MAKALAH
Oleh :
1. Isofa
Zulfania Wilansah (2130720076)
2. Hafsoha
Risma Himma (2130720080)
3. Khafidoh
(2130720084)
4. Misbahuddin
(2130720096)
5. Muhammad
Habibi Firdaus (2130720097)
6. Nana
Maulidah Agustin (2130720098)
Program Studi
Pendidikan Matematika
Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas
Islam Malang
2015
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama
Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Puji dan syukur penulis panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-NYA penulis dapat
menyelesaikan tugas makalah ilmiah Media Pembelajaran Matematika yang membahas
“Pengembangan media pembelajaran CATRIDA dalam pembelajaran trigonometri kelas
X SMA ”.
Selama penyusunan
makalah ini, penulis telah memperoleh bantuan, bimbingan, petunjuk serta
saran-saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
mengahaturkan rasa syukur dan terima kasih kepada:
1. Allah SWT dan Nabi
Besar Muhammad SAW yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk
menyelesaikan makalah ini dengan keadaan sehat.
2. Orang tua penulis
yang telah memberi do’a dan dukungan baik moril maupun materil yang tak
terhingga kepada penulis sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan
sebaik-baiknya.
3. Bapak Abd Halim
Fathani M.Pd, selaku guru pembimbing matakuliah Media Pembelajaran Matematika
yang telah banyak memberikan bantuan dan arahan kepada penulis dalam proses
belajar mengajar hingga tersusunnya makalah ini.
Penulis sangat
menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis
sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai bahan
masukan dan bahan pertimbangan bagi kami dalam menyelesaikan tugas-tugas
berikutnya.
Malang,
23 Januari 2015
Kelompok
II
DAFTAR ISI
HALAMAN SAMPUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii
RINGKASAN ........................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang.................................................................................................... 1
B.
Urgensi................................................................................................................ 2
C.
Luaran ................................................................................................................ 2
D.
Rumusan Masalah .............................................................................................. 2
E.
Tujuan ................................................................................................................. 2
F.
Manfaat .............................................................................................................. 2
BAB II LANDASAN TEORI
A.
Pembahasan Teori
............................................................................................... 4
1.
Pengertian
Pengembangan Media....................................................................... 4
2.
Pengertian
CATRIDA ....................................................................................... 4
3.
Pengertian
Trigonometri ..................................................................................... 6
4.
Nilai
perbandingan trigonometri dari sudut ....................................................... 6
5.
Nilai
trigonometri untuk sudut-sudut istimewa.................................................. 7
6.
Perbandingan
trigonometri suatu sudut di berbagai kuadran.............................. 7
B.
Hubungan dengan
Pembelajaran Matematika .................................................... 9
BAB III METODE PENGEMBANGAN
A.
Tahap-tahap
Pengembangan ............................................................................. 10
1.
Berdasarkan
masalah ........................................................................................ 10
2.
Desain produk .................................................................................................. 10
3.
Revisi desain .................................................................................................... 10
4.
Uji coba produk ................................................................................................ 10
5.
Revisi produk ................................................................................................... 11
6.
Uji coba
pemakaian .......................................................................................... 11
7.
Revisi pemakaian
.............................................................................................. 11
8.
Implementasi .................................................................................................... 11
9.
Evaluasi ............................................................................................................ 11
B.
Indikator
pencapaian ........................................................................................ 12
C.
Teknik
Pengembangan ..................................................................................... 13
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN
A.
Bentuk Alat
Peraga .......................................................................................... 14
B.
Deskripsi ........................................................................................................... 14
C.
Karakteristik ..................................................................................................... 15
D.
Alat dan Bahan ................................................................................................ 15
E.
Langkah-langkah
Pembuatan ........................................................................... 16
F.
Langkah-langkah
Penggunaan ......................................................................... 16
G.
Saran ................................................................................................................. 17
BAB V PENUTUP
A.
Kesimpulan........................................................................................................ 18
B.
Saran ................................................................................................................. 18
DAFTAR RUJUKAN .......................................................................................... 19
LAMPIRAN ......................................................................................................... 20
RINGKASAN
Misbahuddin, dkk. 2015. Pengembangan media
pembelajaran catrida dalam pembelajaran trigonometri kelas x. Malang: Universitas
Islam Malang.
Trigonometri
merupakan bagian dari matematika yang dipelajari oleh siswa SMA dan mahasiswa
jurusan eksakta atau terlebih jurusan matematika. Sebagai penarik minat dan
bakat dan untuk memberikan respon pada ingatan pada nilai fungsi trigonometri
maka kami susun media pembelajaran dengan judul CATUR TRIGONOMETRI DAN DADU (CATRIDA)
melalui permainan catur pada umumnya. Berbagai aturan tambahan untuk lebih
menarik minat dan bakat tidak dipermasalahkan yang terpenting tiga alat utama
yaitu papan catur, dadu, timer bisa dipastikan ada. Permainan ini diharapkan
dapat membuat siswa lebih mudah mengingat nilai dari sudut-sudut istimewa dari
fungsi trigonometri. Sehingga nantinya dalam pembelajaran materi yang lain yang
juga berkaitan dengan trigonometri tidak ada kesulitan lagi baik fisika, kimia,
ataupun materi yang lain. Lebih-lebih jika ingin mengambil jurusan matematika
di perguruan tinggi.
Metode
yang dilaksanakan mulai dari adanya penyelesaian masalah, desain produk, revisi
desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, implementasi,
sampai evaluasi. Dari serangkaian metode pengembangan kami telah mendapatkan
hasil suatu alat peraga berupa papan catur yang di dalamnya terdapat angka-anga
sudut istimewa fungsi trigonometri. Melalui alat peraga ini siswa akan
mengaktifkan ingatan tentang nilai dari fungsi trigonometri. Aturan permainan
bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Alat
dan bahan yang digunakan bisa dibuat seperti papan catur pada umumnya. Akan
tetapi ditambah angka-angka sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Alat dan
bahan ini bisa dibuat secara kreatif melalui kerajinan tangan siswa atau bisa
dibeli diberbagai toko kesenian dan olahraga. Warna yang ada pada papan catur
bisa dibuat sesuai kesukaan. Alat dan bahan yang lain yang juga dibutuhkan
adalah timer dan dadu trigonometri.
Kata kunci : Trigonometry,
papan catur, Matematika dan Media pembelajaran.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Belajar matematika merupakan
kegiatan yang dianggap sulit menurut banyak orang. Pendidikan formal di
Indonesia mulai SD sampai SMA pasti ada yang namanya mata pelajaran matematika.
Hal ini disebabkan karena matematika merupakan ilmu tentang interaksi manusia
dengan manusia, manusia dengan hewan, dan manusia dengan tumbuhan. Persepsi
bahwa matematika adalah ilmu hitung, ilmu ukur, dan selalu berkaitan dengan
angka tidak selamanya bisa diterima kebenarannya. Realitas dilapangan tidak
relevan dengan mindset yang ada pada pola pikir manusia. Jika memang hal itu
benar, bukan suatu kemutlakan yang mewakili dari luasnya ilmu matematika.
Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa
matematika itu merupakan hal yang menakutkan, bahkan banyak siswa yang
menganggapnya sebagai momok dalam belajar. Menurut Ratini dkk (dalam Bimaza,
2012) dalam penelitiannya mengatakan bahkan, kesulitan belajar matematika
umumnya di sebabkan karena sifat dari matematika yang memiliki obyek abstrak
yang boleh dikata ”berseberangan” dengan perkembangan anak. Maka dari itu
diperlukan adanya media pembelajaran yang menyenangkan.
Belajar dari pengalaman
melewati pendidikan formal yang selalu berkesinambungan penulis mempunyai
gagasan penting untuk bisa mengembangkan pola pikir yang baik pada matematika. menurut Sriyanto (dalam Bambang, 2008) bahwa
belajar matematika harus dimulai secara bertingkat. Sebagai permulaan tentu ada
di bangku SD selanjutnya SMP kemudian SMA. Tanpa mengetahui konsep-konsep yang
ada di SD maka akan kesulitan menempuh di bangku SMP. Begitupun di SMA harus
memahami terlebih dahulu konsep atau teori yang ada di SMP. Sehingga secara
hirarki harus dilalui secara bertahap.
Beberapa ahli Matematika seperti Ruseffendi (dalam
Bambang, 2008) mensinyalir, “kelemahan matematika pada siswa Indonesia karena
pembelajaran matematika di sekolah ditakuti bahkan dibenci siswa“. Padahal jika
matematika dipelajari dengan sungguh-sungguh dan tidak ada rasa benci yang
membuat mindset kita hanya ada rasa pesimis dalam mempelajari matematika maka
kita akan mampu dan senang dengan pelajaran matematika. Dalam pengembangan
media yang akan penulis terapkan pada materi trigonometri merupakan mata
pelajaran matematika di bangku SMA. Pengalaman yang penulis alami saat ini
ketika dibangku kuliah pada jurusan matematika menjadi ide utama untuk
mengembangkan media ini. Karena ingatan lemah pada nilai-nilai sudut
trigonometri disebabkan kurang latihan pada waktu SMA. Ingatan merupakan faktor
terpenting untuk kemudian bisa berfikir dan bernalar dari suatu masalah. Tanpa
kita ingat teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya maka mustahil dapat
memecahkan masalah yang dihadapinya sekarang. Agar pengalaman penulis tidak
terjadi pada adik-adik yang ingin mengambil jurusan matematika di perguruan
tinggi. Maka mencoba untuk mengembangkan media CATUR DAN DADU TRIGONOMETRI (CATRIDA)
sebagai alat peraga dalam materi trigonometri dengan tujuan melaui kebiasaan
yang dilakukan secara terus menerus maka akan terbentuk ingatan kuat tentang
nilai dari sudut-sudut trigonometri dan bisa diingat dalam jangka panjang.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun beberapa uraian
yang dapat diangkat dari permasalahan topik makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana
proses pengembangan media CATRIDA atau alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”?
C.
Tujuan
Tujuan dari pembuatan
alat peraga catur trigonometri antara lain:
1. Mendiskripsikan
proses pengembangan media CATRIDA atau alat peraga “Catur dan Dadu
Trigonometri”.
D.
Urgensi
Belajar
matematika melalui permainan yang di dalamnya terdapat alat peraga sebagai
pembantu proses pembelajaran dapat lebih memperoleh ingatan yang kuat
dibandingkan penghafalan.
E.
Luaran
Luaran dari karya tulis
ilmiah ini adalah makalah pengembangan media catur dan dadu trigonometri
(catrida) dalam bentuk makalah dan pembuatan alat peraga. Selebihnya akan
diunggah dalam blog penulis agar bermanfaat untuk semua pengguna.
F.
Manfaat
Manfaat yang diharapkan
dari pengembangan media catur trigonometri ini adalah:
1. Secara
teoritis
Meningkatkan
ingatan tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri terutama sudut-sudut
istimewa.
2. Secara
praktis
a. Bagi
siswa
Meningkatkan siswa dalam
mempelajari trigonometri. Disisi lain menambah pengetahuan tambahan tentang
bermain catur.
b. Bagi
guru
Membantu dalam
mempelajari trigonometri dan menambah kreatifitas guru dalam memberikan metode
pembelajaran di kelas.
c. Bagi
sekolah
Membantu sekolah untuk
mengembangkan alat peraga baru untuk mata pelajaran matematika.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
A.
Pembahasan
Teori
1. Pengertian
Pengembangan media
Menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengembangan adalah proses, cara, perbuatan
mengembangkan (1989: 414). Dan lebih dijelaskan lagi dalam Kamus Umum Bahasa
Indonesia karya WJS Poerwadarminta, bahwa pengembangan adalah perbuatan
menjadikan bertambah, berubah sempurna (pikiran, pengetahuan dan sebagainya)
(2002: 473). Kegiatan pengembangan meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi yang diikuti dengan kegiatan penyempurnaan sehingga diperoleh
bentuk yang dianggap memadahi. Untuk melakukan kegiatan pengembangan media
pembelajaran diperlukan prosedur pengembangan. Prosedur pengembangan adalah
langkah-langkah prosedural yang harus ditempuh oleh pengembang agar sampai ke
produk yang dispesifikasikan. Prosedur pengembangan media meliputi beberapa
tahap, yaitu perencanaan atau penyusunan rancangan media, produksi media, dan
evaluasi media.
Kata media
berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti
”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media adalah
perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media
adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran.Media adalah alat yang dapat membantu proses belajar
mengajar dan berfungi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga
dapat mencapai tujuan pendidikan atau pemebelajaran dengan efektif dan efisien.
2.
Pengertian CATRIDA
CATRIDA merupakan seperangkat alat
dalam pembelajaran trigonometri yang di dalamnya terdapat papan catur, timer,
sudut-sudut istimewa trigonometri dan dadu. Adapun penggunaan dalam
pembelajaran tidak menoton pada satu permainan. Melainkan bisa digunakan dalam
bentuk permainan catur yang sebenarnya atau permainan Dam Inggris.
Sedangkan
pengertian catur adalah permainan yang dilangsungkan di atas
papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan
putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan
16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada
masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa
menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8
pion, diikuti di belakangnya dua benteng,
dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria),
dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup),
satu menteri atau ratu
atau ster, serta satu raja.
Permainan ini
merupakan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan
satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal).
Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat
dua warna yang membedakan bidak
atau biji catur, yaitu hitam
dan putih.
Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh
pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Begitu
pun pengertian Dam
Inggris, yang kadang-kadang juga disebut Dam Amerika, biasanya disebut dam saja
di Amerika
Serikat, adalah sejenis permainan
papan dam yang dimainkan di atas papan berukuran 8×8 kotak dengan 12
buah permainan di masing-masing pihak yang hanya diizinkan melangkah dan
menangkap sambil majuSeperti halnya dalam semua jenis permainan dam, dam
Inggris dimainkan oleh dua orang yang berhadap-hadapan dengan sebuah papan
permainan, dengan melangkah bergantian. Pemain yang satu memainkan buah
berwarna hitam, yang lainnya berwarna putih. Biasanya, papan permainan
dibagi-bagi dalam kotak-kotak yang berwarna hitam dan merah. Buah-buah
permainan melangkah diagonal dan buah-buah lawan ditangkap dengan
melangkahinya.
3. Pengertian
trigonometri
Trigonometri adalah
sebuah cabang matenatika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan fungsi
trigonometri seperti sinus, cosinus, dan tangent. Dimana trigonometri sendiri
berasal dari Yunani trigon = tiga
sudut, dan metro = mengukur. Dengan
demikian, trigonometri berarti menentukan ukuran-ukuran segitiga, yaitu
menentukan besar sudut, perbandingan sisi, dan panjang sisi.
Asal mula trigonometri
padaa zaman Mesir kuno dan Babilonia yang terkenal dengan peradaban di Lembah
Sungai Indus. Kurang lebih 3000 tahun yang lalu. Dimana ahli matematika India,
Laghada yang pertama kali menggunkan geometri dan trigonometri untuk
perhitungan astronomi dalam bukunya “Vedanga, Jyotisha” yang sayangnya,
sebagian besar karyanya hancur oleh para penjajah yang menjajah India. Namun
tampaknya tabel trigometri pertama kali disusun oleh Pipparchus, yang kini
dikenal dengan Bapak Trigonometri.
4.
Nilai
perbandingan trigonometri dari suatu sudut
Trigonometri terdiri
dari sinus(sin), cosinus(cos), tangen(tan), cotangen(cot), secan(sec),
cosecan(cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang dapat dinyatakan
pada koordinat Cartesius atau segitiga siku-siku.
5. Nilai
Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
Di dalam trigonometri
ada yang dikatagorikan sudut istimewa. Kelima sudut tersebut adalah sudut yang
besarnya 0°, 30°, 45°, 60°, 90°. Nilai trigonometri untuk sudut-sudut istimewa
ini disajikan pada tabel sebagai berikut:
6. Perbandingan
trigonometri suatu sudut di berbagai kuadaran
a. Sudut
pada kuadran
Sumbu-sumbu pada
koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut kuadran.
Sehingga besar sudut a dapat dikelompokkan menjadi empat daerah seperti yang
terlihat pada gambar berikut :
Adapun aturan
trigonometri pada kuadran I, II, III, IV yang perlu diketahui adalah berikut
ini. Nilai sinus, cosinus, dan tangent yang berbeda tanda ini disebabkan adanya
arah (nilai vektor) dari x dengan y, dengan aturan:
1. Pada
kuadran I semua bernilai positif.
2. Pada
kuadran II yang memiliki nilai positif adalah sinus.
3. Pada
kuadran III yang memiliki nilai positif adalah tangen.
4. Pada
kuadran IV yang memiliki nilai positif adalah cosinus.
b.
Sudut berelasi
Selama ini salah satu
yang menjadi kesulitan kedua dalam menghafal trigonometri selain menggunakan
kuadran yang ada banyaknya rumus yang harus diingat dalam trigonometri, adapun
rumus-rumus tersebut adalah:
1. Sudut
kuadran 1 (0°≤
°)
Sin (90°-
) = cos
Cos (90°-
) = sin
Tan (90°-
) = cot
2. Sudut
kuadran II (90°
°)
Sin (180°-
) = sin
Cos (180°-
) = -cos
Tan (180°-
) = -tan
3. Sudut
di kuadran III (180°
°)
Sin (180°+
) = -sin
Cos (180°+
) = -cos
Tan (180°+
) = tan
4. Sudut
di kuadran IV (270°
°)
Sin (360°+
) = -sin
Cos (360°+
) = cos
Tan (360°+
) = -tan
Pembahasan diatas
memberikan gagasan kepada kelompok kami untuk membuat suatu alat peraga dalam
menentukan nilai dari sin, cos, tan, sec, cot, dan csc dengan berdasar pada
konsep sudut istimewa pada kuadran dan rumus-rumus trigonometri yang dikemas
menjadi sebuah permainan catur yang menarik sehingga siswa diharapkan dapat
mendalami trigonometri yang menyenangkan.
B.
Hubungan
penggunaan media dalam pembelajaran trigonometri
Alat peraga ini
digunakan pada materi trigonometri kelas X SMA. Dengan demikian siswa diharapkan
mampu memiliki keterampilan teknis baku dalam menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan trigonometri. Penggunaan secara terus menerus akan membantu
untuk mengingat secara jangka panjang nilai dari fungsi sudut trigonometri. Di
samping itu, para siswa akan mendapatkan pengetahuan baru dari
permainan-permainan yang bervariasi.
Alat peraga juga
sebagai solusi media pemecahan masalah dalam pembelajaran. Seperti halnya, sulitnya
seorang guru untuk menyampaikan pesan atau materi kepada siswa. Bagi siswa,
media sangat membantu proses belajar karena siswa tidak tergantung pada guru.
Siswa bisa belajar kapan pun dia ingin belajar. Dengan adanya media, maka guru
dapat menyampaikan pesan dengan mudah dan dapat diterima siswa dengan baik
sehingga tercapailah tujuan pembelajaran. Djoko Iswadji (dalam Nanang, 2011)
BAB
III
METODE
PENGEMBANGAN
A.
Tahap-tahap
Pengembangan
1.
Merumuskan
Masalah
Melalui
masalah yang sering muncul pada pembelajaran matematika tingkat lanjutan maka
penulis mengembangkan sebuah alat bantu berupa media CATRIDA untuk
mengatasinya. Alat peraga ini sabagai pembelajaran dasar dari materi fungsi
trigonometri yang akan menunjang ke pembelajaran selanjutnya dalam memecahkan
masalah yang ada.
2.
Desain
Produk
Membuat produk
merupakan tahap yang dilaksanakan setelah memperoleh penyelesaian masalah dari
suatu media yang akan dikembangkan. Dalam prosesnya membutuhkan keterampilan
yang maksimal agar hasil yang diperoleh dapat menarik dan tidak membosankan.
Hasil desain dari media yang telah dikembangkan akan diuraikan pada bab
selanjutnya.
3.
Revisi
Desain
Dalam proses pembuatan
utamanya dalam mendesain tentu menemukan pembaharuan yang bisa lebih menarik
dari sebelumnya. Sehingga dibutuhkan suatu revisi. Dalam tahap ini hanya
menambahkan yang dianggap perlu dan membuang hal-hal yang dianggap tidak perlu
dengan tujuan lebih terarah pada tujuan media yang dikembangkan yaitu
memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri.
4.
Uji
Coba Produk
Langkah ini merupakan
tahap uji coba oleh pengembang media terlebih dahulu untuk memperoleh kepastian
dalam penyelesaian masalah. Kemudian uji coba selanjutnya pada siswa kelas X
SMA. Dari uji coba yang telah dilaksanakan dapat memberikan kepastian akan
manfaat dari media CATRIDA ini untuk menyelesaikan masalah yang ada pada nilai
fungsi trigonometri.
5.
Revisi
Produk
Dalam hal hasil dari
suatu pembuatan tentunya mendapatkan banyak masalah baik dalam hal keefesienan
dan kesesuaian dengan tujuan. Maka perlulah kami merivisi dari media yang telah
dibuat.
6.
Uji
Coba Pemakaian
Pada tahap ini
dilakukan uji coba pemakain dari pemakalah sendiri dan jugapun teman-teman
jurusan pendidikan matematika untuk memastikan baik atau belum baik untuk
diterapkan di sekolah. Respon yang kami peroleh adalah positif. Mereka
menganggap media CATRIDA mudah dimainkan dan tidak membosankan dan akan menjadi
ingatan kuat jika dilakukan berulang-ulang.
7.
Revisi
Pemakaian
Dari uji coba yang
telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya kami menemukan banyak kekurangan yang
perlu ditambah dalam media CATRIDA ini. Sehingga pada tahap ini menghasilkan
sebuah revisi papan catur. Hasil dari proses revisi kami memberikan keleluasan
secara sesuka hati kepada pengguna untuk mengubah warna sesuai kemauan pemain.
Dengan tujuan tidak ada kejenuhan dalam proses permainan.
8.
Produksi
Massal
Tahap yang terahir ini
merupakan penyelesaian dari proses pengembangan media CATRIDA. Media CATRIDA
dapat digunakan oleh semua pengguna yang sedang memperlajari trigonometri. Jika
pengguna memperoleh kritik dan saran dari alat peraga ini maka dapat disalurkan
segala aspirasinya kepada pemakalah. Untuk siswa SMA kelas X media ini sebagai
alat peraga dalam mata pelajaran fungsi trigonometri. Sehingga sampel dari
pengembangan media ini adalah siswa kelas X.
9.
Evaluasi
Evaluasi ini akan
dilaksanakan setelah mendapatkan kritik dan saran dari pengguna. Tahap ini
merupakan perbaikan dari semua permasalahan. Baik dalam model produk atau model
permainan.
B.
Indikator
yang Ditempuh
Dari setiap tahap-tahap
metode pengembangan media berupa alat peraga CATRIDA dapat disimpulkan
indikator yang telah ditempuh antara lain:
Tabel
Indikator yang Ditempuh
NO
|
Tahap Pengembangan
|
Indikator yang ditempuh
|
1.
|
Berdasarkan masalah
|
Memperoleh penyelesaian masalah untuk
mengingat secara kuat dari nilai fungsi trigonometri.
|
2.
|
Desain
Produk
|
Membuat alat permainan yang sudah
familiar pada siswa kelas X.
|
3.
|
Revisi
Desain
|
Memposisikan besar sudut istimewa
secara acak dan bisa dilihat oleh dua pemain.
|
4.
|
Uji
Coba Produk
|
Mendapatkan hasil kejenuhan pada warna
hitam putih yang ada pada papan catur.
|
5.
|
Revisi
Produk
|
Memberikan keleluasan untuk memberikan
warna sesuai kebutuhan pengguna
|
6.
|
Uji
Coba Pemakaian
|
Mendapatkan respon dari pengguna bahwa
alat catur juga menambah wawasan proses bernalar siswa.
|
7.
|
Revisi
Pemakaian
|
Menambah timer untuk memberikan waktu
dalam proses berfikir sehingga secara terpaksa akan berfikir cepat.
|
8.
|
Implementasi
|
Akan dilaksanakan di kemudian hari
kepada siswa SMA kelas X.
|
9.
|
Evaluasi
|
Setelah memperoleh respon dari
pengguna. Baik respon positif atau negatif.
|
C.
Teknik
Pengembangan
Adapun beberapa teknik
pengembangan media CATRIDA yang telah dilaksanakan antara lain:
1. Menganalisis kebutuhan
Semua
kebutuhan yang akan diterapkan pada pembelajaran trigonometri melalui media
CATRIDA dianalisis secara seksama. Baik manfaat secara teori dan praktis.
Sehingga diperoleh sebuah alat papan catur yang berfungsi mengendalikan
pembelajaran tidak menoton dengan permainan yang didalamnya berkaitan dengan
trigonometri.
2. Merumuskan tujuan
Dari segala kebutuhan
yang telah dianalisis maka dirancanglah sebuah rumusan tujuan yang diantaranya
untuk membantu siswa memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri dan
mengendalikan dari pembelajaran menoton ke pembelajaran permainan.
3. Menulis naskah media
Perumusan dalam bentuk karya tulis merupakan bagian yang
tidak boleh ditinggalkan. Karena untuk mendapat pengakuan secara empiris dari
pengguna terhadap alat peraga yang telah kami kembangkan.
4. Mengadakan revisi
Revisi merupakan teknik
pengembangan yang terahir. Baik dari perumusan tujuan atau penulisan makalah.
Tahap ini merupakan tahap perbaikan untuk dipertanggungjawabkan secara publik.
BAB
IV
HASIL
PENGEMBANGAN
A.
Bentuk
Alat Peraga
Inilah
bentuk alat peraga yang akan diterapkan pada siswa kelas X SMA dengan model sebagaimana
berikut:
Gambar
Papan Catur Trigonometry
B.
Deskripsi
Alat
peraga CATRIDA merupakan alat bantu dalam memperoleh ingatan kuat tentang
nilai-nilai fungsi sudut trigonometri. Media ini dapat digunakan oleh siswa
kelas X SMA ataupun siswa yang sedang belajar trigonometri. Secara mudah
peserta didik dan pengajar dapat sesuka hati memposisikan besaran sudut yang
diinginkan sebelum permainan dimulai. Tidak harus seperti yang penulis
tampilkan pada gambar. Misalnya dari segi warna pengguna dapat merubah dua
warna berbeda sesuai warna yang disukai.
C.
Karakteristik
Karakteristik media CATRIDA ini antara
lain:
1. Papan
yang digunakan berbentuk segi empat.
2. Kotak
yang tergambar terdiri dari 64 kotak dengan ukuran sama.
3. Terdiri
dari dua macam warna.
4. Posisi
warna secara selang-seling.
5. Disetiap
kotak terdapat besaran sudut istimewa fungsi trigonometri yang bisa diliat oleh
dua posisi pemain.
D.
Alat
dan Bahan
1. Alat
Alat dalam penggunaan
media ini sangat mudah dibeli ditoko kesenian atau toko olahraga dan penambahan
yang diperlukan bisa ditambahkan dari setiap siswa. Apalagi akan dibuat secara
kreatif dan bersama-sama dalam bentuk kelompok maka alat yang diperlukan dalam
pembuatan alat peraga “Papan Catur Trigonometri” sebagai berikut:
a. Penggaris
b. Palu
c. Geraji
d. Boarmarker
permanent hitam
e. Kuas
kecil
f. Gunting
g. Dadu
trigonometri
h. Timer
2. Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat
alat peraga “Papan Catur Trigonometri” adalah sebagai berikut:
a.
Papan melamin ukuran 60
cm x 80 cm
b.
Triplek ukuran 60 cm x
80 cm
c.
Paku kecil ukuran 3 cm
½ kg
d.
Cat warna hitam
e.
Cat warna putih
f.
Lem kayu
g.
Lem altico
h.
Kertas foto 3 lembar
i.
Kertas bufalo warna
putih 3 lembar
j.
Dadu trigonometri sisi
kanan sin, kiri cos, bawah tan, atas cot, depan cosec, dan belakang sec
(masalah posisi tidak ada masalah yang penting lengkap enam)
k. Timer
(stopwach atau bisa digunakan pada HP)
E.
Langkah-langkah
Pembuatan
Dalam membuat media CATRIDA dibutuhkan
langkah-langkat sebagai berikut:
1. Membuat
garis kotak-kotak pada papan melamin sebanyak 64 kotak dengan ukuran 8 x 8
(kotak)
2. Mengecat
papan melamin yang sudah bergaris dengan cat warna hitam, sehingga membentuk
pola seperti gambar catur pada umumnya.
3. Membuat
kotak kecil disetiap kotak yang ada untuk memposisikan nilai dari besar sudur
istimewa seperti yang terlihat pada gambar.
4. Membuat
dadu layaknya bangun kubus dari bahan apa saja yang penting flexibel.
F.
Langkah-langkah
Penggunaan
Adapun langkah-langkah dalam menggunakan
media CATRIDA ini dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Permainan
dilakukan oleh dua orang.
2. Tiap
fighter boleh melangkah ke kotak lain sesuai aturan catur pada umumnya.
3. Pemain
boleh melangkah apabila timer sudah dimulai dan menjawab dengan benar nilai
dari besar sudut pada kotak yang akan dilangkahi dengan nilai sudut yang ada
pada dadu.
4. Aturan
menyekak raja sesuai dengan aturan catur pada umumnya.
5. Timer
disesuaikan kebutuhan (antara 20 detik sampai dengan 25 detik)
G.
Saran
untuk Pengguna Alat Peraga
Dalam menggunakan alat
ini yang perlu diperhatikan Pengguna adalah:
1. Ketepatan
siswa dalam menjawab nilai dari besar sudut.
2. Kecepatan
berfikir dalam mempergunakan waktu yang diberikan.
3. Ketelitian
siswa dalam mencari langkah pada jawaban yang mudah.
4. Ketelitian
siswa dalam mengatur strategi permainan.
BAB
V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dikemukakan sesuai dari
paparan data dan kajian teori yang telah diuraikan dapat diuraikan dengan
singkat padat. Yakni pengembangan media CATRIDA dalam pembelajaran trigonometri
kelas X SMA merupakan upaya pembuatan alat peraga yang di dalamnya terdapat seperangkat
alat diantaranya: papan catur, timer, sudut-sudut istimewa trigonometri dan
dadu. Adapun penggunaan dalam pembelajaran tidak menoton pada satu permainan.
Melainkan bisa digunakan dalam bentuk permainan catur yang sebenarnya atau
permainan Dam Inggris.
Produk dari pengembangan media CATRIDA dapat digunakan oleh semua kalangan
utamanya siswa pemula dalam pembelajaran trigonometri. Karena alat peraga ini
sebagai alat bantu siswa dalam menyimpan ingatan menjadi ingatan jangka panjang.
Semua orang dapat membuatnya dengan mudah bila mengikuti prosedur pembuatan
yang telah dipaparkan. Begitu pun dapat menggunakan dengan sesuka hati sesuai
aturan-aturan main yang menarik.
B.
Saran
Berdasarkan kesimpulan
yang diperoleh dapat diuraikan beberapa saran sebagai berikut:
1.
Penggunaan media
CATRIDA untuk menarik minat dan bakat siswa. Permainan dalam alat peraga ini
jangan sampai membuat siswa trauma atau jenuh. Buatlah permainan semenarik
mungkin.
2.
Kecepatan dan
ketepatan berfikir dalam matematika dapat difungsikan dengan baik jika pengajar
atau pendidik dapat menggunakan media ini dengan penuh kreatif dan profesional.
3.
Pengguna dapat
menggunakan secara berulang-ulang untuk memastikan ingatan bisa lebih kuat.
DAFTAR
PUSTAKA
Anonim. 2011. Unit Media Alat Peraga Matematika, (online), (http://p4tkmatematika.org/2011/02/unit-media-alat-peraga-matematika/, Diakses 20 November 2014).
Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat
Pers.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava
Media.
Lial,
Margaret L, Miller, Charles D dan Hornsby. dkk. 1993. Trigonometry fifth edition. New York:HapperCollins College
Publishers
Nugroho,
Adhi.2013. Big bank soal-bahas Matematika
SMA/MA.Jakarta Selatan:Wahyu Media
Martono,
Koko. 1999. Kalkulus. Jakarta:Penerbit
Erlangga
Purcell,
Edwin J dan Dale Varberg. 1999. Kalkulus
dan geometri analisis. Jilid 1 (terjemahan). Edisi Kelima. Jakarta:Penerbit
Erlangga
Pusat
Bahasa.1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Jakarta: Pusat Bahasa.
Poerwadarminta,
WJS.2002.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Penerbit
Erlangga
Sumber gambar sudut dan kuadran Trigonometry:
LAMPIRAN
A.
DAFTAR
RIWAYAT
1.
|
1
|
Nama Lengkap
|
MISBAHUDDIN
|
2
|
Jenis Kelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720096
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Pamekasan, 6
oktober 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
081913746110
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MIN SANA DAJA (2000-2006)
|
|
MTS. MANSYA (2007-2010)
|
|||
MAN JCC (2011-2013)
|
|||
2.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Muhammad
Habibi F
|
2
|
Jenis Kelamin
|
L
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720097
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Probolinggo,
6 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
089648520017
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI KAHASRI (2000-2006)
|
|
SMPN 5 KOTA PRO (2007-2010)
|
|||
SMAN 4 KOTA PRO (2011-2013)
|
|||
3.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Nana Maulidah Agustin
|
2
|
Jenis Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720098
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Jember, 23 Agustus 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085655883173
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
MI TARBIYATUL HUDA
|
|
SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
|
|||
MAN 2 JEMBER
|
|||
4.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Hafshoha Risma Himmami
|
2
|
Jenis Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720080
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Malang, 24 Maret 1996
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
083848763328
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN KETAWANG
|
|
SMPN 01 GONDANGLEGI
|
|||
SMA AN-NUR BULULAWANG
|
|||
5.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Isofa Zulfania Wilansyah
|
2
|
Jenis Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720076
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Malang, 23 Juni 1995
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
085731227607
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SDN TORONGREJO 03 BATU
|
|
SMP PGRI 01 BATU
|
|||
SMK ISLAM BATU
|
|||
6.
|
1
|
Nama Lengkap
|
Khafidoh
|
2
|
Jenis Kelamin
|
P
|
|
3
|
Program
Studi
|
Pendidikan matematika
|
|
4
|
NIM
|
2130720084
|
|
5
|
Tempat Tanggal lahir
|
Purbalingga, 10 november 1994
|
|
6
|
Email
|
||
7
|
No. tlp/HP
|
087701582890
|
|
8
|
Riwayat Pendidikan
|
SD N 1 TUNJUNGMULI
|
|
MTs. HASYIM ASYARI
|
|||
SMA N 1 KARANGREJA
|
B.
Alamat
Website atau Blog
Inilah alamat web Makalah kami: http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/
C. FOTO-FOTO
Foto Alat Peraga CATRIDA (dari
depan)
Foto Alat Peraga CATRIDA (dari
atas)
+ komentar + 1 komentar
😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
.
Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
.
Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo ==>> https://bit.ly/39lCBC7 <<==
Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
.
"Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
.
Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
.
Kaos Dakwah Terbaru
Testimoni di Instagram: #gootickapparel
.
Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia
Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Mungkin Kau Sering Lupa Kebaikan Istrimu
Posting Komentar