USULAN
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL
PROGRAM :
Meningkatkan
Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar Garis Pada Perkalian Kelas II SD
BIDANG
KEGIATAN:
PKM PENELITIAN
Diusulkan
oleh:
MISBAHUDDIN (2130720096)
MUHAMMAD HABIBI FIRDAUS (2130720097)
AHMADILLAH (2130720100)
UNIVERSITAS ISLAM MALANG
MALANG
2014
ii
|
1. Judul Kegiatan :
Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Gambar
Garis Pada Perkalian Kelas II SD
2. Bidang Kegiatan : PKM-P
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap : Misbahuddin
b. NIM : 2130720096
c. Jurusan :
Pendidikan Matematika
d. Universitas : Universitas Islam
Malang
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : 081913746110
f. Alamat email :
Misbahuddinulmtaali@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis :
3 orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar :
Dr. Sri wahyuni M.Pd
b. NIDN :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP :
6.
Biaya Kegiatan Total
a. Dikti : Rp ...............
b. Sumber lain (sebutkan . . . ) : Rp ...............
7. Jangka Waktu Pelaksanaan : 2 bulan
Malang, 4 Juli 2014
Menyetujui
Wakil Dekan Ketua
Pelaksana Kegiatan
Bidang Pembelajaran dan
Kemahasiswaan/Pembantu Dekan III
Dr. Rulam Ahmadi, M.Pd MISBAHUDDIN
NIP. NIM.
Wakil Rektor Dosen
Pendamping
Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Dr. Ir. BADAT MUWAKHID Dr.
Sri Wahyuni, M.Pd
NIP. NIP.
iii
|
HALAMAN JUDUL ............................................................................................................. i
HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................................. ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................................... iii
RINGKASAN ...................................................................................................................... v
BAB I .................................................................................................................................... 1
PENDAHULUAN ............................................................................................................... 1
1.1
Latar Belakang
Masalah .................................................................................................. 1
1.2
Urgensi ............................................................................................................................ 2
1.3
Temuan ............................................................................................................................ 2
1.4
Perumusan
Masalah ......................................................................................................... 2
1.5
Tujuan .............................................................................................................................. 2
1.3.1 Tujuan Umum ............................................................................................................... 2
1.3.2 Tujuan Khusus .............................................................................................................. 3
1.6
Luaran yang
Diharapkan ................................................................................................. 3
1.7
Kegunaan ........................................................................................................................ 3
1.5.1 Kegunaan Teoritis ........................................................................................................ 3
1.5.2 Kegunaan Praktis ......................................................................................................... 3
BAB II .................................................................................................................................. 4
TINJAUAN PUSTAKA ....................................................................................................... 4
2.1
Program gamris ................................................................................................................ 4
2.2
Langkah-langkah
dalam
program gamris ........................................................................ 4
BAB III ................................................................................................................................. 5
METODE PENELITIAN ..................................................................................................... 5
3.1
Jenis
Penelitian ................................................................................................................ 5
3.2
Kehadiran
Peneliti ........................................................................................................... 5
3.3
Teknik Pengumpulan
Data .............................................................................................. 5
3.4
Analisis Data ................................................................................................................... 5
3.5
Tahapan dalam
Penelitian ................................................................................................ 5
BAB IV ................................................................................................................................. 6
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN ............................................................................... 6
4.1
iv
|
4.2
Jadwal Kegiatan
.............................................................................................................. 6
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................................... 7
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 ............................................................................................................................ 8
Lampiran 2 .......................................................................................................................... 11
Lampiran 3 .......................................................................................................................... 12
Lampiran 4 .......................................................................................................................... 13
v
|
Telah
banyak kita ketahui dilapangan bahwasanya minat belajar siswa diberbagai bidang
mulai menurun disebabkan pesatnya perkembangan teknologi. Mulai dari kalangan
anak-anak sampai orang dewasa sudah terhantui oleh kecanggihan teknologi. Dari
hal itu sangatlah positif bagi masyarakat dunia apabila menggunakan sesuai
dengan fungsi yang baik. anak-anak adalah pemegang dunia masa depan oleh
karenanya perlu diarahkan, dididik, dimotivasi, agar menjadi manusia harapan
umat. Lembaga pendidikan sebagai tempat anak-anak menimba ilmu pengetahuan
harus mampu memberikan keleluasan berfikir secara fundamental kepada anak didik
dan memberikan dorongan yang kuat untuk menjadi pemimpin masa depan yang baik.
Salah satu cara untuk memberikan keleluasan berfikir adalah memberikan
kesempatan untuk bermain yang mengarah pada pengetahuan, yang berkaiatan dengan
alam, serta menciptakan potensi secara terlatih.
Bentuk
kepedulian kami sebagai mahasiswa matematika adalah mengusulkan suatu program
gambar garis dalam menyelesaikan perkalian di kelas 2 SD yang bertujuan untuk menambah minat siswa
dalam matematika dan memperoleh hasil yang memuaskan. Disamping itu, tujuan
kami adalah mengalihkan fungsi teknologi yang pada awalnya digunakan sebagai
game saja bisa juga digunakan untuk dijadikan media ilmu matematika, utamanya
dalam menggambar garis horizontal dan vertika.karena Ilmu matematika adalah dasar dari segala ilmu
yang berkaitan dengan alam. Sedangkan saat ini minat siswa untuk belajar ilmu
matematika sudah mulai berkurang dikarenakan ada pemikiran yang tidak sejalan
dengan faktanya. Salah satu contoh pemikiran yang salah tentang matematika,
matematika adalah ilmu menghitung, matematika ilmu menghafal, matematika ilmu
angka. Pemikiran-pemikiran itu sangat tidak sejalan dengan ilmu matematika yang
sebenarnya. Dalam hal perbaikan kembali dari pemikiran yang salah itu untuk
lebih baik lagi adalah dengan cara mengenalkan metode baru dalam kegiatan
belajar mengajar yang membuat anak didik bisa berpikir yang lebih terbuka lagi
dan tidak pada satu pemikiran yang salah.
Program yang kami usulkan adalah program gamris sebagai mediator untuk
meningkatkan minat para siswa dalam matematika. Karena program ini mempunyai
berbagai macam variasi didalamnya yang nantinya membuat siswa senang dan tidak
membosankan. Upaya ini tiada lain demi kemajuan sumber daya manusia
ditahun-tahun berikutnya. Sebagai acuan pendidikan yang paling diketahui
hasilnya adalah Sekolah Dasar sehingga ide yang kami usulkan ini diarahkan pada
siswa SD. Siswa SD
Sumbangan ide ini tidak cukup hanya ditulis dalam sebuah karya
tulis tanpa adanya penelitian dan aplikasi dilapangan lebih lanjut. Target yang
harus dicapai kedepan dalam penelitian adalah berhasil mendapatkan alasan
mengapa siswa saat ini kesulitan dalam menghitung perkalian terutama kelas 2
SD. Target yang kedua mendapatkan perubahan sesuai dengan harapan kami yaitu
bisa menambah minat dan mempeeroleh hasil yang lebih baik.
1
|
Pendahuluan
1. Latar belakang
Pendidikan yang semakin bermutu
membuat persaingan semakin katat pula.
Mulai dari tingkat SD sampai Perguruan Tinggi. Namun yang menjadi dasar
dari semua pendidikan adalah sekolah dasar. Dalam lembaga ini merupakan pondasi
pembentukan sikap, kecerdasan, dan kepekaan sosial. Sebagai calon pengembang
pendidikan perlu kiranya membuat suatu aplikasi pembelajaran yang mendukung
terhadap minat dan hasil dari belajar agar lebih efektif dan efesien. Salah
satu program kami adalah pendekatan gambar garis (GAMRIS) dalam menyelesaikan
perkalian dikelas 2 SD. Progaram ini kami ajukan sebagai bentuk partisipasi
kepada siswa kelas 2 SD agar lebih berminat belajar matematika dan memperoleh
hasil yang lebih baik.
Program gamris kami akan
melaksanakan sebagai uji coba nantinya di beberapa sekolah di Pamekasan dan di
Probolinggo. Jika program ini mendapatkan hasil sesuai maksud dan tujuan yang
kami rillis maka tidak meragukan lagi untuk kami usulkan kebeberapa sekolah
yang lain di Jawa Timur bahkan di Indonesia.
Melihat realita minat dan hasil
siswa SD saat ini menjadi penguat kami untuk menerapkan program gamris di
sekolah-sekolah utamanya dikelas 2. Namun sebagai acuan untuk dikembangkan dan
dipublikasan kami terlebih dahulu menulis dalam sebuah karya tulis mahasiswa
berupa PKM-GT dan juga untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah bahasa indonesia.
Harapan dari karya tulis ini nantinya bisa diterima oleh kalangan maha siswa,
guru, dosen bahkan masyarakat pada umumnya sebagai suatu program yang baik dan
mampu memberikan nuansa baru pada mindset siswa kelas 2 SD.
2.
Urgensi
Belajar
matematika dengan menggambar pada siswa kelas 2 SD lebih menyenangkan dan
menumbuhkan minat.
3.
Temuan
Pembelajaran yang sering dijumpai di kelas-kelas guru masih monoton
dalam mengajar, hal ini kurang baik dalam kegiatan belajar mengajar karena
komunikasi hanya satu arah saja dan siswa hanya sebagai pendengar.
4.
2
|
Bagaimanakah penerapan
program
gambar garis dalam menghiutng perkalian untuk siswa kelas 2 SD.
5.
Tujuan
5.1 Tujuan Umum
Mendeskripsikan penerapan model penggambaran garis horizontal dan vertical
dalam memecahkan hitungan perklian kelas 2 SD.
5.2 Tujuan Khusus
Meningkatkan
kemampuan bekerjasama antar siswa dan
berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
6. Luaran yang Diharapkan
Luaran
penelitian dari penelitian ini adalah langkah-langkah dalam Program gamris
ini bertujuan untuk menambah minat hitung siswa SD kelas 2 dan menghasilkan
sebuah kemampuan yang lebih baik. Sehingga nantinya pada tingkat yang leibih
tinggi tidak lagi membutuhkan pengasahan yang katat. Kelas 2 SD merupakan ajang
yang tepat menurut kami untuk membentuk sebuah talenta minat yang kuat sebagai
dasar acuan dikelas 3, kelas 4 dan seterusnya. Kemampuan tidak akan berjalan
dengan baik tanpa didukung oleh minat yang kuat. Untuk mengetahui kemampuan
dari masing-masing siswa nantinya bisa dilakukan ujicoba soal-soal tentang
perkalian pada tingkat yang dibutuhkan siswa.
7.
Kegunaan
7.1 Kegunaan Teoritis
Mendapatkan
pengetahuan tentang pemecahan masalah dalam peerkalian matematika kelas 2 SD.
7.2 Kegunaan Praktis
a.
Bagi Sekolah
1)
Memberikan
sumbangan yang positif bagi proses pembelajaran di sekolah..
b.
3
|
1)
Sebagai
motivasi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran.
2)
Mendapatkan
strategi yang tepat dan mudah dalam menyampaikan
materi perkalian.
c.
Bagi siswa
1)
Memudahkan
siswa dalam memahami dan memecahkan permasalahan.
2)
Meningkatkan
kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah.
3)
Membantu siswa
agar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.
4)
Meningkatkan
rasa saling berbagi ilmu antar siswa.
5)
Meningkatkan
kemampuan dalam bekerja kelompok.
d.
Bagi peneliti
Mendapatkan pengalaman langsung dalam menerapakan program gambar garis di sekolah.
4
|
Tinjauan
pustaka
1. Program gambar garis dalam perkalian
Pelaksanaan
program ini tidak hanya dilakukan oleh media papan tulis saja. Sesuai dengan
perkembangan teknologi dapat menggunakan laptop, note book, bahkan tab, untuk
membuat garis horizontal dan vertikal. Dari media ini akan diperoleh
keantusiasan anak didik untuk selalu minta pertanyaan baru kepada gurunya
karena kesukaan menggambar mulai kuat. Siswa SD kelas 2 dapat digolongkan dalam
masa proses penentuan bakat. Sehingga menurut kami program garis sesuai dengan
sampel yang kita ambil.
Siswa
kelas 2 SD butuh penekanan yang kuat untuk menghilangkan rasa cepat bosan. Hal
ini bisa dilakukan dengan cara memberikan fasilitas berupa bolpoin yang tidak
hanya warna hitam melainkan banyak warna. buku tulis pun ada berbagai macam
warna disampulnya. Mungkin upaya dapat membuang rasa bosan siswa terhadap suatu
media pembelajaran yang ada dalam program gambar garis.
2. Langkah-langkah dalam program gambar garis
Fase
|
Tingkah Laku Guru
|
Fase-1
Meyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin
dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.
|
Fase-2
Menyajikan informasi
|
Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan
demonstrasi atau lewat bahan bacaan.
|
Fase-3
Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif
|
Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya
membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan
transisi secara efisien.
|
Fase-4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
|
Guru membimbing kelompok kelompok belajar pada saat
mereka mengerjakan tugas mereka.
|
Fase-5
evaluasi
|
Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang
telah dipelajari atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
|
Fase-6
Memberikan penghargaan
|
Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya
maupun hasil belajar individu dan kelompok.
|
5
|
Metode
Penelitian
Metode yang akan kami laksanakan
untuk memperoleh data mengenai minat dan kemampuan pada siswa SD
kelas 2. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah
eskperimen. Metode eskperimen ini adalah subjek tunggal terhadap minat dan
hasil yang diperoleh dalam menghitung perkalian.
Metode
subjek tunggal ini mengacu pada strategi penelitian yang dikembangkan untuk
mendokumentasikan perubahan tentang minat dan hasil dari perseorangan. Melalui
seleksi yang akurat dan pemanfaatan pola desain kelompok yang sama. Hal ini
memungkinkan untuk memperlihatkan hubungan fungsional antara minat dan hasil
yang diperoleh.
1. Desain penelitian
Pola desain eskperimen subjek tunggal yang dipakai
dalam penelitian ini adalah desain A-B-A dimana:
·
A-1 adalah lambing dari garis datar yang
berarti suatu kondisi kemampuan awal subjek dalam menghitung perkalian
·
B untuk data perlakuan, kondisi ini
kemampuan subjek dalam menghitung perkalian. Pada tahap ini subjek diberikan
alat tulis lengkap untuk menghitung dengan cara gamris.
·
A-2 merupakan pengulaman sebagai evaluasi
dari A-1 dan B.
2. Subjek penelitian
Subjek yang pertama yaitu kelas 2 Sekolah Dasar
berjenis kelamin laki-laki. Kemampuan siswa dalam menghitung perkalian belum
bisa dikatakan baik. karena masih banyak kendala yang diperoleh siswa.
Subjek yang kedua yaitu kelas 2 Sekolah Dasar berjenis
kelamin perempuan. Kemampuan siswa perempuan tentu tidak sama dengan siswa
laki-laki. Dari itu pengamatannya pun berbeda.
3. Teknik pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan pemberian tes berupa soal-soal. Tes tulis ini
merupakan suatu instrument yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana
kemampuan siswa dalam menghitung perkalian. Adapun langkah-langkah dalam
pengumpulan data antara lain:
1. menyiapkan
format penelitian sebagai pedoman untuk menilai kemampuan siswa dalam menghitung
perkalian.
2. Menyiapkan alat tulis berwarna sebagai alat menggambar
garis vertical dan garis horizontal.
4. Isntrumen penelitian
1. Membuat kisi-kisi
2. Pembuatan butir soal
3. System penilaian butir soal
5. Uji coba instrumen
6. Pengolahan dan analisis data
Ada dua jenis data yang akan diperoleh dalam penelitian
ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif
6
|
Biaya dan
jadwal kegiatan
1.
Anggaran dana yang dibutuhkan dalam penelitian
No
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Peralatan
Penunjang
|
2.050.000
|
2
|
Bahan
Habis Pakai
|
1.200.000
|
3
|
Perjalanan
|
1.350.000
|
4
|
Lain-lain
|
5.800.000
|
Jumlah
|
10.400.000
|
2. Jadwal kegiatan
No
|
Aktivitas penelitian
|
Mei 2014
|
Juni 2014
|
Juli 2014
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengajukan judul penelitian
|
||||||||||||
2.
|
Revisi judul penelitian
|
||||||||||||
3.
|
ACC judul penelitian
|
||||||||||||
4.
|
Menyusun BAB I
|
||||||||||||
5.
|
Menambahkan kalimat pada isi BAB I, dan menyusun BAB II, BAB III dan
BAB IV
|
||||||||||||
6.
|
Perbaikan BAB I, BAB II, dan BAB III
|
||||||||||||
7.
|
Konsultasi BAB I, BAB II, dan BAB III
|
||||||||||||
8.
|
Ujian Proposal
|
||||||||||||
9.
|
Laporan pengumpulan hasil
|
7
|
Arikunto,
Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT.
Rineka Cipta
Isjoni. 2010. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung
Alfabeta
Kodir, H. Abdul. 2011. Strategi
Belajar Mengajar. Bandung. CV Pustaka Setia
Nazir, Moh. 2009. Metode
Penelitian. Bogor. Ghalia Indonesia
8
|
A.
Identitas Diri Ketua
1
|
Nama Lengkap
|
Misbahuddin
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
4
|
NIM
|
2130720096
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Pamekasan, 6
oktober 1995
|
6
|
Email
|
Mr_friendztwo@yahoo.co.id
|
7
|
No. tlp/HP
|
081913746110
|
B.
Riwayat Pendidikan Ketua
SD
|
SMP
|
SMA
|
|
Nama
Institusi
|
MIN SANA
DAJA
|
MTS. MANSYA
|
MAN JCC
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPC
|
Tahun
Masuk-Lulus
|
2000-2006
|
2007-2010
|
2011-2013
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan
secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program
kreativitas mahasiswa.
Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,
MISBAHUDDIN
9
|
A.
Identitas Diri Anggota
1
|
Nama Lengkap
|
Muhammad
habibi firdaus
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
4
|
NIM
|
2130720097
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Probolinggo,
06-06-1995
|
6
|
Email
|
muhammadhabibifirdaus@gmail.com
|
7
|
No. tlp/HP
|
089648520017
|
C.
Riwayat Pendidikan Ketua
SD
|
SMP
|
SMA
|
|
Nama
Institusi
|
MI KAHASRI
|
SPMN 5 KOTA
PROBOLINGGO
|
SMAN 4 KOTA
PROBOLINGGO
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPC
|
Tahun
Masuk-Lulus
|
2000-2006
|
2007-2010
|
2011-2013
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan
secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program
kreativitas mahasiswa.
Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,
M.
HABIBI F
10
|
A.
Identitas Diri Anggota
1
|
Nama Lengkap
|
Ahmadillah
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
4
|
NIM
|
2130720100
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Bima,
12-12-1994
|
6
|
Email
|
ahmadillah@yahoo.co.id
|
7
|
No. tlp/HP
|
081911234567
|
B.
Riwayat Pendidikan Anggota
SD
|
SMP
|
SMA
|
|
Nama
Institusi
|
SD Mutemmuh
2
|
SMPN 10
DOMPU
|
SMK
AL-mukhtar
|
Jurusan
|
-
|
-
|
IPC
|
Tahun
Masuk-Lulus
|
2000-2006
|
2007-2010
|
2011-2013
|
Semua
data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan
secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan program
kreativitas mahasiswa.
Malang, 4 Juli 2014
Pengusul,
AHMADILLAH
11
|
1.
Peralatan penunjang
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Haraga satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Print+Infus
|
1 Paket
|
1.000.000
|
1.000.000
|
|
Modem
|
1 Buah
|
300.000
|
300.000
|
|
Buku Referensi
|
10 Buah
|
75.000
|
750.000
|
|
SUB TOTAL (Rp)
|
2.050.000
|
2.
Bahan Habis Pakai
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Haraga satuan (Rp)
|
Keterangan
|
ATK
(Kertas, pulpen dll)
|
1 Paket
|
200.000
|
200.000
|
|
Pulsa Modem
|
4 Bulan
|
50.000
|
200.000
|
|
Tinta Print
|
4 Bulan
|
100.000
|
400.000
|
|
Komunikasi
|
4 Bulan
|
100.000
|
400.000
|
|
SUB TOTAL (Rp)
|
1.200.000
|
3.
Perjalanan
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Haraga satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Perijinan & Survey 2 kali
|
3 Orang
|
150.000
|
450.000
|
|
Transport lain
|
3 Orang
|
300.000
|
900.000
|
|
SUB TOTAL (Rp)
|
1.350.000
|
4.
Lain – lain
Material
|
Justifikasi Pemakaian
|
Kuantitas
|
Haraga satuan (Rp)
|
Keterangan
|
Pelaporan
|
200.000
|
200.000
|
||
Validator Ahli
2 kali
|
2 Orang
|
300.000
|
600.000
|
|
Dokumentasi
|
500.000
|
500.000
|
||
Konsumsi
(Peneliti & pengamat)
|
1.500.000
|
1.500.000
|
||
Pengamat
|
3 orang
|
1.000.000
|
3.000.000
|
|
SUB TOTAL (Rp)
|
5.800.000
|
|||
Total (Keseluruhan)
|
10.400.000
|
12
|
No
|
Nama / NIM
|
Program Studi
|
Bidang Ilmu
|
Alokasi Waktu (jam/minggu)
|
Uraian Tugas
|
1
|
Misbahuddin 2130720096
|
Pendidikan Matematika
|
Pendidikan Matematika
|
· Minggu ke 1&2
· Minggu k3 3&4
· Minggu ke 5,6,7, dan 8
· Minggu ke 7&8
· Minggu ke 11&12
· Minggu ke 13, 14, 15, dan 16
|
· Survey sekolah
· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan analisis data
· Melakukan wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
|
2
|
Muhammad habibi firdaus
2130720097
|
Pendidikan Matematika
|
Pendidikan Matematika
|
· Minggu ke 1&2
· Minggu k3 3&4
· Minggu ke 5,6,7, dan 8
· Minggu ke 7&8
· Minggu ke 11&12
· Minggu ke 13, 14, 15, dan 16
|
· Survey sekolah
· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan analisis data
· Melakukan wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
|
3
|
Ahmadillah
2130720100
|
Pendidikan Matematika
|
Pendidikan Matematika
|
· Minggu ke 1&2
· Minggu k3 3&4
· Minggu ke 5,6,7, dan 8
· Minggu ke 7&8
· Minggu ke 11&12
· Minggu ke 13, 14, 15, dan 16
|
· Survey sekolah
· Melakukan analisis tugas akhir dan UTS
· Melaksakan penelitian
· Melakukan analisis data
· Melakukan wawancara
· Finishing
· Penyusunan Laporan.
|
14
|
SURAT
PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : MISBAHUDDIN
NIM : 2130720096
Program Studi : Pendidikan Matematika
Fakultas : Keguruan dan Ilmu
Pendidikan
Dengan
ini menyatakan bahwa usulan saya dengan judul:
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR
MATEMATIKA MELALUI GAMBAR GARIS PADA PERKALIAN KELAS II SD
yang diusulkan untuk tahun anggaran 2015/2016 bersifat original dan belum
pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana
di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia
dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan
seluruh
biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian
pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
Malang, 4 Juli 2014
Mengetahui, Yang
menyatakan,
Wakil Rektor Bidang Pembelajaran Ketua
dan Kemahasiswaan,
Meterai Rp6.000
Tanda
tangan
Dr. Ir. BADAT MUWAKHID MISBAHUDDIN
NIP. NIM.
2130720096
15
|
Yang
bertandatangan di bawah ini,
Nama :
MOHAMMAD BASIT
Jabatan : KEPALA SEKOLAH
Sekolah : MIN SANA
DAJA
Alamat : DESA
SANADAJA KEC. PASEAN KAB. PAMEKASAN
Dengan
ini menyatakan Bersedia untuk Bekerjasama dengan Pelaksana Kegiatan Program Kreativitas
Mahasiswa MENINGKATKAN
MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI GAMBAR GARIS PADA PERKALIAN KELAS II
SD
Nama Ketua Tim
Pengusul : MISBAHUDDIN
Nomor Induk
Mahasiswa : 2130720096
Program Studi : PENDIDIKAN MATEMATIKA
Nama Dosen
Pembimbing : Dr. SRI WAHYUNI, M.Pd
Perguruan
Tinggi : UNIVERSITAS
ISLAM MALANG
guna
melaksanakan penelitian dalam kegiatan program kreativitas mahasiswa.
Bersama
ini pula kami nyatakan dengan sebenarnya bahwa di antara pihak sekolah dan
Pelaksana
Kegiatan Program tidak terdapat ikatan kekeluargaan dalam wujud apapun juga.
Demikian Surat
Pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa ada
unsur
pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Malang, 4 Juli 2014
Yang menyatakan,
Meterai Rp6.000,-
MOHAMMAD BASIT
Posting Komentar