PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CATRIDA DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI KELAS X

Kamis, 22 Januari 20151komentar




MAKALAH








Oleh :

1.       Isofa Zulfania Wilansah        (2130720076)
2.       Hafsoha Risma Himma         (2130720080)
3.       Khafidoh                               (2130720084)
4.       Misbahuddin                         (2130720096)
5.       Muhammad Habibi Firdaus (2130720097)
6.       Nana Maulidah Agustin        (2130720098)


Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Islam Malang
2015



KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang. Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan karunia-NYA penulis dapat menyelesaikan tugas makalah ilmiah Media Pembelajaran Matematika yang membahas “Pengembangan media pembelajaran CATRIDA dalam pembelajaran trigonometri kelas X SMA ”.
Selama penyusunan makalah ini, penulis telah memperoleh bantuan, bimbingan, petunjuk serta saran-saran dari berbagai pihak. Oleh karena itu pada kesempatan ini penulis mengahaturkan rasa syukur dan terima kasih kepada:
1.    Allah SWT dan Nabi Besar Muhammad SAW yang telah memberikan kesempatan bagi penulis untuk menyelesaikan makalah ini dengan keadaan sehat.
2.    Orang tua penulis yang telah memberi do’a dan dukungan baik moril maupun materil yang tak terhingga kepada penulis sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.
3.    Bapak Abd Halim Fathani M.Pd, selaku guru pembimbing matakuliah Media Pembelajaran Matematika yang telah banyak memberikan bantuan dan arahan kepada penulis dalam proses belajar mengajar hingga tersusunnya makalah ini.
Penulis sangat menyadari bahwa penulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis sangat mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun sebagai bahan masukan dan bahan pertimbangan bagi kami dalam menyelesaikan tugas-tugas berikutnya.

Malang, 23 Januari 2015


Kelompok II







DAFTAR ISI


HALAMAN SAMPUL ........................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ......................................................................................................... iii
RINGKASAN ........................................................................................................ v
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang.................................................................................................... 1
B.  Urgensi................................................................................................................ 2
C.  Luaran ................................................................................................................ 2
D.  Rumusan Masalah .............................................................................................. 2
E.   Tujuan ................................................................................................................. 2
F.   Manfaat .............................................................................................................. 2
BAB II LANDASAN TEORI
A.  Pembahasan Teori ............................................................................................... 4
1.    Pengertian Pengembangan Media....................................................................... 4
2.    Pengertian CATRIDA ....................................................................................... 4
3.    Pengertian Trigonometri ..................................................................................... 6
4.    Nilai perbandingan trigonometri dari sudut ....................................................... 6
5.    Nilai trigonometri untuk sudut-sudut istimewa.................................................. 7
6.    Perbandingan trigonometri suatu sudut di berbagai kuadran.............................. 7
B.  Hubungan dengan Pembelajaran Matematika .................................................... 9
BAB III METODE PENGEMBANGAN
A.  Tahap-tahap Pengembangan ............................................................................. 10
1.    Berdasarkan masalah ........................................................................................ 10
2.    Desain produk .................................................................................................. 10
3.    Revisi desain .................................................................................................... 10
4.    Uji coba produk ................................................................................................ 10
5.    Revisi produk ................................................................................................... 11
6.    Uji coba pemakaian .......................................................................................... 11
7.    Revisi pemakaian .............................................................................................. 11
8.    Implementasi .................................................................................................... 11
9.    Evaluasi ............................................................................................................ 11
B.  Indikator pencapaian ........................................................................................ 12
C.  Teknik Pengembangan ..................................................................................... 13
BAB IV HASIL PENGEMBANGAN
A.  Bentuk Alat Peraga .......................................................................................... 14
B.  Deskripsi ........................................................................................................... 14
C.  Karakteristik ..................................................................................................... 15
D.  Alat dan Bahan ................................................................................................ 15
E.   Langkah-langkah Pembuatan ........................................................................... 16
F.   Langkah-langkah Penggunaan ......................................................................... 16
G.  Saran ................................................................................................................. 17
BAB V PENUTUP
A.  Kesimpulan........................................................................................................ 18
B.  Saran ................................................................................................................. 18
DAFTAR RUJUKAN .......................................................................................... 19
LAMPIRAN ......................................................................................................... 20
     




















RINGKASAN
Misbahuddin, dkk. 2015. Pengembangan media pembelajaran catrida dalam pembelajaran trigonometri kelas x. Malang: Universitas Islam Malang.

Trigonometri merupakan bagian dari matematika yang dipelajari oleh siswa SMA dan mahasiswa jurusan eksakta atau terlebih jurusan matematika. Sebagai penarik minat dan bakat dan untuk memberikan respon pada ingatan pada nilai fungsi trigonometri maka kami susun media pembelajaran dengan judul CATUR TRIGONOMETRI DAN DADU (CATRIDA) melalui permainan catur pada umumnya. Berbagai aturan tambahan untuk lebih menarik minat dan bakat tidak dipermasalahkan yang terpenting tiga alat utama yaitu papan catur, dadu, timer bisa dipastikan ada. Permainan ini diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah mengingat nilai dari sudut-sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Sehingga nantinya dalam pembelajaran materi yang lain yang juga berkaitan dengan trigonometri tidak ada kesulitan lagi baik fisika, kimia, ataupun materi yang lain. Lebih-lebih jika ingin mengambil jurusan matematika di perguruan tinggi.
Metode yang dilaksanakan mulai dari adanya penyelesaian masalah, desain produk, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi pemakaian, implementasi, sampai evaluasi. Dari serangkaian metode pengembangan kami telah mendapatkan hasil suatu alat peraga berupa papan catur yang di dalamnya terdapat angka-anga sudut istimewa fungsi trigonometri. Melalui alat peraga ini siswa akan mengaktifkan ingatan tentang nilai dari fungsi trigonometri. Aturan permainan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Alat dan bahan yang digunakan bisa dibuat seperti papan catur pada umumnya. Akan tetapi ditambah angka-angka sudut istimewa dari fungsi trigonometri. Alat dan bahan ini bisa dibuat secara kreatif melalui kerajinan tangan siswa atau bisa dibeli diberbagai toko kesenian dan olahraga. Warna yang ada pada papan catur bisa dibuat sesuai kesukaan. Alat dan bahan yang lain yang juga dibutuhkan adalah timer dan dadu trigonometri.

Kata kunci : Trigonometry, papan catur, Matematika dan Media pembelajaran.








BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Belajar matematika merupakan kegiatan yang dianggap sulit menurut banyak orang. Pendidikan formal di Indonesia mulai SD sampai SMA pasti ada yang namanya mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena matematika merupakan ilmu tentang interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan hewan, dan manusia dengan tumbuhan. Persepsi bahwa matematika adalah ilmu hitung, ilmu ukur, dan selalu berkaitan dengan angka tidak selamanya bisa diterima kebenarannya. Realitas dilapangan tidak relevan dengan mindset yang ada pada pola pikir manusia. Jika memang hal itu benar, bukan suatu kemutlakan yang mewakili dari luasnya ilmu matematika.
Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa matematika itu merupakan hal yang menakutkan, bahkan banyak siswa yang menganggapnya sebagai momok dalam belajar. Menurut Ratini dkk (dalam Bimaza, 2012) dalam penelitiannya mengatakan bahkan, kesulitan belajar matematika umumnya di sebabkan karena sifat dari matematika yang memiliki obyek abstrak yang boleh dikata ”berseberangan” dengan perkembangan anak. Maka dari itu diperlukan adanya media pembelajaran yang menyenangkan.
Belajar dari pengalaman melewati pendidikan formal yang selalu berkesinambungan penulis mempunyai gagasan penting untuk bisa mengembangkan pola pikir yang baik pada matematika. menurut Sriyanto (dalam Bambang, 2008) bahwa belajar matematika harus dimulai secara bertingkat. Sebagai permulaan tentu ada di bangku SD selanjutnya SMP kemudian SMA. Tanpa mengetahui konsep-konsep yang ada di SD maka akan kesulitan menempuh di bangku SMP. Begitupun di SMA harus memahami terlebih dahulu konsep atau teori yang ada di SMP. Sehingga secara hirarki harus dilalui secara bertahap.
Beberapa ahli Matematika seperti Ruseffendi (dalam Bambang, 2008) mensinyalir, “kelemahan matematika pada siswa Indonesia karena pembelajaran matematika di sekolah ditakuti bahkan dibenci siswa“. Padahal jika matematika dipelajari dengan sungguh-sungguh dan tidak ada rasa benci yang membuat mindset kita hanya ada rasa pesimis dalam mempelajari matematika maka kita akan mampu dan senang dengan pelajaran matematika.  Dalam pengembangan media yang akan penulis terapkan pada materi trigonometri merupakan mata pelajaran matematika di bangku SMA. Pengalaman yang penulis alami saat ini ketika dibangku kuliah pada jurusan matematika menjadi ide utama untuk mengembangkan media ini. Karena ingatan lemah pada nilai-nilai sudut trigonometri disebabkan kurang latihan pada waktu SMA. Ingatan merupakan faktor terpenting untuk kemudian bisa berfikir dan bernalar dari suatu masalah. Tanpa kita ingat teori-teori yang telah dipelajari sebelumnya maka mustahil dapat memecahkan masalah yang dihadapinya sekarang. Agar pengalaman penulis tidak terjadi pada adik-adik yang ingin mengambil jurusan matematika di perguruan tinggi. Maka mencoba untuk mengembangkan media CATUR DAN DADU TRIGONOMETRI (CATRIDA) sebagai alat peraga dalam materi trigonometri dengan tujuan melaui kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus maka akan terbentuk ingatan kuat tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri dan bisa diingat dalam jangka panjang.
B.     Rumusan Masalah
Adapun beberapa uraian yang dapat diangkat dari permasalahan topik makalah ini adalah sebagai berikut:
1.    Bagaimana proses pengembangan media CATRIDA atau alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”?
C.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan alat peraga catur trigonometri antara lain:
1.    Mendiskripsikan proses pengembangan media CATRIDA atau alat peraga “Catur dan Dadu Trigonometri”.
D.    Urgensi
Belajar matematika melalui permainan yang di dalamnya terdapat alat peraga sebagai pembantu proses pembelajaran dapat lebih memperoleh ingatan yang kuat dibandingkan penghafalan.

E.     Luaran
Luaran dari karya tulis ilmiah ini adalah makalah pengembangan media catur dan dadu trigonometri (catrida) dalam bentuk makalah dan pembuatan alat peraga. Selebihnya akan diunggah dalam blog penulis agar bermanfaat untuk semua pengguna.
F.       Manfaat
Manfaat yang diharapkan dari pengembangan media catur trigonometri ini adalah:
1.    Secara teoritis
Meningkatkan ingatan tentang nilai dari sudut-sudut trigonometri terutama sudut-sudut istimewa.
2.    Secara praktis
a.    Bagi siswa
Meningkatkan siswa dalam mempelajari trigonometri. Disisi lain menambah pengetahuan tambahan tentang bermain catur.
b.    Bagi guru
Membantu dalam mempelajari trigonometri dan menambah kreatifitas guru dalam memberikan metode pembelajaran di kelas.
c.    Bagi sekolah
Membantu sekolah untuk mengembangkan alat peraga baru untuk mata pelajaran matematika.











BAB II
LANDASAN TEORI
A.      Pembahasan Teori
1.    Pengertian Pengembangan media
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengembangan adalah proses, cara, perbuatan mengembangkan (1989: 414). Dan lebih dijelaskan lagi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta, bahwa pengembangan adalah perbuatan menjadikan bertambah, berubah sempurna (pikiran, pengetahuan dan sebagainya) (2002: 473). Kegiatan pengembangan meliputi tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diikuti dengan kegiatan penyempurnaan sehingga diperoleh bentuk yang dianggap memadahi. Untuk melakukan kegiatan pengembangan media pembelajaran diperlukan prosedur pengembangan. Prosedur pengembangan adalah langkah-langkah prosedural yang harus ditempuh oleh pengembang agar sampai ke produk yang dispesifikasikan. Prosedur pengembangan media meliputi beberapa tahap, yaitu perencanaan atau penyusunan rancangan media, produksi media, dan evaluasi media.
Kata media berasal dari bahasa Latin medius yang secara harfiah berarti ”tengah”, ”perantara” atau ”pengantar”. Dalam bahasa arab, media adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan. Jadi, media adalah alat yang menyampaikan atau mengantarkan pesan-pesan pengajaran.Media adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar dan berfungi untuk memperjelas makna pesan yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan atau pemebelajaran dengan efektif dan efisien.
2.    Pengertian CATRIDA
CATRIDA merupakan seperangkat alat dalam pembelajaran trigonometri yang di dalamnya terdapat papan catur, timer, sudut-sudut istimewa trigonometri dan dadu. Adapun penggunaan dalam pembelajaran tidak menoton pada satu permainan. Melainkan bisa digunakan dalam bentuk permainan catur yang sebenarnya atau permainan Dam Inggris.
Sedangkan pengertian catur adalah permainan yang dilangsungkan di atas papan yang terdiri dari 8 lajur dan 8 baris kotak/petak berwarna hitam dan putih (atau terang dan gelap) secara berselang seling. Permainan dimulai dengan 16 buah pada masing-masing pihak, yang disusun berbaris secara khusus pada masing-masing sisi papan catur secara berhadap-hadapan. Satu buah hanya bisa menempati satu petak. Pada bagian terdepan masing-masing barisan - terdapat 8 pion, diikuti di belakangnya dua benteng, dua kuda (dalam bahasa Inggris disebut knight-ksatria), dua gajah (dalam bahasa Inggris disebut bishop-uskup), satu menteri atau ratu atau ster, serta satu raja.
Permainan ini merupakan pikiran yang dimainkan oleh dua orang. Pecatur adalah orang yang memainkan catur, baik dalam pertandingan satu lawan satu maupun satu melawan banyak orang (dalam keadaan informal). Sebelum bertanding, pecatur memilih biji catur yang akan ia mainkan. Terdapat dua warna yang membedakan bidak atau biji catur, yaitu hitam dan putih. Pemegang buah putih memulai langkah pertama, yang selanjutnya diikuti oleh pemegang buah hitam secara bergantian sampai permainan selesai.
Begitu pun pengertian Dam Inggris, yang kadang-kadang juga disebut Dam Amerika, biasanya disebut dam saja di Amerika Serikat, adalah sejenis permainan papan dam yang dimainkan di atas papan berukuran 8×8 kotak dengan 12 buah permainan di masing-masing pihak yang hanya diizinkan melangkah dan menangkap sambil majuSeperti halnya dalam semua jenis permainan dam, dam Inggris dimainkan oleh dua orang yang berhadap-hadapan dengan sebuah papan permainan, dengan melangkah bergantian. Pemain yang satu memainkan buah berwarna hitam, yang lainnya berwarna putih. Biasanya, papan permainan dibagi-bagi dalam kotak-kotak yang berwarna hitam dan merah. Buah-buah permainan melangkah diagonal dan buah-buah lawan ditangkap dengan melangkahinya.


3.    Pengertian trigonometri
Trigonometri adalah sebuah cabang matenatika yang berhadapan dengan sudut segitiga dan fungsi trigonometri seperti sinus, cosinus, dan tangent. Dimana trigonometri sendiri berasal dari Yunani trigon = tiga sudut, dan metro = mengukur. Dengan demikian, trigonometri berarti menentukan ukuran-ukuran segitiga, yaitu menentukan besar sudut, perbandingan sisi, dan panjang sisi.
Asal mula trigonometri padaa zaman Mesir kuno dan Babilonia yang terkenal dengan peradaban di Lembah Sungai Indus. Kurang lebih 3000 tahun yang lalu. Dimana ahli matematika India, Laghada yang pertama kali menggunkan geometri dan trigonometri untuk perhitungan astronomi dalam bukunya “Vedanga, Jyotisha” yang sayangnya, sebagian besar karyanya hancur oleh para penjajah yang menjajah India. Namun tampaknya tabel trigometri pertama kali disusun oleh Pipparchus, yang kini dikenal dengan Bapak Trigonometri.
4.    Nilai perbandingan trigonometri dari suatu sudut
Trigonometri terdiri dari sinus(sin), cosinus(cos), tangen(tan), cotangen(cot), secan(sec), cosecan(cosec). Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang dapat dinyatakan pada koordinat Cartesius atau segitiga siku-siku.
5.    Nilai Trigonometri untuk Sudut-sudut Istimewa
Di dalam trigonometri ada yang dikatagorikan sudut istimewa. Kelima sudut tersebut adalah sudut yang besarnya 0°, 30°, 45°, 60°, 90°. Nilai trigonometri untuk sudut-sudut istimewa ini disajikan pada tabel sebagai berikut:
6.    Perbandingan trigonometri suatu sudut di berbagai kuadaran
a.    Sudut pada kuadran
Sumbu-sumbu pada koordinat membagi bidang koordinat menjadi empat daerah yang disebut kuadran. Sehingga besar sudut a dapat dikelompokkan menjadi empat daerah seperti yang terlihat pada gambar berikut :
Adapun aturan trigonometri pada kuadran I, II, III, IV yang perlu diketahui adalah berikut ini. Nilai sinus, cosinus, dan tangent yang berbeda tanda ini disebabkan adanya arah (nilai vektor) dari x dengan y, dengan aturan:
1.    Pada kuadran I semua bernilai positif.
2.    Pada kuadran II yang memiliki nilai positif adalah sinus.
3.    Pada kuadran III yang memiliki nilai positif adalah tangen.
4.    Pada kuadran IV yang memiliki nilai positif adalah cosinus.
b.    Sudut berelasi
Selama ini salah satu yang menjadi kesulitan kedua dalam menghafal trigonometri selain menggunakan kuadran yang ada banyaknya rumus yang harus diingat dalam trigonometri, adapun rumus-rumus tersebut adalah:
1.    Sudut kuadran 1 (0°≤ °)
Sin (90°- ) = cos
Cos (90°- ) = sin
Tan (90°- ) = cot
2.    Sudut kuadran II (90° °)
Sin (180°- ) = sin
Cos (180°- ) = -cos
Tan (180°- ) = -tan
3.    Sudut di kuadran III (180° °)
Sin (180°+ ) = -sin
Cos (180°+ ) = -cos
Tan (180°+ ) = tan
4.    Sudut di kuadran IV (270° °)
Sin (360°+ ) = -sin
Cos (360°+ ) = cos
Tan (360°+ ) = -tan
Pembahasan diatas memberikan gagasan kepada kelompok kami untuk membuat suatu alat peraga dalam menentukan nilai dari sin, cos, tan, sec, cot, dan csc dengan berdasar pada konsep sudut istimewa pada kuadran dan rumus-rumus trigonometri yang dikemas menjadi sebuah permainan catur yang menarik sehingga siswa diharapkan dapat mendalami trigonometri yang menyenangkan.

B.       Hubungan penggunaan media dalam pembelajaran trigonometri
Alat peraga ini digunakan pada materi trigonometri kelas X SMA. Dengan demikian siswa diharapkan mampu memiliki keterampilan teknis baku dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan trigonometri. Penggunaan secara terus menerus akan membantu untuk mengingat secara jangka panjang nilai dari fungsi sudut trigonometri. Di samping itu, para siswa akan mendapatkan pengetahuan baru dari permainan-permainan yang bervariasi.
Alat peraga juga sebagai solusi media pemecahan masalah dalam pembelajaran. Seperti halnya, sulitnya seorang guru untuk menyampaikan pesan atau materi kepada siswa. Bagi siswa, media sangat membantu proses belajar karena siswa tidak tergantung pada guru. Siswa bisa belajar kapan pun dia ingin belajar. Dengan adanya media, maka guru dapat menyampaikan pesan dengan mudah dan dapat diterima siswa dengan baik sehingga tercapailah tujuan pembelajaran. Djoko Iswadji (dalam Nanang, 2011)

BAB III
METODE PENGEMBANGAN
A.      Tahap-tahap Pengembangan
1.    Merumuskan Masalah
Melalui masalah yang sering muncul pada pembelajaran matematika tingkat lanjutan maka penulis mengembangkan sebuah alat bantu berupa media CATRIDA untuk mengatasinya. Alat peraga ini sabagai pembelajaran dasar dari materi fungsi trigonometri yang akan menunjang ke pembelajaran selanjutnya dalam memecahkan masalah yang ada.
2.    Desain Produk
Membuat produk merupakan tahap yang dilaksanakan setelah memperoleh penyelesaian masalah dari suatu media yang akan dikembangkan. Dalam prosesnya membutuhkan keterampilan yang maksimal agar hasil yang diperoleh dapat menarik dan tidak membosankan. Hasil desain dari media yang telah dikembangkan akan diuraikan pada bab selanjutnya.
3.    Revisi Desain
Dalam proses pembuatan utamanya dalam mendesain tentu menemukan pembaharuan yang bisa lebih menarik dari sebelumnya. Sehingga dibutuhkan suatu revisi. Dalam tahap ini hanya menambahkan yang dianggap perlu dan membuang hal-hal yang dianggap tidak perlu dengan tujuan lebih terarah pada tujuan media yang dikembangkan yaitu memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri.
4.    Uji Coba Produk
Langkah ini merupakan tahap uji coba oleh pengembang media terlebih dahulu untuk memperoleh kepastian dalam penyelesaian masalah. Kemudian uji coba selanjutnya pada siswa kelas X SMA. Dari uji coba yang telah dilaksanakan dapat memberikan kepastian akan manfaat dari media CATRIDA ini untuk menyelesaikan masalah yang ada pada nilai fungsi trigonometri.


5.    Revisi Produk
Dalam hal hasil dari suatu pembuatan tentunya mendapatkan banyak masalah baik dalam hal keefesienan dan kesesuaian dengan tujuan. Maka perlulah kami merivisi dari media yang telah dibuat.
6.    Uji Coba Pemakaian
Pada tahap ini dilakukan uji coba pemakain dari pemakalah sendiri dan jugapun teman-teman jurusan pendidikan matematika untuk memastikan baik atau belum baik untuk diterapkan di sekolah. Respon yang kami peroleh adalah positif. Mereka menganggap media CATRIDA mudah dimainkan dan tidak membosankan dan akan menjadi ingatan kuat jika dilakukan berulang-ulang.
7.    Revisi Pemakaian
Dari uji coba yang telah dilaksanakan pada tahap sebelumnya kami menemukan banyak kekurangan yang perlu ditambah dalam media CATRIDA ini. Sehingga pada tahap ini menghasilkan sebuah revisi papan catur. Hasil dari proses revisi kami memberikan keleluasan secara sesuka hati kepada pengguna untuk mengubah warna sesuai kemauan pemain. Dengan tujuan tidak ada kejenuhan dalam proses permainan.
8.    Produksi Massal
Tahap yang terahir ini merupakan penyelesaian dari proses pengembangan media CATRIDA. Media CATRIDA dapat digunakan oleh semua pengguna yang sedang memperlajari trigonometri. Jika pengguna memperoleh kritik dan saran dari alat peraga ini maka dapat disalurkan segala aspirasinya kepada pemakalah. Untuk siswa SMA kelas X media ini sebagai alat peraga dalam mata pelajaran fungsi trigonometri. Sehingga sampel dari pengembangan media ini adalah siswa kelas X.
9.    Evaluasi
Evaluasi ini akan dilaksanakan setelah mendapatkan kritik dan saran dari pengguna. Tahap ini merupakan perbaikan dari semua permasalahan. Baik dalam model produk atau model permainan.


B.       Indikator yang Ditempuh
Dari setiap tahap-tahap metode pengembangan media berupa alat peraga CATRIDA dapat disimpulkan indikator yang telah ditempuh antara lain:
Tabel Indikator yang Ditempuh
NO
Tahap Pengembangan
Indikator yang ditempuh
1.
Berdasarkan masalah
Memperoleh penyelesaian masalah untuk mengingat secara kuat dari nilai fungsi trigonometri.
2.
Desain Produk
Membuat alat permainan yang sudah familiar pada siswa kelas X.
3.
Revisi Desain
Memposisikan besar sudut istimewa secara acak dan bisa dilihat oleh dua pemain.
4.
Uji Coba Produk
Mendapatkan hasil kejenuhan pada warna hitam putih yang ada pada papan catur.
5.
Revisi Produk
Memberikan keleluasan untuk memberikan warna sesuai kebutuhan pengguna
6.
Uji Coba Pemakaian
Mendapatkan respon dari pengguna bahwa alat catur juga menambah wawasan proses bernalar siswa.
7.
Revisi Pemakaian
Menambah timer untuk memberikan waktu dalam proses berfikir sehingga secara terpaksa akan berfikir cepat.
8.
Implementasi
Akan dilaksanakan di kemudian hari kepada siswa SMA kelas X.
9.
Evaluasi
Setelah memperoleh respon dari pengguna. Baik respon positif atau negatif.
C.      Teknik Pengembangan
Adapun beberapa teknik pengembangan media CATRIDA yang telah dilaksanakan antara lain:
1.      Menganalisis kebutuhan
Semua kebutuhan yang akan diterapkan pada pembelajaran trigonometri melalui media CATRIDA dianalisis secara seksama. Baik manfaat secara teori dan praktis. Sehingga diperoleh sebuah alat papan catur yang berfungsi mengendalikan pembelajaran tidak menoton dengan permainan yang didalamnya berkaitan dengan trigonometri.
2.      Merumuskan tujuan
Dari segala kebutuhan yang telah dianalisis maka dirancanglah sebuah rumusan tujuan yang diantaranya untuk membantu siswa memperoleh ingatan kuat dari nilai fungsi trigonometri dan mengendalikan dari pembelajaran menoton ke pembelajaran permainan.
3.      Menulis naskah media
Perumusan dalam bentuk karya tulis merupakan bagian yang tidak boleh ditinggalkan. Karena untuk mendapat pengakuan secara empiris dari pengguna terhadap alat peraga yang telah kami kembangkan.
4.      Mengadakan revisi
Revisi merupakan teknik pengembangan yang terahir. Baik dari perumusan tujuan atau penulisan makalah. Tahap ini merupakan tahap perbaikan untuk dipertanggungjawabkan secara publik.










BAB IV
HASIL PENGEMBANGAN
A.    Bentuk Alat Peraga
Inilah bentuk alat peraga yang akan diterapkan pada siswa kelas X SMA dengan model sebagaimana berikut:

















Gambar Papan Catur Trigonometry
B.     Deskripsi
Alat peraga CATRIDA merupakan alat bantu dalam memperoleh ingatan kuat tentang nilai-nilai fungsi sudut trigonometri. Media ini dapat digunakan oleh siswa kelas X SMA ataupun siswa yang sedang belajar trigonometri. Secara mudah peserta didik dan pengajar dapat sesuka hati memposisikan besaran sudut yang diinginkan sebelum permainan dimulai. Tidak harus seperti yang penulis tampilkan pada gambar. Misalnya dari segi warna pengguna dapat merubah dua warna berbeda sesuai warna yang disukai.
C.      Karakteristik
Karakteristik media CATRIDA ini antara lain:
1.    Papan yang digunakan berbentuk segi empat.
2.    Kotak yang tergambar terdiri dari 64 kotak dengan ukuran sama.
3.    Terdiri dari dua macam warna.
4.    Posisi warna secara selang-seling.
5.    Disetiap kotak terdapat besaran sudut istimewa fungsi trigonometri yang bisa diliat oleh dua posisi pemain.
D.      Alat dan Bahan
1.      Alat
Alat dalam penggunaan media ini sangat mudah dibeli ditoko kesenian atau toko olahraga dan penambahan yang diperlukan bisa ditambahkan dari setiap siswa. Apalagi akan dibuat secara kreatif dan bersama-sama dalam bentuk kelompok maka alat yang diperlukan dalam pembuatan alat peraga “Papan Catur Trigonometri” sebagai berikut:
a.       Penggaris
b.      Palu
c.       Geraji
d.      Boarmarker permanent hitam
e.       Kuas kecil
f.       Gunting
g.      Dadu trigonometri
h.      Timer
2.      Bahan
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat alat peraga “Papan Catur Trigonometri” adalah sebagai berikut:
a.         Papan melamin ukuran 60 cm x 80 cm
b.        Triplek ukuran 60 cm x 80 cm
c.         Paku kecil ukuran 3 cm ½ kg
d.        Cat warna hitam
e.         Cat warna putih
f.         Lem kayu
g.        Lem altico
h.        Kertas foto 3 lembar
i.          Kertas bufalo warna putih 3 lembar
j.        Dadu trigonometri sisi kanan sin, kiri cos, bawah tan, atas cot, depan cosec, dan belakang sec (masalah posisi tidak ada masalah yang penting lengkap enam)
k.      Timer (stopwach atau bisa digunakan pada HP)
E.     Langkah-langkah Pembuatan
Dalam membuat media CATRIDA dibutuhkan langkah-langkat sebagai berikut:
1.    Membuat garis kotak-kotak pada papan melamin sebanyak 64 kotak dengan ukuran 8 x 8 (kotak)
2.    Mengecat papan melamin yang sudah bergaris dengan cat warna hitam, sehingga membentuk pola seperti gambar catur pada umumnya.
3.    Membuat kotak kecil disetiap kotak yang ada untuk memposisikan nilai dari besar sudur istimewa seperti yang terlihat pada gambar.
4.    Membuat dadu layaknya bangun kubus dari bahan apa saja yang penting flexibel.
F.     Langkah-langkah Penggunaan
Adapun langkah-langkah dalam menggunakan media CATRIDA ini dapat diuraikan sebagai berikut:
1.      Permainan dilakukan oleh dua orang.
2.      Tiap fighter boleh melangkah ke kotak lain sesuai aturan catur pada umumnya.
3.      Pemain boleh melangkah apabila timer sudah dimulai dan menjawab dengan benar nilai dari besar sudut pada kotak yang akan dilangkahi dengan nilai sudut yang ada pada dadu.
4.      Aturan menyekak raja sesuai dengan aturan catur pada umumnya.
5.      Timer disesuaikan kebutuhan (antara 20 detik sampai dengan 25 detik)


G.      Saran untuk Pengguna Alat Peraga
Dalam menggunakan alat ini yang perlu diperhatikan Pengguna adalah:
1.    Ketepatan siswa dalam menjawab nilai dari besar sudut.
2.    Kecepatan berfikir dalam mempergunakan waktu yang diberikan.
3.    Ketelitian siswa dalam mencari langkah pada jawaban yang mudah.
4.    Ketelitian siswa dalam mengatur strategi permainan.


























BAB V
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat dikemukakan sesuai dari paparan data dan kajian teori yang telah diuraikan dapat diuraikan dengan singkat padat. Yakni pengembangan media CATRIDA dalam pembelajaran trigonometri kelas X SMA merupakan upaya pembuatan alat peraga yang di dalamnya terdapat seperangkat alat diantaranya: papan catur, timer, sudut-sudut istimewa trigonometri dan dadu. Adapun penggunaan dalam pembelajaran tidak menoton pada satu permainan. Melainkan bisa digunakan dalam bentuk permainan catur yang sebenarnya atau permainan Dam Inggris.
Produk dari pengembangan media CATRIDA dapat digunakan oleh semua kalangan utamanya siswa pemula dalam pembelajaran trigonometri. Karena alat peraga ini sebagai alat bantu siswa dalam menyimpan ingatan menjadi ingatan jangka panjang.
Semua orang dapat membuatnya dengan mudah bila mengikuti prosedur pembuatan yang telah dipaparkan. Begitu pun dapat menggunakan dengan sesuka hati sesuai aturan-aturan main yang menarik.
B.       Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dapat diuraikan beberapa saran sebagai berikut:
1.         Penggunaan media CATRIDA untuk menarik minat dan bakat siswa. Permainan dalam alat peraga ini jangan sampai membuat siswa trauma atau jenuh. Buatlah permainan semenarik mungkin.
2.         Kecepatan dan ketepatan berfikir dalam matematika dapat difungsikan dengan baik jika pengajar atau pendidik dapat menggunakan media ini dengan penuh kreatif dan profesional.
3.         Pengguna dapat menggunakan secara berulang-ulang untuk memastikan ingatan bisa lebih kuat.



DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2011. Unit Media Alat Peraga Matematika, (online), (http://p4tkmatematika.org/2011/02/unit-media-alat-peraga-matematika/, Diakses 20 November 2014).
Asnawir. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta:Ciputat Pers.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Lial, Margaret L, Miller, Charles D dan Hornsby. dkk. 1993. Trigonometry fifth edition. New York:HapperCollins College Publishers
Nugroho, Adhi.2013. Big bank soal-bahas Matematika SMA/MA.Jakarta Selatan:Wahyu Media
Martono, Koko. 1999. Kalkulus. Jakarta:Penerbit Erlangga
Purcell, Edwin J dan Dale Varberg. 1999. Kalkulus dan geometri analisis. Jilid 1 (terjemahan). Edisi Kelima. Jakarta:Penerbit Erlangga
Pusat Bahasa.1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Poerwadarminta, WJS.2002.Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta:Penerbit Erlangga
Sumber gambar sudut dan kuadran Trigonometry:













LAMPIRAN
A.      DAFTAR RIWAYAT
1.
1
Nama Lengkap
MISBAHUDDIN
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720096
5
Tempat Tanggal lahir
Pamekasan, 6 oktober 1995
6
Email
7
No. tlp/HP
081913746110
8
Riwayat Pendidikan
MIN SANA DAJA (2000-2006)
MTS. MANSYA (2007-2010)
MAN JCC (2011-2013)

2.
1
Nama Lengkap
Muhammad Habibi F
2
Jenis Kelamin
L
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720097
5
Tempat Tanggal lahir
Probolinggo, 6 Juni 1995
6
Email
7
No. tlp/HP
089648520017
8
Riwayat Pendidikan
MI KAHASRI (2000-2006)
SMPN 5 KOTA PRO (2007-2010)
SMAN 4 KOTA PRO (2011-2013)

3.
1
Nama Lengkap
Nana Maulidah Agustin
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720098
5
Tempat Tanggal lahir
Jember, 23 Agustus 1995
6
Email
7
No. tlp/HP
085655883173
8
Riwayat Pendidikan
MI TARBIYATUL HUDA
SMP NEGERI 1 JENGGAWAH
MAN 2 JEMBER

4.
1
Nama Lengkap
Hafshoha Risma Himmami
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720080
5
Tempat Tanggal lahir
Malang, 24 Maret 1996
6
Email
7
No. tlp/HP
083848763328
8
Riwayat Pendidikan
SDN KETAWANG
SMPN 01 GONDANGLEGI
SMA AN-NUR BULULAWANG

5.
1
Nama Lengkap
Isofa Zulfania Wilansyah
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720076
5
Tempat Tanggal lahir
Malang, 23 Juni 1995
6
Email
7
No. tlp/HP
085731227607
8
Riwayat Pendidikan
SDN TORONGREJO 03 BATU
SMP PGRI 01 BATU
SMK ISLAM BATU

6.
1
Nama Lengkap
Khafidoh
2
Jenis Kelamin
P
3
Program Studi
Pendidikan matematika
4
NIM
2130720084
5
Tempat Tanggal lahir
Purbalingga, 10 november 1994
6
Email
7
No. tlp/HP
087701582890
8
Riwayat Pendidikan
SD N 1 TUNJUNGMULI
MTs. HASYIM ASYARI
SMA N 1 KARANGREJA

B.       Alamat Website atau Blog
Inilah alamat web Makalah kami: http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/















C.      FOTO-FOTO

Foto Alat Peraga CATRIDA (dari depan)

Foto Alat Peraga CATRIDA (dari atas)

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

29 Desember 2019 pukul 10.35

😎 Bergaya Sambil Mencari Pahala, Kenapa Tidak 😎
.
Dengan Kaos Dakwah dari Gootick Apparel yang akan membuat penampilan teman-teman pasti berbeda dari yang lain 😍😍😍
.
Dengan bahan Material dari Catton Bamboo yang memiliki kualitas tidak perlu di ragukan dan Sablon yang Rapih dan Kuat. Baca Terlebih dahulu kelebihan dari Cotton Bamboo ==>> https://bit.ly/39lCBC7 <<==

Tersedia 5 tulisan bermakna Islami dan pilihan warna yang pastinya cocok di pakai untuk kegiatan sehari-hari yang akan terlihat Elegan dan Simple, Rapih dan Pastinya Keren.
.
"Promo HEMAT" Harga Normal Rp.100 K dan dapatkan potongan diskon harga sebesar Rp. 30 K.
.
Untuk informasi pemesanan silahkan klik link dibawah ini, untuk di arahk
.
Kaos Dakwah Terbaru
Testimoni di Instagram: #gootickapparel
.
Tunggu apalagi Langsung Ambil Promonya selagi masih Tersedia


Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
Mungkin Kau Sering Lupa Kebaikan Istrimu

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger