MAKALAH
Oleh :
1. Isofa Zulfania Wilansah (2130720076)
2. Hafsoha Risma Himma (2130720080)
3. Khafidoh (2130720084)
4. Misbahuddin (2130720096)
5. Muhammad Habibi Firdaus (2130720097)
6. Nana Maulidah Agustin (2130720098)
Program
Studi Pendidikan Matematika
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Islam Malang
2014
Dengan menyebut nama
Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-NYA penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah ilmiah Media Pembelajaran Matematika yang membahas
“Pengembangan media CATRIDA (Catur dan Dadu Trigonometri) dalam pembelajaran
trigonometri kelas X SMA ”.
Selama penyusunan
makalah ini, penulis telah memperoleh bantuan, bimbingan, petunjuk serta
saran-saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
mengahaturkan rasa syukur dan terima kasih kepada:
1. Allah SWT dan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan
kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan makalah ini dengan keadaan sehat.
2. Orang tua penulis yang telah memberi do’a dan dukungan baik moril
maupun materil yang tak terhingga kepada penulis sehingga makalah ini dapat
diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
3. Bapak Abd Halim Fathani M.Pd, selaku guru pembimbing matakuliah
Media Pembelajaran Matematika yang telah banyak memberikan bantuan dan arahan
kepada penulis dalam proses belajar mengajar hingga tersusunnya makalah ini.
Penulis sangat
menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis
sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi kami dalam menyelesaikan tugas-tugas
berikutnya.
Malang, 14 Desember
2014
Kelompok II
RINGKASAN
Trigonometri
merupakan bagian dari matematika yang dipelajari oleh siswa SMA dan mahasiswa
jurusan eksakta atau terlebih jurusan matematika. Sebagai penarik minat dan
bakat dan untuk memberikan respon pada ingatan pada nilai fungsi trigonometri
maka kami susun media CATUR TRIGONOMETRI DAN DADU (CATRIDA) melalui permainan
catur pada umumnya. Berbagai aturan tambahan untuk lebih menarik minat dan
bakat tidak dipermasalahkan yang terpenting tiga alat utama yaitu papan catur,
dadu, timer bisa dipastikan ada. Permainan ini diharapkan mampu mengingat nilai
dari sudut-sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Sehingga nantinya dalam
pembelajaran materi yang lain yang juga berkaitan dengan trigonometri tidak ada
kesulitan lagi baik fisika, kimia, ataupun materi yang lain. Lebih-lebih jika
ingin mengambil jurusan matematika diperguruan tinggi.
Metode
yang dilaksanakan mulai dari adanya penyelesaian masalah, desain produk, revisi
desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian,
implementasi, sampai evaluasi. Dari serangkaian metode pengembangan kami telah
mendapatkan hasil suatu alat peraga berupa papan catur yang di dalamnya
terdapat angka-anga sudut istimewa fungsi trigonometri. Melalui alat peraga ini
siswa akan mengaktifkan ingatan tentang nilai dari fungsi trigonometri. Aturan
permainan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Alat dan
bahan yang digunakan bisa dibuat seperti papan catur pada umumnya. Akan tetapi
ditambah angka-angka sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Alat dan bahan
ini bisa dibuat secara kreatif melalui kerajinan tangan siswa atau bisa dibeli
diberbagai toko kesenian dan olahraga. Warna yang ada pada papan catur bisa
dibuat sesuai kesukaan. Alat dan bahan yang lain yang juga dibutuhkan adalah
timer dan dadu trigonometri.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Belajar
matematika merupakan kegiatan yang dianggap sulit menurut banyak orang. Pendidikan
formal di Indonesia mulai SD sampai SMA pasti ada yang namanya mata pelajaran
matematika. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan ilmu tentang
interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan hewan, dan manusia dengan
tumbuhan. Persepsi bahwa matematika adalah ilmu hitung, ilmu ukur, dan selalu
berkaitan dengan angka tidak selamanya bisa diterima kebenarannya. Realitas
dilapangan tidak relevan dengan mindset yang ada pada pola pikir manusia. Jika
memang hal itu benar, bukan suatu kemutlakan yang mewakili dari luasnya ilmu
matematika.
Belajar
dari pengalaman melewati pendidikan formal yang selalu berkesinambungan penulis
mempunyai gagasan penting untuk bisa mengembangkan pola pikir yang baik pada
matematika. Bahwasanya belajar matematika harus dimulai secara bertingkat.
Sebagai permulaan tentu ada di bangku SD selanjutnya SMP kemudian SMA. Tanpa
mengetahui konsep-konsep yang ada di SD maka akan kesulitan menempuh di bangku
SMP. Begitupun di SMA harus memahami terlebih dahulu konsep atau teori yang ada
di SMP. Sehingga secara hirarki harus dilalui secara bertahap.
Dalam
pengembangan media yang akan penulis terapkan pada materi trigonometri
merupakan mata pelajaran di bangku SMA. Pengalaman yang penulis alami saat ini
ketika dibangku kuliah pada jurusan matematika menjadi ide utama untuk
mengembangkan media ini. Karena ingatan lemah pada nilai-nilai sudut
trigonometri disebabkan kurang latihan pada waktu SMA. Ingatan merupakan faktor
terpenting untuk kemudian bisa berfikir dan bernalar dari suatu masalah. Tanpa
kita ingat teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya maka mustahil dapat
memecahkan masalah yang dihadapinya sekarang. Agar pengalaman penulis tidak
terjadi pada adik-adik yang ingin mengambil jurusan matematika di perguruan
tinggi. Maka mencoba untuk mengembangkan media CATUR DAN DADU TRIGONOMETRI
(CD-3)sebagai alat peraga dalam materi trigonometri dengan tujuan melaui
kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus maka akan terbentuk ingatan kuat
tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri dan bisa diingat dalam jangka
panjang.
B.
Urgensi
Belajar
matematika melalui permainan yang di dalamnya terdapat alat peraga sebagai
pembantu proses pembelajaran dapat lebih memperoleh ingatan yang kuat
dibandingkan penghafalan.
C.
Luaran
Luaran
dari karya tulis ilmiah ini adalah makalah pengembangan media catur dan dadu
trigonometri (catrida) dalam bentuk makalah dan pembuatan alat peraga.
Selebihnya akan diunggah dalam blog penulis agar bermanfaat untuk semua
pengguna.
D.
Rumusan Masalah
Adapun
beberapa uraian yang dapat diangkat dari permasalahan topik makalah ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagaimana proses pembuatan alat peraga
“Catur dan Dadu Trigonometri”?
2. Bagaimana penggunaan alat peraga “Catur
dan Dadu Trigonometri” untuk menguatkan ingatan siswa?
E.
Tujuan
Tujuan
dari pembuatan alat peraga catur trigonometri antara lain:
1. Mendiskripsikan proses pembuatan alat
peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”.
2. Mendiskripsikan cara penggunaan alat
peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”.
F.
Manfaat
Manfaat
yang diharapkan dari pengembangan media catur trigonometri ini adalah:
1. Secara teoritis
Meningkatkan ingatan
tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri terutama sudut-sudut istimewa.
2. Secara praktis
a. Bagi siswa
Meningkatkan siswa dalam
mempelajari trigonometri. Disisi lain menambah pengetahuan tambahan tentang
bermain catur.
b. Bagi guru
Membantu dalam
mempelajari trigonometri dan menambah kreatifitas guru dalam memberikan metode
pembelajaran di kelas.
c. Bagi sekolah
Membantu sekolah untuk
mengembangkan alat peraga baru untuk mata pelajaran matematika.
BAB II
LANDASAN TEORI
A.
Pembahasan Teori
1. Definisi trigonometri
Trigonometri
adalah sebuah cabang matenatika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan
fungsi trigonometri seperti sinus, cosinus, dan tangent. Dimana trigonometri
sendiri berasal dari Yunani trigon = tiga
sudut, dan metro = mengukur. Dengan
demikian, trigonometri berarti menentukan ukuran-ukuran segitiga, yaitu
menentukan besar sudut, perbandingan sisi, dan panjang sisi.
Asal
mula trigonometri padaa zaman Mesir kuno dan Babilonia yang terkenal dengan
peradaban di Lembah Sungai Indus. Kurang lebih 3000 tahun yang lalu. Dimana
ahli matematika India, Laghada yang pertama kali menggunkan geometri dan
trigonometri untuk perhitungan astronomi dalam bukunya “Vedanga, Jyotisha” yang
sayangnya, sebagian besar karyanya hancur oleh para penjajah yang menjajah
India. Namun tampaknya tabel trigometri pertama kali disusun oleh Pipparchus,
yang kini dikenal dengan Bapak Trigonometri.
2.
Nilai
perbandingan trigonometri dari suatu sudut
Trigonometri
terdiri dari sinus(sin), cosinus(cos), tangen(tan), cotangen(cot), secan(sec), cosecan(cosec).
Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang dapat dinyatakan pada koordinat
Cartesius atau segitiga siku-siku.
3. Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut
Istimewa
Di
dalam trigonometri ada yang dikatagorikan sudut istimewa. Kelima sudut tersebut
adalah sudut yang besarnya 0°, 30°, 45°, 60°, 90°. Nilai trigonometri untuk
sudut-sudut istimewa ini disajikan pada tabel sebagai berikut:
4.
Perbandingan
trigonometri suatu sudut di berbagai kuadaran
a. Sudut pada kuadran
Sumbu-sumbu
pada koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut
kuadran. Sehingga besar sudut a dapat dikelompokkan menjadi empat daerah
seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Adapaun
aturan trigonometri pada kuadran I, II, III, IV yang perlu diketahui adalah
berikut ini. Nilai sinus, cosinus, dan tangent yang berbeda tanda ini
disebabkan adanya arah (nilai vektor) dari x dengan y, dengan aturan:
1.
Pada
kuadran I semua bernilai positif.
2.
Pada
kuadran II yang memiliki nilai positif adalah sinus.
3.
Pada
kuadran III yang memiliki nilai positif adalah tangen.
4.
Pada
kuadran IV yang memiliki nilai positif adalah cosinus.
b.
Sudut
berelasi
Selama
ini salah satu yang menjadi kesulitan kedua dalam menghafal trigonometri selain
menggunakan kuadran yang ada banyaknya rumus yang harus diingat dalam
trigonometri, adapun rumus-rumus tersebut adalah:
1. Sudut kuadran 1 (0°≤
°)
Sin (90°-
) = cos
Cos (90°-
) = sin
Tan (90°-
) = cot
2. Sudut kuadran II (90°
°)
Sin (180°-
) = sin
Cos (180°-
) = -cos
Tan (180°-
) = -tan
3. Sudut di kuadran III (180°
°)
Sin (180°+
) = -sin
Cos (180°+
) = -cos
Tan (180°+
) = tan
4. Sudut di kuadran IV (270°
°)
Sin (360°+
) = -sin
Cos (360°+
) = cos
Tan (360°+
) = -tan
Pembahasan
diatas memberikan gagasan kepada kelompok kami untuk membuat suatu alat peraga
dalam menentukan nilai dari sin, cos, tan, sec, cot, dan csc dengan berdasar
pada konsep sudut istimewa pada kuadran dan rumus-rumus trigonometri yang
dikemas menjadi sebuah permainan catur yang menarik sehingga siswa diharapkan
dapat mendalami trigonometri yang menyenangkan.
B.
Hubungan dengan pembelajaran matematika
Satu
hal yang perlu diperhatikan adalah penerapan alat peraga dalam sebuah
pembelajaran matematika secara tepat. Untuk itu perlu adanya pertimbangan kapan
akan digunakan serta jenis alat peraga apa yang sesuai untuk membantu
pencapaian tujuan belajar. Selain pemilihan waktu dan alat, fungsi dari alat
peraga itu sendiri juga perlu diperhatikan sebelum digunakannya sebuah alat
peraga.
Alat
peraga ini digunakan pada materi trigonometri kelas X SMA. Dengan demikian
siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan teknis baku dalam menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan trigonometri.
BAB III
METODE PENGEMBANGAN
A.
Tahap-tahap Pengembangan
1.
Berdasarkan Masalah
Melalui
masalah yang sering muncul pada pembelajaran matematika tingkat lanjutan maka
penulis mengembangkan sebuah alat bantu berupa media CATRIDA untuk
mengatasinya. Alat peraga ini sabagai pembelajaran dasar dari materi fungsi
trigonometri yang akan menunjang ke pembelajaran selanjutnya dalam memecahkan
masalah yang ada.
2.
Desain Produk
Membuat
produk merupakan tahap yang dilaksanakan setelah memperoleh penyelesaian
masalah dari suatu media yang akan dikembangkan. Dalam prosesnya membutuhkan
keterampilan yang maksimal agar hasil yang diperoleh dapat menarik dan tidak
membosankan. Hasil desain dari media yang telah dikembangkan akan diuraikan
pada bab selanjutnya.
3.
Revisi Desain
Dalam
proses pembuatan utamanya dalam mendesain tentu menemukan pembaharuan yang bisa
lebih menarik dari sebelumnya. Sehingga dibutuhkan suatu revisi. Dalam tahap
ini hanya menambahkan yang dianggap perlu dan membuang hal-hal yang dianggap
tidak perlu dengan tujuan lebih terarah pada tujuan media yang dikembangkan
yaitu memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri.
4.
Uji Coba Produk
Langkah
ini merupakan tahap uji coba oleh pengembang media terlebih dahulu untuk
memperoleh kepastian dalam penyelesaian masalah. Kemudian uji coba selanjutnya
pada siswa kelas X SMA. Dari uji coba yang telah dilaksanakan dapat memberikan
kepastian akan manfaat dari media CATRIDA ini untuk menyelesaikan masalah yang
ada pada nilai fungsi trigonometri.
5.
Revisi Produk
Dalam
hal hasil dari suatu pembuatan tentunya mendapatkan banyak masalah baik dalam
hal keefesienan dan kesesuaian dengan tujuan. Maka perlulah kami merivisi dari
media yang telah dibuat.
6.
Uji Coba Pemakaian
Pada
tahap ini dilakukan uji coba pemakain dari pemakalah sendiri dan jugapun
teman-teman jurusan pendidikan matematika untuk memastikan baik atau belum baik
untuk diterapkan di sekolah. Respon yang kami peroleh adalah positif. Mereka
menganggap media CATRIDA mudah dimainkan dan tidak membosankan dan akan menjadi
ingatan kuat jika dilakukan berulang-ulang.
7.
Revisi Pemakaian
Dari
uji coba yang telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya kami menemukan banyak
kekurangan yang perlu ditambah dalam media CATRIDA ini. Sehingga pada tahap ini
menghasilkan sebuah revisi papan catur. Hasil dari proses revisi kami
memberikan keleluasan secara sesuka hati kepada pengguna untuk mengubah warna
sesuai kemauan pemain. Dengan tujuan tidak ada kejenuhan dalam proses
permainan.
8.
Produksi Massal
Tahap
yang terahir ini merupakan penyelesaian dari proses pengembangan media CATRIDA.
Media CATRIDA dapat digunakan oleh semua pengguna yang sedang memperlajari
trigonometri. Jika pengguna memperoleh kritik dan saran dari alat peraga ini
maka dapat disalurkan segala aspirasinya kepada pemakalah. Untuk siswa SMA
kelas X media ini sebagai alat peraga dalam mata pelajaran fungsi trigonometri.
Sehingga sampel dari pengembangan media ini adalah siswa kelas X.
9.
Evaluasi
Evaluasi
ini akan dilaksanakan setelah mendapatkan kritik dan saran dari pengguna. Tahap
ini merupakan perbaikan dari semua permasalahan. Baik dalam model produk atau
model permainan.
B.
Indikator yang Ditempuh
Dari
setiap tahap-tahap metode pengembangan media berupa alat peraga CATRIDA dapat disimpulkan
indikator yang telah ditempuh antara lain:
NO
|
Tahap Pengembangan
|
Indikator yang ditempuh
|
1.
|
Berdasarkan
masalah
|
Memperoleh
penyelesaian masalah untuk mengingat secara kuat dari nilai fungsi
trigonometri.
|
2.
|
Desain Produk
|
Membuat alat permainan
yang sudah familiar pada siswa kelas X.
|
3.
|
Revisi Desain
|
Memposisikan besar
sudut istimewa secara acak dan bisa dilihat oleh dua pemain.
|
4.
|
Uji Coba Produk
|
Mendapatkan hasil
kejenuhan pada warna hitam putih yang ada pada papan catur.
|
5.
|
Revisi Produk
|
Memberikan keleluasan
untuk memberikan warna sesuai kebutuhan pengguna
|
6.
|
Uji Coba Pemakaian
|
Mendapatkan respon
dari pengguna bahwa alat catur juga menambah wawasan proses bernalar siswa.
|
7.
|
Revisi Pemakaian
|
Menambah timer untuk
memberikan waktu dalam proses berfikir sehingga secara terpaksa akan berfikir
cepat.
|
8.
|
Implementasi
|
Akan dilaksanakan di
kemudian hari kepada siswa SMA kelas X.
|
9.
|
Evaluasi
|
Setelah memperoleh
respon dari pengguna. Baik respon positif atau negatif.
|
C.
Teknik Pengembangan
Adapun
beberapa teknik pengembangan media CATRIDA yang telah dilaksanakan antara lain:
1. Menganalisis kebutuhan
Semua
kebutuhan yang akan diterapkan pada pembelajaran trigonometri melalui media
CATRIDA dianalisis secara seksama. Baik manfaat secara teori dan praktis.
Sehingga diperoleh sebuah alat papan catur yang berfungsi mengendalikan
pembelajaran tidak menoton dengan permainan yang didalamnya berkaitan dengan
trigonometri.
2. Merumuskan tujuan
Dari segala
kebutuhan yang telah dianalisis maka dirancanglah sebuah rumusan tujuan yang
diantaranya untuk membantu siswa memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi
trigonometri dan mengendalikan dari pembelajaran menoton ke pembelajaran
permainan.
3. Menulis naskah media
Perumusan dalam bentuk karya tulis merupakan bagian yang
tidak boleh ditinggalkan. Karena untuk mendapat pengakuan secara empiris dari
pengguna terhadap alat peraga yang telah kami kembangkan.
4. Mengadakan revisi
Revisi merupakan
teknik pengembangan yang terahir. Baik dari perumusan tujuan atau penulisan
makalah. Tahap ini merupakan tahap perbaikan untuk dipertanggungjawabkan secara
publik.
BAB IV
HASIL PENGEMBANGAN
A.
Bentuk Alat Peraga
Inilah
bentuk alat peraga yang akan diterapkan pada siswa kelas X SMA dengan model
sebagaimana berikut:
B.
Deskripsi
Alat peraga CATRIDA merupakan alat bantu
dalam memperoleh ingatan kuat tentang nilai-nilai fungsi sudut trigonometri.
Media ini dapat digunakan oleh siswa kelas X SMA ataupun siswa yang sedang
belajar trigonometri. Secara mudah peserta didik dan pengajar dapat sesuka hati
memposisikan besaran sudut yang diinginkan sebelum permainan dimulai. Tidak
harus seperti yang penulis tampilkan pada gambar. Misalnya dari segi warna
pengguna dapat merubah dua warna berbeda sesuai warna yang disukai.
C.
Karakteristik
Karakteristik media CATRIDA ini antara
lain:
1. Papan yang digunakan berbentuk segi
empat.
2. Kotak yang tergambar terdiri dari 64
kotak dengan ukuran sama.
3. Terdiri dari dua macam warna.
4. Posisi warna secara selang-seling.
5. Disetiap kotak terdapat besaran sudut istimewa
fungsi trigonometri yang bisa diliat oleh dua posisi pemain.
D.
Alat dan Bahan
1. Alat
Alat dalam penggunaan
media ini sangat mudah dibeli ditoko kesnian atau toko olaharaga dan penambahan
yang diperlukan bisa ditambahkan dari setiap siswa. Apalagi akan dibuat secara
kreatif dan bersama-sama dalam bentuk kelompok maka alat peraga “Papan Catur
Trigonometri” diperlukan alat sebagai berikut:
a. Penggaris
b. Palu
c. Geraji
d. Boarmarker permanent hitam
e. Kuas kecil
f. Gunting
g. Dadu trigonometri
h. Timer
2. Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat
alat peraga “Papan Catur Trigonometri” adalah sebagai berikut:
a.
Papan
melamin ukuran 60 cm x 80 cm
b.
Triplek
ukuran 60 cm x 80 cm
c.
Paku
kecil ukuran 3 cm ½ kg
d.
Cat
warna hitam
e.
Cat
warna biru
f.
Lem
kayu
g.
Lem
altico
h.
Kertas
foto 3 lembar
i.
Kertas
bufalo warna putih 3 lembar
j.
Dadu
trigonometri sisi kanan sin, kiri cos, bawah tan, atas cot, depan cosec, dan
belakang sec (masalah posisi tidak ada masalah yang penting lengkap enam)
k. Timer (stopwach atau bisa digunakan pada
HP)
E.
Langkah-langkah Pembuatan
Dalam membuat media
CATRIDA dibutuhkan langkah-langkat sebagai berikut:
1. Membuat garis kotak-kotak pada papan
melamin sebanyak 64 kotak dengan ukuran 7 cm x 7 cm
2. Mengecat papan melamin yang sudah
bergaris dengan cat warna hitam, sehingga membentuk pola seperti gambar catur
pada umumnya.
3. Membuat kotak kecil disetiap kotak yang
ada untuk memposisikan nilai dari besar sudur istimewa seperti yang terlihat
pada gambar.
4. Membuat dadu layaknya bangun kubus dari
bahan apa saja yang penting flexibel.
F.
Langkah-langkah Penggunaan
Adapun langkah-langkah
dalam menggunakan media CATRIDA ini dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Permainan dilakukan oleh dua orang.
2. Tiap fighter boleh melangkah ke kotak
lain sesuai aturan catur pada umumnya.
3. Pemain boleh melangkah apabila timer
sudah dimulai dan menjawab dengan benar nilai dari besar sudut pada kotak yang
akan dilangkahi dengan nilai yang ada pada dadu.
4. Aturan menyekak raja sesuai dengan aturan
catur pada umumnya.
5. Timer disesuaikan kebutuhan (antara 20
detik sampai dengan 25 detik)
G.
Saran
Dalam menggunakan alat
ini yang perlu diperhatikan adalah:
1. Ketepatan siswa dalam menjawab nilai
dari besar sudut.
2. Kecepatan berfikir dalam mempergunakan
waktu yang diberikan.
3. Ketelitian siswa dalam mencari langkah
pada jawaban yang mudah.
4. Ketelitian siswa dalam mengatur strategi
permainan.
BAB V
DAFTAR PUSTAKA
Lial,
Margaret L, Miller, Charles D dan Hornsby. dkk. 1993. Trigonometry fifth edition. New York:HapperCollins College
Publishers
Nugroho,
Adhi.2013. Big bank soal-bahas Matematika
SMA/MA.Jakarta Selatan:Wahyu Media
Martono,
Koko. 1999. Kalkulus. Jakarta:Penerbit
Erlangga
Purcell,
Edwin J dan Dale Varberg. 1999. Kalkulus dan geometri analisis. Jilid 1
(terjemahan). Edisi Kelima. Jakarta:Penerbit Erlangga
LAMPIRAN
A.
DAFTAR RIWAYAT
1.
|
1
|
NamaLengkap
|
MISBAHUDDIN
|
2
|
JenisKelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720096
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Pamekasan, 6
oktober 1995
|
|
6
|
Email
|
Misbahuddinalmutaali@gmail.com
|
|
7
|
No. tlp/HP
|
081913746110
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MIN SANA
DAJA (2000-2006)
|
|
MTS. MANSYA (2007-2010)
|
|||
MAN JCC (2011-2013)
|
|||
|
|||
2.
|
1
|
NamaLengkap
|
Muhammad Habibi F
|
2
|
JenisKelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720097
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Probolinggo,
6 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
Muhammadhabibifirdaus@gmail.com
|
|
7
|
No. tlp/HP
|
089648520017
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI KAHASRI (2000-2006)
|
|
SPMN 5 KOTA
PRO (2007-2010)
|
|||
SMAN 4 KOTA
PRO (2011-2013)
|
|||
|
|||
3.
|
1
|
NamaLengkap
|
Nana Maulidah Agustin
|
2
|
JenisKelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720098
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Jember, 23 Agustus 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085655883173
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI TARBIYATUL HUDA
|
|
SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
|
|||
MAN 2 JEMBER
|
|||
|
|||
4.
|
1
|
NamaLengkap
|
Hafshoha Risma Himmami
|
2
|
JenisKelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720080
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Malang, 24 Maret 1996
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
083848763328
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN KETAWANG
|
|
SMPN 01 GONDANGLEGI
|
|||
SMA AN-NUR BULULAWANG
|
|||
|
|||
5.
|
1
|
NamaLengkap
|
Isofa Zulfania Wilansyah
|
2
|
JenisKelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720076
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Malang, 23 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085731227607
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN TORONGREJO 03 BATU
|
|
SMP PGRI 01 BATU
|
|||
SMK ISLAM BATU
|
|||
|
|||
6.
|
1
|
NamaLengkap
|
Khafidoh
|
2
|
JenisKelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikanmatematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720084
|
|
5
|
TempatTanggallahir
|
Purbalingga, 10 november 1994
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
087701582890
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SD N 1 TUNJUNGMULI
|
|
MTs. HASYIM ASYARI
|
|||
SMA N 1 KARANGREJA
|
B.
Alamat Website atau Blog
Inilah alamat blog kami : http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/
Posting Komentar