MAKALAH
Oleh :
1. Isofa
Zulfania Wilansah (2130720076)
2. Hafsoha
Risma Himma (2130720080)
3. Khafidoh
(2130720084)
4. Misbahuddin
(2130720096)
5. Muhammad
Habibi Firdaus (2130720097)
6. Nana
Maulidah Agustin (2130720098)
Program
Studi Pendidikan Matematika
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Islam Malang
2014
KATA PENGANTAR
Dengan
nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Puji dan syukur penulis
panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-NYA penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah ilmiah Media Pembelajaran Matematika yang membahas
“Pembelajaran trigonometri kelas X SMA melalui media CD-3 (Catur dan Dadu
Trigonometri ”.
Selama
penyusunan makalah ini, penulis telah memperoleh bantuan, bimbingan, petunjuk
serta saran-saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini
penulis mengahaturkan rasa syukur dan terima kasih kepada:
1. Allah
SWT dan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan kesempatan bagi penulis
untuk menyelesaikan makalah ini dengan keadaan sehat.
2. Orang
tua penulis yang telah memberi do’a dan dukungan baik moril maupun materil yang
tak terhingga kepada penulis sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan
sebaik-baiknya.
3. Bapak
Abd Halim Fathani M.Pd, selaku guru pembimbing matakuliah Media Pembelajaran
Matematika yang telah banyak memberikan bantuan dan arahan kepada penulis dalam
proses belajar mengajar hingga tersusunnya makalah ini.
Penulis
sangat menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu
penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai
bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi kami dalam menyelesaikan tugas-tugas
berikutnya.
Malang,
14 Desember 2014
Kelompok II
DAFTAR
ISI
HALAMAN SAMPUL ....................................................................................... ... i
KATA PENGANTAR ......................................................................................... .. ii
DAFTAR ISI ....................................................................................................... . iii
RINGKASAN ..................................................................................................... .. v
BAB I ................................................................................................................... .. 1
PENDAHULUAN .............................................................................................. .. 1
A. Latar
Belakang.......................................................................................... .. 1
B. Urgensi...................................................................................................... .. 2
C. Luaran
...................................................................................................... .. 2
D. Rumusan
Masalah .................................................................................... .. 2
E. Tujuan
....................................................................................................... .. 2
F. Manfaat
.................................................................................................... .. 2
BAB II ................................................................................................................. .. 4
LANDASAN TEORI .......................................................................................... .. 4
A. Pembahasan
Teori ..................................................................................... .. 4
1.
Definisi Trigonometri ......................................................................... .. 4
2.
Nilai perbandingan trigonometri dari
sudut ....................................... .. 4
3.
Nilai trigonometri untuk sudut-sudut
istimewa ................................. ... 5
4.
Perbandingan trigonometri suatu sudut di
berbagai kuadran.............. .. 5
B. Hubungan
dengan Pembelajaran Matematika .......................................... .. 8
BAB III ................................................................................................................ ... 9
METODE PENGEMBANGAN ......................................................................... .. 9
A. Tahap-tahap
Pengembangan ..................................................................... .. 9
1.
Berdasarkan masalah .......................................................................... .. 9
2.
Desain produk .................................................................................... .. 9
3.
Revisi desain ...................................................................................... .. 9
4.
Uji coba produk .................................................................................. .. 9
5.
Revisi produk ..................................................................................... 10
6.
Uji coba pemakaian ............................................................................ 10
7.
Revisi pemakaian ................................................................................ 10
8.
Implementasi ...................................................................................... 10
9.
Evaluasi .............................................................................................. 10
B. Indikator
pencapaian ................................................................................ 11
C. Teknik
Pengembangan ............................................................................. 12
BAB IV ................................................................................................................ 13
HASIL PENGEMBANGAN .............................................................................. 13
A. Bentuk
Alat Peraga .................................................................................. 13
B. Deskripsi
................................................................................................... 13
C. Karakteristik
............................................................................................. 13
D. Alat
dan Bahan ........................................................................................ 14
E. Langkah-langkah
Pembuatan ................................................................... 15
F. Langkah-langkah
Penggunaan ................................................................. 15
G. Saran
......................................................................................................... 16
BAB V ................................................................................................................. 17
DAFTAR RUJUKAN ......................................................................................... 17
LAMPIRAN ........................................................................................................ 18
RINGKASAN
Trigonometri
merupakan bagian dari matematika yang dipelajari oleh siswa SMA dan mahasiswa
jurusan eksakta atau terlebih jurusan matematika. Sebagai penarik minat dan
bakat dan untuk memberikan respon pada ingatan pada nilai fungsi trigonometri
maka kami susun media CATUR TRIGONOMETRI DAN DADU (CATRIDA) melalui permainan
catur pada umumnya. Berbagai aturan tambahan untuk lebih menarik minat dan
bakat tidak dipermasalahkan yang terpenting tiga alat utama yaitu papan catur,
dadu, timer bisa dipastikan ada. Permainan ini diharapkan mampu mengingat nilai
dari sudut-sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Sehingga nantinya dalam
pembelajaran materi yang lain yang juga berkaitan dengan trigonometri tidak ada
kesulitan lagi baik fisika, kimia, ataupun materi yang lain. Lebih-lebih jika
ingin mengambil jurusan matematika diperguruan tinggi.
Metode
yang dilaksanakan mulai dari adanya penyelesaian masalah, desain produk, revisi
desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, implementasi,
sampai evaluasi. Dari serangkaian metode pengembangan kami telah mendapatkan
hasil suatu alat peraga berupa papan catur yang di dalamnya terdapat angka-anga
sudut istimewa fungsi trigonometri. Melalui alat peraga ini siswa akan
mengaktifkan ingatan tentang nilai dari fungsi trigonometri. Aturan permainan
bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Alat
dan bahan yang digunakan bisa dibuat seperti papan catur pada umumnya. Akan
tetapi ditambah angka-angka sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Alat dan
bahan ini bisa dibuat secara kreatif melalui kerajinan tangan siswa atau bisa
dibeli diberbagai toko kesenian dan olahraga. Warna yang ada pada papan catur
bisa dibuat sesuai kesukaan. Alat dan bahan yang lain yang juga dibutuhkan
adalah timer dan dadu trigonometri.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belajar
matematika merupakan kegiatan yang dianggap sulit menurut banyak orang.
Pendidikan formal di Indonesia mulai SD sampai SMA pasti ada yang namanya mata
pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan ilmu
tentang interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan hewan, dan manusia
dengan tumbuhan. Persepsi bahwa matematika adalah ilmu hitung, ilmu ukur, dan
selalu berkaitan dengan angka tidak selamanya bisa diterima kebenarannya.
Realitas dilapangan tidak relevan dengan mindset yang ada pada pola pikir
manusia. Jika memang hal itu benar, bukan suatu kemutlakan yang mewakili dari
luasnya ilmu matematika.
Belajar
dari pengalaman melewati pendidikan formal yang selalu berkesinambungan penulis
mempunyai gagasan penting untuk bisa mengembangkan pola pikir yang baik pada
matematika. Bahwasanya belajar matematika harus dimulai secara bertingkat.
Sebagai permulaan tentu ada di bangku SD selanjutnya SMP kemudian SMA. Tanpa
mengetahui konsep-konsep yang ada di SD maka akan kesulitan menempuh di bangku
SMP. Begitupun di SMA harus memahami terlebih dahulu konsep atau teori yang ada
di SMP. Sehingga secara hirarki harus dilalui secara bertahap.
Dalam
pengembangan media yang akan penulis terapkan pada materi trigonometri
merupakan mata pelajaran di bangku SMA. Pengalaman yang penulis alami saat ini
ketika dibangku kuliah pada jurusan matematika menjadi ide utama untuk
mengembangkan media ini. Karena ingatan lemah pada nilai-nilai sudut
trigonometri disebabkan kurang latihan pada waktu SMA. Ingatan merupakan faktor
terpenting untuk kemudian bisa berfikir dan bernalar dari suatu masalah. Tanpa
kita ingat teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya maka mustahil dapat
memecahkan masalah yang dihadapinya sekarang. Agar pengalaman penulis tidak
terjadi pada adik-adik yang ingin mengambil jurusan matematika di perguruan
tinggi. Maka mencoba untuk mengembangkan media CATUR DAN DADU TRIGONOMETRI (CD-3)
sebagai alat peraga dalam materi
trigonometri dengan tujuan melaui kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus
maka akan terbentuk ingatan kuat tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri dan
bisa diingat dalam jangka panjang.
B.
Urgensi
Belajar
matematika melalui permainan yang di dalamnya terdapat alat peraga sebagai
pembantu proses pembelajaran dapat lebih memperoleh ingatan yang kuat
dibandingkan penghafalan.
C.
Luaran
Luaran
dari karya tulis ilmiah ini adalah makalah pengembangan media catur dan dadu
trigonometri (catrida) dalam bentuk makalah dan pembuatan alat peraga.
Selebihnya akan diunggah dalam blog penulis agar bermanfaat untuk semua
pengguna.
D.
Rumusan
Masalah
Adapun
beberapa uraian yang dapat diangkat dari permasalahan topik makalah ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagaimana
proses pembuatan alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”?
2. Bagaimana
penggunaan alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri” untuk menguatkan ingatan siswa?
E.
Tujuan
Tujuan
dari pembuatan alat peraga catur trigonometri antara lain:
1. Mendiskripsikan
proses pembuatan alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”.
2. Mendiskripsikan
cara penggunaan alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”.
F.
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari pengembangan media catur trigonometri ini adalah:
1. Secara
teoritis
Meningkatkan ingatan
tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri terutama sudut-sudut istimewa.
2. Secara
praktis
a. Bagi
siswa
Meningkatkan siswa dalam
mempelajari trigonometri. Disisi lain menambah pengetahuan tambahan tentang
bermain catur.
b. Bagi
guru
Membantu dalam
mempelajari trigonometri dan menambah kreatifitas guru dalam memberikan metode
pembelajaran di kelas.
c. Bagi
sekolah
Membantu sekolah untuk
mengembangkan alat peraga baru untuk mata pelajaran matematika.
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Pembahasan
Teori
1. Definisi
trigonometri
Trigonometri
adalah sebuah cabang matenatika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan
fungsi trigonometri seperti sinus, cosinus, dan tangent. Dimana trigonometri
sendiri berasal dari Yunani trigon = tiga
sudut, dan metro = mengukur. Dengan
demikian, trigonometri berarti menentukan ukuran-ukuran segitiga, yaitu
menentukan besar sudut, perbandingan sisi, dan panjang sisi.
Asal
mula trigonometri padaa zaman Mesir kuno dan Babilonia yang terkenal dengan
peradaban di Lembah Sungai Indus. Kurang lebih 3000 tahun yang lalu. Dimana
ahli matematika India, Laghada yang pertama kali menggunkan geometri dan
trigonometri untuk perhitungan astronomi dalam bukunya “Vedanga, Jyotisha” yang
sayangnya, sebagian besar karyanya hancur oleh para penjajah yang menjajah
India. Namun tampaknya tabel trigometri pertama kali disusun oleh Pipparchus,
yang kini dikenal dengan Bapak Trigonometri.
2.
Nilai perbandingan trigonometri dari
suatu sudut
Trigonometri
terdiri dari sinus(sin), cosinus(cos), tangen(tan), cotangen(cot), secan(sec),
cosecan(cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang dapat dinyatakan
pada koordinat Cartesius atau segitiga siku-siku.
3. Nilai
Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
Di
dalam trigonometri ada yang dikatagorikan sudut istimewa. Kelima sudut tersebut
adalah sudut yang besarnya 0°, 30°, 45°, 60°, 90°. Nilai trigonometri untuk
sudut-sudut istimewa ini disajikan pada tabel sebagai berikut:
4.
Perbandingan trigonometri suatu sudut di
berbagai kuadaran
a. Sudut
pada kuadran
Sumbu-sumbu
pada koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut
kuadran. Sehingga besar sudut a dapat dikelompokkan menjadi empat daerah
seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Adapaun
aturan trigonometri pada kuadran I, II, III, IV yang perlu diketahui adalah
berikut ini. Nilai sinus, cosinus, dan tangent yang berbeda tanda ini
disebabkan adanya arah (nilai vektor) dari x dengan y, dengan aturan:
1.
Pada kuadran I semua bernilai positif.
2.
Pada kuadran II yang memiliki nilai
positif adalah sinus.
3.
Pada kuadran III yang memiliki nilai
positif adalah tangen.
4.
Pada kuadran IV yang memiliki nilai
positif adalah cosinus.
b.
Sudut berelasi
Selama
ini salah satu yang menjadi kesulitan kedua dalam menghafal trigonometri selain
menggunakan kuadran yang ada banyaknya rumus yang harus diingat dalam
trigonometri, adapun rumus-rumus tersebut adalah:
1. Sudut
kuadran 1 (0°≤
°)
Sin (90°-
) = cos
Cos (90°-
) = sin
Tan (90°-
) = cot
2. Sudut
kuadran II (90°
°)
Sin (180°-
) = sin
Cos (180°-
) = -cos
Tan (180°-
) = -tan
3. Sudut
di kuadran III (180°
°)
Sin (180°+
) = -sin
Cos (180°+
) = -cos
Tan (180°+
) = tan
4. Sudut
di kuadran IV (270°
°)
Sin (360°+
) = -sin
Cos (360°+
) = cos
Tan (360°+
) = -tan
Pembahasan
diatas memberikan gagasan kepada kelompok kami untuk membuat suatu alat peraga
dalam menentukan nilai dari sin, cos, tan, sec, cot, dan csc dengan berdasar
pada konsep sudut istimewa pada kuadran dan rumus-rumus trigonometri yang
dikemas menjadi sebuah permainan catur yang menarik sehingga siswa diharapkan
dapat mendalami trigonometri yang menyenangkan.
B.
Hubungan
dengan pembelajaran matematika
Satu
hal yang perlu diperhatikan adalah penerapan alat peraga dalam sebuah
pembelajaran matematika secara tepat. Untuk itu perlu adanya pertimbangan kapan
akan digunakan serta jenis alat peraga apa yang sesuai untuk membantu
pencapaian tujuan belajar. Selain pemilihan waktu dan alat, fungsi dari alat
peraga itu sendiri juga perlu diperhatikan sebelum digunakannya sebuah alat
peraga.
Alat
peraga ini digunakan pada materi trigonometri kelas X SMA. Dengan demikian
siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan teknis baku dalam menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan trigonometri.
BAB III
METODE PENGEMBANGAN
A.
Tahap-tahap
Pengembangan
1.
Berdasarkan
Masalah
Melalui
masalah yang sering muncul pada pembelajaran matematika tingkat lanjutan maka
penulis mengembangkan sebuah alat bantu berupa media CATRIDA untuk
mengatasinya. Alat peraga ini sabagai pembelajaran dasar dari materi fungsi
trigonometri yang akan menunjang ke pembelajaran selanjutnya dalam memecahkan
masalah yang ada.
2.
Desain
Produk
Membuat
produk merupakan tahap yang dilaksanakan setelah memperoleh penyelesaian
masalah dari suatu media yang akan dikembangkan. Dalam prosesnya membutuhkan
keterampilan yang maksimal agar hasil yang diperoleh dapat menarik dan tidak
membosankan. Hasil desain dari media yang telah dikembangkan akan diuraikan pada
bab selanjutnya.
3.
Revisi
Desain
Dalam
proses pembuatan utamanya dalam mendesain tentu menemukan pembaharuan yang bisa
lebih menarik dari sebelumnya. Sehingga dibutuhkan suatu revisi. Dalam tahap
ini hanya menambahkan yang dianggap perlu dan membuang hal-hal yang dianggap
tidak perlu dengan tujuan lebih terarah pada tujuan media yang dikembangkan
yaitu memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri.
4.
Uji
Coba Produk
Langkah
ini merupakan tahap uji coba oleh pengembang media terlebih dahulu untuk memperoleh
kepastian dalam penyelesaian masalah. Kemudian uji coba selanjutnya pada siswa
kelas X SMA. Dari uji coba yang telah dilaksanakan dapat memberikan kepastian
akan manfaat dari media CATRIDA ini untuk menyelesaikan masalah yang ada pada
nilai fungsi trigonometri.
5.
Revisi
Produk
Dalam
hal hasil dari suatu pembuatan tentunya mendapatkan banyak masalah baik dalam
hal keefesienan dan kesesuaian dengan tujuan. Maka perlulah kami merivisi dari
media yang telah dibuat.
6.
Uji
Coba Pemakaian
Pada
tahap ini dilakukan uji coba pemakain dari pemakalah sendiri dan jugapun
teman-teman jurusan pendidikan matematika untuk memastikan baik atau belum baik
untuk diterapkan di sekolah. Respon yang kami peroleh adalah positif. Mereka
menganggap media CATRIDA mudah dimainkan dan tidak membosankan dan akan menjadi
ingatan kuat jika dilakukan berulang-ulang.
7.
Revisi
Pemakaian
Dari
uji coba yang telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya kami menemukan banyak
kekurangan yang perlu ditambah dalam media CATRIDA ini. Sehingga pada tahap ini
menghasilkan sebuah revisi papan catur. Hasil dari proses revisi kami
memberikan keleluasan secara sesuka hati kepada pengguna untuk mengubah warna
sesuai kemauan pemain. Dengan tujuan tidak ada kejenuhan dalam proses
permainan.
8.
Produksi
Massal
Tahap
yang terahir ini merupakan penyelesaian dari proses pengembangan media CATRIDA.
Media CATRIDA dapat digunakan oleh semua pengguna yang sedang memperlajari
trigonometri. Jika pengguna memperoleh kritik dan saran dari alat peraga ini
maka dapat disalurkan segala aspirasinya kepada pemakalah. Untuk siswa SMA
kelas X media ini sebagai alat peraga dalam mata pelajaran fungsi trigonometri.
Sehingga sampel dari pengembangan media ini adalah siswa kelas X.
9.
Evaluasi
Evaluasi
ini akan dilaksanakan setelah mendapatkan kritik dan saran dari pengguna. Tahap
ini merupakan perbaikan dari semua permasalahan. Baik dalam model produk atau
model permainan.
B.
Indikator
yang Ditempuh
Dari
setiap tahap-tahap metode pengembangan media berupa alat peraga CATRIDA dapat
disimpulkan indikator yang telah ditempuh antara lain:
NO
|
Tahap
Pengembangan
|
Indikator
yang ditempuh
|
1.
|
Berdasarkan
masalah
|
Memperoleh
penyelesaian masalah untuk mengingat secara kuat dari nilai fungsi
trigonometri.
|
2.
|
Desain
Produk
|
Membuat alat
permainan yang sudah familiar pada siswa kelas X.
|
3.
|
Revisi
Desain
|
Memposisikan besar
sudut istimewa secara acak dan bisa dilihat oleh dua pemain.
|
4.
|
Uji
Coba Produk
|
Mendapatkan hasil
kejenuhan pada warna hitam putih yang ada pada papan catur.
|
5.
|
Revisi
Produk
|
Memberikan keleluasan
untuk memberikan warna sesuai kebutuhan pengguna
|
6.
|
Uji
Coba Pemakaian
|
Mendapatkan respon
dari pengguna bahwa alat catur juga menambah wawasan proses bernalar siswa.
|
7.
|
Revisi
Pemakaian
|
Menambah timer untuk
memberikan waktu dalam proses berfikir sehingga secara terpaksa akan berfikir
cepat.
|
8.
|
Implementasi
|
Akan dilaksanakan di
kemudian hari kepada siswa SMA kelas X.
|
9.
|
Evaluasi
|
Setelah memperoleh
respon dari pengguna. Baik respon positif atau negatif.
|
C.
Teknik
Pengembangan
Adapun
beberapa teknik pengembangan media CATRIDA yang telah dilaksanakan antara lain:
1. Menganalisis kebutuhan
Semua
kebutuhan yang akan diterapkan pada pembelajaran trigonometri melalui media
CATRIDA dianalisis secara seksama. Baik manfaat secara teori dan praktis.
Sehingga diperoleh sebuah alat papan catur yang berfungsi mengendalikan
pembelajaran tidak menoton dengan permainan yang didalamnya berkaitan dengan
trigonometri.
2. Merumuskan tujuan
Dari segala kebutuhan
yang telah dianalisis maka dirancanglah sebuah rumusan tujuan yang diantaranya
untuk membantu siswa memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri dan
mengendalikan dari pembelajaran menoton ke pembelajaran permainan.
3. Menulis naskah media
Perumusan dalam bentuk karya tulis merupakan bagian yang
tidak boleh ditinggalkan. Karena untuk mendapat pengakuan secara empiris dari
pengguna terhadap alat peraga yang telah kami kembangkan.
4. Mengadakan revisi
Revisi merupakan teknik
pengembangan yang terahir. Baik dari perumusan tujuan atau penulisan makalah.
Tahap ini merupakan tahap perbaikan untuk dipertanggungjawabkan secara publik.
BAB IV
HASIL PENGEMBANGAN
A.
Bentuk
Alat Peraga
Inilah
bentuk alat peraga yang akan diterapkan pada siswa kelas X SMA dengan model
sebagaimana berikut:
B.
Deskripsi
Alat peraga CATRIDA merupakan alat bantu
dalam memperoleh ingatan kuat tentang nilai-nilai fungsi sudut trigonometri.
Media ini dapat digunakan oleh siswa kelas X SMA ataupun siswa yang sedang
belajar trigonometri. Secara mudah peserta didik dan pengajar dapat sesuka hati
memposisikan besaran sudut yang diinginkan sebelum permainan dimulai. Tidak
harus seperti yang penulis tampilkan pada gambar. Misalnya dari segi warna
pengguna dapat merubah dua warna berbeda sesuai warna yang disukai.
C.
Karakteristik
Karakteristik media CATRIDA ini antara
lain:
1. Papan
yang digunakan berbentuk segi empat.
2. Kotak
yang tergambar terdiri dari 64 kotak dengan ukuran sama.
3. Terdiri
dari dua macam warna.
4. Posisi
warna secara selang-seling.
5. Disetiap
kotak terdapat besaran sudut istimewa fungsi trigonometri yang bisa diliat oleh
dua posisi pemain.
D.
Alat
dan Bahan
1. Alat
Alat dalam penggunaan
media ini sangat mudah dibeli ditoko kesnian atau toko olaharaga dan penambahan
yang diperlukan bisa ditambahkan dari setiap siswa. Apalagi akan dibuat secara
kreatif dan bersama-sama dalam bentuk kelompok maka alat peraga “Papan Catur
Trigonometri” diperlukan alat sebagai berikut:
a. Penggaris
b. Palu
c. Geraji
d. Boarmarker
permanent hitam
e. Kuas
kecil
f. Gunting
g. Dadu
trigonometri
h. Timer
2. Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat
alat peraga “Papan Catur Trigonometri” adalah sebagai berikut:
a.
Papan melamin ukuran 60 cm x 80 cm
b.
Triplek ukuran 60 cm x 80 cm
c.
Paku kecil ukuran 3 cm ½ kg
d.
Cat warna hitam
e.
Cat warna biru
f.
Lem kayu
g.
Lem altico
h.
Kertas foto 3 lembar
i.
Kertas bufalo warna putih 3 lembar
j.
Dadu trigonometri sisi kanan sin, kiri
cos, bawah tan, atas cot, depan cosec, dan belakang sec (masalah posisi tidak
ada masalah yang penting lengkap enam)
k. Timer
(stopwach atau bisa digunakan pada HP)
E.
Langkah-langkah
Pembuatan
Dalam membuat media
CATRIDA dibutuhkan langkah-langkat sebagai berikut:
1. Membuat
garis kotak-kotak pada papan melamin sebanyak 64 kotak dengan ukuran 7 cm x 7
cm
2. Mengecat
papan melamin yang sudah bergaris dengan cat warna hitam, sehingga membentuk
pola seperti gambar catur pada umumnya.
3. Membuat
kotak kecil disetiap kotak yang ada untuk memposisikan nilai dari besar sudur
istimewa seperti yang terlihat pada gambar.
4. Membuat
dadu layaknya bangun kubus dari bahan apa saja yang penting flexibel.
F.
Langkah-langkah
Penggunaan
Adapun langkah-langkah
dalam menggunakan media CATRIDA ini dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Permainan
dilakukan oleh dua orang.
2. Tiap
fighter boleh melangkah ke kotak lain sesuai aturan catur pada umumnya.
3. Pemain
boleh melangkah apabila timer sudah dimulai dan menjawab dengan benar nilai
dari besar sudut pada kotak yang akan dilangkahi dengan nilai yang ada pada
dadu.
4. Aturan
menyekak raja sesuai dengan aturan catur pada umumnya.
5. Timer
disesuaikan kebutuhan (antara 20 detik sampai dengan 25 detik)
G.
Saran
Dalam menggunakan alat
ini yang perlu diperhatikan adalah:
1. Ketepatan
siswa dalam menjawab nilai dari besar sudut.
2. Kecepatan
berfikir dalam mempergunakan waktu yang diberikan.
3. Ketelitian
siswa dalam mencari langkah pada jawaban yang mudah.
4. Ketelitian
siswa dalam mengatur strategi permainan.
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
Lial,
Margaret L, Miller, Charles D dan Hornsby. dkk. 1993. Trigonometry fifth edition. New York:HapperCollins College
Publishers
Nugroho,
Adhi.2013. Big bank soal-bahas Matematika
SMA/MA.Jakarta Selatan:Wahyu Media
Martono,
Koko. 1999. Kalkulus. Jakarta:Penerbit
Erlangga
Purcell,
Edwin J dan Dale Varberg. 1999. Kalkulus dan geometri analisis. Jilid 1
(terjemahan). Edisi Kelima. Jakarta:Penerbit Erlangga
LAMPIRAN
A.
DAFTAR
RIWAYAT
1.
|
1
|
Nama Lengkap
|
MISBAHUDDIN
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720096
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Pamekasan, 6
oktober 1995
|
|
6
|
Email
|
Misbahuddinalmutaali@gmail.com
|
|
7
|
No. tlp/HP
|
081913746110
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MIN SANA
DAJA (2000-2006)
|
|
MTS. MANSYA (2007-2010)
|
|||
MAN JCC (2011-2013)
|
|||
|
|||
2.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Muhammad Habibi F
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720097
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Probolinggo,
6 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
Muhammadhabibifirdaus@gmail.com
|
|
7
|
No. tlp/HP
|
089648520017
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI KAHASRI (2000-2006)
|
|
SPMN 5 KOTA
PRO (2007-2010)
|
|||
SMAN 4 KOTA
PRO (2011-2013)
|
|||
|
|||
3.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Nana Maulidah Agustin
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720098
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Jember, 23 Agustus 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085655883173
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI TARBIYATUL HUDA
|
|
SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
|
|||
MAN 2 JEMBER
|
|||
|
|||
4.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Hafshoha Risma Himmami
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720080
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Malang, 24 Maret 1996
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
083848763328
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN KETAWANG
|
|
SMPN 01 GONDANGLEGI
|
|||
SMA AN-NUR BULULAWANG
|
|||
|
|||
5.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Isofa Zulfania Wilansyah
|
2
|
Jenis Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720076
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Malang, 23 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085731227607
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN TORONGREJO 03 BATU
|
|
SMP PGRI 01 BATU
|
|||
SMK ISLAM BATU
|
|||
|
|||
6.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Khafidoh
|
2
|
Jenis
Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan
matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720084
|
|
5
|
Tempat
Tanggal lahir
|
Purbalingga, 10 november 1994
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
087701582890
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SD N 1 TUNJUNGMULI
|
|
MTs. HASYIM ASYARI
|
|||
SMA N 1 KARANGREJA
|
B.
Alamat
Website atau Blog
Inilah alamat blog kami : http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/
+ komentar + 1 komentar
Bayar Pakai Dengan Pulsa AXIS XL TELKOMSEL
Anda Dapat Bermain Setiap Hari dan Selalu Menang Bersama Poker Vit
Capsa Susun, Bandar Poker,QQ Online, Adu Q, dan Bandar Q
Situs Situs Tersedia bebebagai jenis Permainan games online lain
Sabung Ayam S1288, CF88, SV388, Sportsbook, Casino Online,
Togel Online, Bola Tangkas Slots Games, Tembak Ikan, Casino
Terima semua BANK Nasional dan Daerah, OVO GOPAY
Whatsapp : 0812-222-2996
POKERVITA
Posting Komentar