusus .............................................................................................................. 3
1.6  Luaran yang Diharapkan ................................................................................................. 3
1.7  Kegunaan ........................................................................................................................ 3
1.5.1 Kegunaan Teoritis ........................................................................................................ 3
1.5.2 Kegunaan Praktis ......................................................................................................... 3
BAB II .................................................................................................................................. 4
TINJAUAN PUSTAKA ....................................................................................................... 4
2.1  Program gamris ................................................................................................................ 4
2.2  Langkah-langkah dalam program gamris ........................................................................ 4
BAB III ................................................................................................................................. 5
METODE PENELITIAN ..................................................................................................... 5
3.1  Jenis Penelitian ................................................................................................................ 5
3.2  Kehadiran Peneliti ........................................................................................................... 5
3.3  Teknik Pengumpulan Data .............................................................................................. 5
3.4  Analisis Data ................................................................................................................... 5
3.5  Tahapan dalam Penelitian ................................................................................................ 5
BAB IV ................................................................................................................................. 6
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN ............................................................................... 6
4.1 
iv
Biaya Kegiatan ................................................................................................................ 6
4.2  Jadwal Kegiatan .............................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................... 7
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 ............................................................................................................................ 8
Lampiran 2 .......................................................................................................................... 11
Lampiran 3 .......................................................................................................................... 12
Lampiran 4 .......................................................................................................................... 13




































v
RINGKASAN
Telah banyak kita ketahui dilapangan bahwasanya minat belajar siswa diberbagai bidang mulai menurun disebabkan pesatnya perkembangan teknologi. Mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa sudah terhantui oleh kecanggihan teknologi. Dari hal itu sangatlah positif bagi masyarakat dunia apabila menggunakan sesuai dengan fungsi yang baik. anak-anak adalah pemegang dunia masa depan oleh karenanya perlu diarahkan, dididik, dimotivasi, agar menjadi manusia harapan umat. Lembaga pendidikan sebagai tempat anak-anak menimba ilmu pengetahuan harus mampu memberikan keleluasan berfikir secara fundamental kepada anak didik dan memberikan dorongan yang kuat untuk menjadi pemimpin masa depan yang baik. Salah satu cara untuk memberikan keleluasan berfikir adalah memberikan kesempatan untuk bermain yang mengarah pada pengetahuan, yang berkaiatan dengan alam, serta menciptakan potensi secara terlatih. 
Bentuk kepedulian kami sebagai mahasiswa matematika adalah mengusulkan suatu program gambar garis dalam menyelesaikan perkalian di kelas 2 SD  yang bertujuan untuk menambah minat siswa dalam matematika dan memperoleh hasil yang memuaskan. Disamping itu, tujuan kami adalah mengalihkan fungsi teknologi yang pada awalnya digunakan sebagai game saja bisa juga digunakan untuk dijadikan media ilmu matematika, utamanya dalam menggambar garis horizontal dan vertika.karena  Ilmu matematika adalah dasar dari segala ilmu yang berkaitan dengan alam. Sedangkan saat ini minat siswa untuk belajar ilmu matematika sudah mulai berkurang dikarenakan ada pemikiran yang tidak sejalan dengan faktanya. Salah satu contoh pemikiran yang salah tentang matematika, matematika adalah ilmu menghitung, matematika ilmu menghafal, matematika ilmu angka. Pemikiran-pemikiran itu sangat tidak sejalan dengan ilmu matematika yang sebenarnya. Dalam hal perbaikan kembali dari pemikiran yang salah itu untuk lebih baik lagi adalah dengan cara mengenalkan metode baru dalam kegiatan belajar mengajar yang membuat anak didik bisa berpikir yang lebih terbuka lagi dan tidak pada satu pemikiran yang salah.
Program yang kami usulkan  adalah program gamris sebagai mediator untuk meningkatkan minat para siswa dalam matematika. Karena program ini mempunyai berbagai macam variasi didalamnya yang nantinya membuat siswa senang dan tidak membosankan. Upaya ini tiada lain demi kemajuan sumber daya manusia ditahun-tahun berikutnya. Sebagai acuan pendidikan yang paling diketahui hasilnya adalah Sekolah Dasar sehingga ide yang kami usulkan ini diarahkan pada siswa SD. Siswa SD
            Sumbangan ide ini tidak cukup hanya ditulis dalam sebuah karya tulis tanpa adanya penelitian dan aplikasi dilapangan lebih lanjut. Target yang harus dicapai kedepan dalam penelitian adalah berhasil mendapatkan alasan mengapa siswa saat ini kesulitan dalam menghitung perkalian terutama kelas 2 SD. Target yang kedua mendapatkan perubahan sesuai dengan harapan kami yaitu bisa menambah minat dan mempeeroleh hasil yang lebih baik.
1
BAB 1
Pendahuluan
1.      Latar belakang

Pendidikan yang semakin bermutu membuat persaingan semakin katat pula.  Mulai dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Namun yang menjadi dasar dari semua pendidikan adalah sekolah dasar. Dalam lembaga ini merupakan pondasi pembentukan sikap, kecerdasan, dan kepekaan sosial. Sebagai calon pengembang pendidikan perlu kiranya membuat suatu aplikasi pembelajaran yang mendukung terhadap minat dan hasil dari belajar agar lebih efektif dan efesien. Salah satu program kami adalah pendekatan gambar garis (GAMRIS) dalam menyelesaikan perkalian dikelas 2 SD. Progaram ini kami ajukan sebagai bentuk partisipasi kepada siswa kelas 2 SD agar lebih berminat belajar matematika dan memperoleh hasil yang lebih baik.

Program gamris kami akan melaksanakan sebagai uji coba nantinya di beberapa sekolah di Pamekasan dan di Probolinggo. Jika program ini mendapatkan hasil sesuai maksud dan tujuan yang kami rillis maka tidak meragukan lagi untuk kami usulkan kebeberapa sekolah yang lain di Jawa Timur bahkan di Indonesia.

Melihat realita minat dan hasil siswa SD saat ini menjadi penguat kami untuk menerapkan program gamris di sekolah-sekolah utamanya dikelas 2. Namun sebagai acuan untuk dikembangkan dan dipublikasan kami terlebih dahulu menulis dalam sebuah karya tulis mahasiswa berupa PKM-GT dan juga untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah bahasa indonesia. Harapan dari karya tulis ini nantinya bisa diterima oleh kalangan maha siswa, guru, dosen bahkan masyarakat pada umumnya sebagai suatu program yang baik dan mampu memberikan nuansa baru pada mindset siswa kelas 2 SD.

2.      Urgensi
Belajar matematika dengan menggambar pada siswa kelas 2 SD lebih menyenangkan dan menumbuhkan minat.
3.      Temuan
Pembelajaran yang sering dijumpai di kelas-kelas guru masih monoton dalam mengajar, hal ini kurang baik dalam kegiatan belajar mengajar karena komunikasi hanya satu arah saja dan siswa hanya sebagai pendengar.

4.     
2
Perumusan Masalah
Bagaimanakah penerapan program gambar garis dalam menghiutng perkalian untuk siswa kelas 2 SD.
5.      Tujuan
5.1 Tujuan Umum
Mendeskripsikan penerapan model penggambaran garis horizontal dan vertical dalam memecahkan hitungan perklian kelas 2 SD.
5.2 Tujuan Khusus
Meningkatkan kemampuan bekerjasama antar siswa dan  berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
6. Luaran yang Diharapkan
Luaran penelitian dari penelitian ini adalah langkah-langkah dalam Program gamris ini bertujuan untuk menambah minat hitung siswa SD kelas 2 dan menghasilkan sebuah kemampuan yang lebih baik. Sehingga nantinya pada tingkat yang leibih tinggi tidak lagi membutuhkan pengasahan yang katat. Kelas 2 SD merupakan ajang yang tepat menurut kami untuk membentuk sebuah talenta minat yang kuat sebagai dasar acuan dikelas 3, kelas 4 dan seterusnya. Kemampuan tidak akan berjalan dengan baik tanpa didukung oleh minat yang kuat. Untuk mengetahui kemampuan dari masing-masing siswa nantinya bisa dilakukan ujicoba soal-soal tentang perkalian pada tingkat yang dibutuhkan siswa.

7.      Kegunaan
7.1 Kegunaan Teoritis
Mendapatkan pengetahuan tentang pemecahan masalah dalam peerkalian matematika kelas 2 SD.
7.2 Kegunaan Praktis
a.      Bagi Sekolah
1)      Memberikan sumbangan yang positif bagi proses pembelajaran di sekolah..
b.     
3
Bagi guru
1)      Sebagai motivasi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran.
2)      Mendapatkan strategi yang tepat dan mudah dalam menyampaikan materi perkalian.
c.       Bagi siswa
1)      Memudahkan siswa dalam memahami dan memecahkan permasalahan.
2)      Meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
3)      Membantu siswa agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
4)      Meningkatkan rasa saling berbagi ilmu antar siswa.
5)      Meningkatkan kemampuan dalam bekerja kelompok.
d.      Bagi peneliti
Mendapatkan pengalaman langsung dalam menerapakan program gambar garis di sekolah.


















4
BAB II
Tinjauan pustaka
1.      Program gambar garis dalam perkalian
Pelaksanaan program ini tidak hanya dilakukan oleh media papan tulis saja. Sesuai dengan perkembangan teknologi dapat menggunakan laptop, note book, bahkan tab, untuk membuat garis horizontal dan vertikal. Dari media ini akan diperoleh keantusiasan anak didik untuk selalu minta pertanyaan baru kepada gurunya karena kesukaan menggambar mulai kuat. Siswa SD kelas 2 dapat digolongkan dalam masa proses penentuan bakat. Sehingga menurut kami program garis sesuai dengan sampel yang kita ambil.
Siswa kelas 2 SD butuh penekanan yang kuat untuk menghilangkan rasa cepat bosan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan fasilitas berupa bolpoin yang tidak hanya warna hitam melainkan banyak warna. buku tulis pun ada berbagai macam warna disampulnya. Mungkin upaya dapat membuang rasa bosan siswa terhadap suatu media pembelajaran yang ada dalam program gambar garis.
2.      Langkah-langkah dalam program gambar garis
Fase
Tingkah Laku Guru
Fase-1
Meyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
Fase-2
Menyajikan informasi
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
Fase-3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.
Fase-4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Guru membimbing kelompok kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.
Fase-5
evaluasi
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
Fase-6
Memberikan penghargaan
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok.

5
BAB III
Metode Penelitian      
            Metode yang akan kami laksanakan untuk memperoleh data mengenai minat dan kemampuan pada siswa SD kelas 2. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eskperimen. Metode eskperimen ini adalah subjek tunggal terhadap minat dan hasil yang diperoleh dalam menghitung perkalian.
            Metode subjek tunggal ini mengacu pada strategi penelitian yang dikembangkan untuk mendokumentasikan perubahan tentang minat dan hasil dari perseorangan. Melalui seleksi yang akurat dan pemanfaatan pola desain kelompok yang sama. Hal ini memungkinkan untuk memperlihatkan hubungan fungsional antara minat dan hasil yang diperoleh.
1.      Desain penelitian
Pola desain eskperimen subjek tunggal yang dipakai dalam penelitian ini adalah desain A-B-A dimana:
·         A-1 adalah lambing dari garis datar yang berarti suatu kondisi kemampuan awal subjek dalam menghitung perkalian
·         B untuk data perlakuan, kondisi ini kemampuan subjek dalam menghitung perkalian. Pada tahap ini subjek diberikan alat tulis lengkap untuk menghitung dengan cara gamris.
·         A-2 merupakan pengulaman sebagai evaluasi dari A-1 dan B.
2.      Subjek penelitian
Subjek yang pertama yaitu kelas 2 Sekolah Dasar berjenis kelamin laki-laki. Kemampuan siswa dalam menghitung perkalian belum bisa dikatakan baik. karena masih banyak kendala yang diperoleh siswa.
Subjek yang kedua yaitu kelas 2 Sekolah Dasar berjenis kelamin perempuan. Kemampuan siswa perempuan tentu tidak sama dengan siswa laki-laki. Dari itu pengamatannya pun berbeda.
3.      Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pemberian tes berupa soal-soal. Tes tulis ini merupakan suatu instrument yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menghitung perkalian. Adapun langkah-langkah dalam pengumpulan data antara lain:
1.       menyiapkan format penelitian sebagai pedoman untuk menilai kemampuan siswa dalam menghitung perkalian.
2.      Menyiapkan alat tulis berwarna sebagai alat menggambar garis vertical dan garis horizontal.
4.      Isntrumen penelitian
1.      Membuat kisi-kisi
2.      Pembuatan butir soal
3.      System penilaian butir soal
5.      Uji coba instrumen
6.      Pengolahan dan analisis data
Ada dua jenis data yang akan diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif






































6
Bab IV
Biaya dan jadwal kegiatan
1.      Anggaran dana yang dibutuhkan dalam penelitian

No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Peralatan Penunjang
2.050.000
2
Bahan Habis Pakai
1.200.000
3
Perjalanan
1.350.000
4
Lain-lain
5.800.000
Jumlah
10.400.000



2.      Jadwal kegiatan

No
Aktivitas penelitian
Mei 2014
Juni 2014
Juli 2014
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.
Mengajukan judul penelitian












2.
Revisi judul penelitian












3.
ACC judul penelitian












4.
Menyusun BAB I












5.
Menambahkan kalimat pada isi BAB I, dan menyusun BAB II, BAB III dan BAB IV












6.
Perbaikan BAB I, BAB II, dan BAB III












7.
Konsultasi BAB I, BAB II, dan BAB III












8.
Ujian Proposal












9.
Laporan pengumpulan hasil

























7
DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT. Rineka Cipta
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung Alfabeta
Kodir, H. Abdul. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia
Nazir, Moh. 2009. Metode Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia








































8
Lampiran 1: Biodata Ketua dan Anggota

A.      Identitas Diri Ketua
1
Nama Lengkap
Misbahuddin
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720096
5
Tempat Tanggal lahir
Pamekasan, 6 oktober 1995
6
Email
Mr_friendztwo@yahoo.co.id
7
No. tlp/HP
081913746110

B.       Riwayat Pendidikan Ketua

SD
SMP
SMA
Nama Institusi
MIN SANA DAJA
MTS. MANSYA
MAN JCC
Jurusan
-
-
IPC
Tahun Masuk-Lulus
2000-2006
2007-2010
2011-2013











Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program kreativitas mahasiswa.


Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,



MISBAHUDDIN






9
 
A.    Identitas Diri Anggota

1
Nama Lengkap
Muhammad habibi firdaus
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720097
5
Tempat Tanggal lahir
Probolinggo, 06-06-1995
6
Email
muhammadhabibifirdaus@gmail.com
7
No. tlp/HP
089648520017

C.      Riwayat Pendidikan Ketua


SD
SMP
SMA
Nama Institusi
MI KAHASRI
SPMN 5 KOTA PROBOLINGGO
SMAN 4 KOTA PROBOLINGGO
Jurusan
-
-
IPC
Tahun Masuk-Lulus
2000-2006
2007-2010
2011-2013










Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program kreativitas mahasiswa.


Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,



M. HABIBI F



10
 
A.    Identitas Diri Anggota

1
Nama Lengkap
Ahmadillah
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720100
5
Tempat Tanggal lahir
Bima, 12-12-1994
6
Email
ahmadillah@yahoo.co.id
7
No. tlp/HP
081911234567

B.     Riwayat Pendidikan Anggota


SD
SMP
SMA
Nama Institusi
SD Mutemmuh 2
SMPN 10 DOMPU
SMK AL-mukhtar
Jurusan
-
-
IPC
Tahun Masuk-Lulus
2000-2006
2007-2010
2011-2013






Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program kreativitas mahasiswa.


Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,



AHMADILLAH




11
Lampiran 2: Justifikasi Anggaran Kegiatan
1.      Peralatan penunjang
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Haraga satuan (Rp)
Keterangan
Print+Infus

1 Paket
1.000.000
1.000.000
Modem

1 Buah
300.000
300.000
Buku Referensi

10 Buah
75.000
750.000
SUB TOTAL (Rp)
2.050.000
2.      Bahan Habis Pakai
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Haraga satuan (Rp)
Keterangan
ATK (Kertas, pulpen dll)

1 Paket
200.000
200.000
Pulsa Modem

4 Bulan
50.000
200.000
Tinta Print

4 Bulan
100.000
400.000
Komunikasi

4 Bulan
100.000
400.000
SUB TOTAL (Rp)
1.200.000
3.      Perjalanan
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Haraga satuan (Rp)
Keterangan
Perijinan & Survey 2 kali

3 Orang
150.000
450.000
Transport lain

3 Orang
300.000
900.000
SUB TOTAL (Rp)
1.350.000
4.      Lain – lain
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Haraga satuan (Rp)
Keterangan
Pelaporan


200.000
200.000
Validator Ahli 2 kali

2 Orang
300.000
600.000
Dokumentasi


500.000
500.000
Konsumsi (Peneliti & pengamat)


1.500.000
1.500.000
Pengamat

3 orang
1.000.000
3.000.000
SUB TOTAL (Rp)
5.800.000
Total (Keseluruhan)
10.400.000







12
Lampiran 3: Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas

No
Nama / NIM
Program Studi
Bidang Ilmu
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1
Misbahuddin  2130720096
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
·    Minggu ke 1&2
·    Minggu k3 3&4

·    Minggu ke 5,6,7, dan 8
·    Minggu ke 7&8
·    Minggu ke 11&12

·    Minggu ke 13, 14, 15, dan 16


· Survey sekolah

· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan  analisis data
· Melakukan  wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
2
Muhammad habibi firdaus
2130720097
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
·    Minggu ke 1&2
·    Minggu k3 3&4

·    Minggu ke 5,6,7, dan 8
·    Minggu ke 7&8
·    Minggu ke 11&12

·    Minggu ke 13, 14, 15, dan 16


· Survey sekolah

· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan  analisis data
· Melakukan  wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
3
Ahmadillah
2130720100
Pendidikan Matematika
Pendidikan Matematika
·    Minggu ke 1&2
·    Minggu k3 3&4

·    Minggu ke 5,6,7, dan 8
·    Minggu ke 7&8
·    Minggu ke 11&12

·    Minggu ke 13, 14, 15, dan 16
· Survey sekolah

· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan  analisis data
· Melakukan  wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
14
Lampiran 4
SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : MISBAHUDDIN
NIM                            : 2130720096
Program Studi             : Pendidikan Matematika
Fakultas                       : Keguruan dan Ilmu Pendidikan



Dengan ini menyatakan bahwa usulan saya dengan judul:
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI GAMBAR GARIS PADA PERKALIAN KELAS II SD yang diusulkan untuk tahun anggaran 2015/2016 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan
seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

Malang, 4 Juli 2014
Mengetahui,                                                                                        Yang menyatakan,
Wakil Rektor Bidang Pembelajaran                                                    Ketua
dan Kemahasiswaan,


Meterai Rp6.000
                                                                                                            Tanda tangan
Dr. Ir. BADAT MUWAKHID                                                          MISBAHUDDIN
NIP.                                                                                                    NIM. 2130720096




15
SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN KERJASAMA DARI SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Yang bertandatangan di bawah ini,
Nama                                       : MOHAMMAD BASIT
Jabatan                                                : KEPALA SEKOLAH
Sekolah                                   : MIN SANA DAJA
Alamat                                    : DESA SANADAJA KEC. PASEAN KAB. PAMEKASAN


Dengan ini menyatakan Bersedia untuk Bekerjasama dengan Pelaksana Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI GAMBAR GARIS PADA PERKALIAN KELAS II SD

Nama Ketua Tim Pengusul     : MISBAHUDDIN
Nomor Induk Mahasiswa       : 2130720096
Program Studi                         : PENDIDIKAN MATEMATIKA
Nama Dosen Pembimbing      : Dr. SRI WAHYUNI, M.Pd
Perguruan Tinggi                     : UNIVERSITAS ISLAM MALANG

guna melaksanakan penelitian dalam kegiatan program kreativitas  mahasiswa.

Bersama ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa di antara pihak sekolah dan
Pelaksana Kegiatan Program tidak terdapat ikatan kekeluargaan  dalam wujud apapun juga.
Demikian Surat Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada
unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 4 Juli 2014
Yang menyatakan,



Meterai Rp6.000,-
MOHAMMAD BASIT


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger