Membangun Hubungan Baik dengan Sesama

Selasa, 08 Agustus 20170 komentar




Berteman, bersahabat dan bersosial merupakan elemen penting dalam menjalani kehidupan. Hubungan baik dengan teman dan sahabat akan menjadikan hidup lebih mudah. Dalam artian, kita akan nyaman karena tidak ada masalah apalagi konflik. Ini menjadi penting, karena hubungan baik sesama manusia merupakan jalan baik juga menuju Tuhan bagi orang beragama.

Hubungan baik dengan sesama akan mengantarkan kita pada jalan kemudahan dalam mencapai apa yang kita inginkan. Misalkan di zaman sekarang ini dalam dunia pekerjaan. Kita akan tahu, semakin banyak relasi maka semakin banyak pilihan.
Kesulitan akan lebih mudah. Adanya saling membantu dan menolong itulah yang kemudian menjadikan hidup ini semakin nyaman. Dengan catatan, bukan untuk saling memanfaatkan. Tapi lebih kepada rasa ikhlas dan tulus untuk niat membantu meringankan beban teman atau sahabat.

Tadi malam, saya dan teman-teman sempat mengobrolkan masalah pentingnya relasi dalam dunia pekerjaan. Kata salah satu teman saya berkata “untuk dunia kerja apapun di zaman sekarang itu harus punya relasi dulu dan punya hubugan baik, sehingga kita bisa dikenal dan direkrut dalam dunia kerja yang kita ingingkan”. Relasi inilah yang kemudian menjadi penting. Adanya tekad dan semangat tanpa didukung oleh adanya relasi maka sangat kecil peluang diterima di sebuah instansi tempat kerja yang akan kita lamar.

Tidak hanya dalam dunia pekerjaan. Kalau kita lihat kemudahan bagi peserta didik yang punya relasi dan kemudian ingin masuk instansi pendidikan baik di tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi yang dianggap unggul dan favorit, akan terlihat lebih mudah dan berhasil sesuai yang diinginkan. Akan tetapi pertanyaannya, apakah relasi dalam konteks ini bisa dianggap relasi yang baik. Tentu masing-masing kita punya penilaian sendiri.

Dua hal ini baik dalam konteks dunia pekerjaan, ataupun dunia instansi pendidikan bukan hal yang sama dalam manfaat membangun relasi. Kita tahu relasi antar manusia sangat variatif, ada karena kerabat dekat, sanak famili, teman, sahabat, atau bahkan baru kenal tapi sudah saling akrab. Kita akan menemui banyak jalan dalam membangun relasi. Misalkan hanya dengan berbuat baik kepada orang lain, akhirnya orang yang kita bantu tersebut jadi berbuat baik juga, bahkan lebih dari apa yang kita perbuat sebelumnya.

Hari ini, saya akan melamar untuk menjadi guru di SMP Ardjuna yang disebarkan beberapa minggu lalu. Sama sekali saya tidak mempunyai relasi dengan siapapun di lembaga tersebut. Dengan mengucapkan bismillah saya akan mengisi waktu saya yang sudah mulai luang. Sedikit ilmu yang saya dapatkan, setidaknya bisa diamalkan. Kalau tidak dengan menjadi guru, maka mustahil saya dapat mengamalkan ilmu yang saya peroleh. Baik selama menempun pendidikan formal, nonformal, dan informal. Wallahu a’lam bisshowab



Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger