Ide: Mudah Datang dan Mudah Pergi

Rabu, 02 Agustus 20170 komentar




Pagi ini saya kosong dari ide untuk menulis. Biasanya dari semalem sebelum tidur sudah ada persiapan untuk ditulis pada waktu pagi hari. Terkadang lebih dari dua sampai tiga ide. Dan ketika pagi hari telah tiba, mungkin hanya satu ide yang terekam dalam ingatan untuk ditulis. Jadi yang semula ide itu mudah datang perginya pun dengan cepat.

Datangnya ide tidak menentu. Di mana pun bisa datang. Tapi perginya ketika ada niat untuk ditulis. Itu pengalaman yang terjadi pada saya. Ketika dalam perjalanan, atau menghadiri sebuah acara, atau antri dalam sebuah pengadmistrasian maka saat itu ide-ide bermunculan untuk ditulis. Kesalahan saya selama ini, belum giat untuk mencatat ide-ide yang bermunculan ketika itu juga, sehingga ketika di pagi hari ide itu hilang lagi.

Menggali ide sebenarnya sangat bervariatif setiap orang. Ada yang hanya membaca fenomena yang terlihat dari mata. Ada yang melalui perenungan mendalam dari suatu kejadian. Atau melalui bacaan-bacaan teks yang ada dalam sebuah tulisan. Ketika seseorang mau berpikir maka ide dengan sendirinya akan datang. Dan ketika ide itu datang maka tinggal dikemas dengan sebuah tulisan untuk diambil hikmah dan manfaatnya.

Ada orang berkata, isi tulisan menggambarkan pola pikir penulisnya. Sejauh mana bacaan yang ia capai. Sejauh mana pengetahuan yang peroleh. Dan sejauh mana kedalaman ilmu yang dapatkan. Tapi bagi saya, selama isi tulisan itu nyaman dibaca, mengalir dalam pikiran berarti penulis berhasil membuat isi tulisan itu dipahami orang. Saya pun membeli buku lebih mengedepankan siapa penulisnya dulu.

Banyak penulis dari kalangan akademisi dengan gelar tinggi tapi tulisan yang ia terbitkan sulit untuk saya pahami. Bahkan untuk membaca lagi tidak tertarik sama sekali. Lain halnya dengan tulisan yang mengalir dalam pikiran, membaca satu kertas ingin membaca dua kertas. Membaca dua kertas ingin membaca tiga kertas dan seterusnya.

Saya suka membaca tulisan dari ide-ide sederhana yang mengandung banyak hikmah. Karena inilah sebenarny tulisan ilmiah. Bagi orang yang suka menulis dari ide sederhana itu, biasanya mempunyai pola pikir cemerlang. Bahasanya pun bahasa sehari-hari. Sangat mudah dicerna untuk dikonsumsi otak.

Untuk menulis ide yang bermunculan dimana-mana dan kapan saja. Maka alangkah baiknya, terutama bagi saya pribadi untuk merekam dan mencatat ide itu dalam sebuah catatan kecil. Sehingga ketika duduk di depan laptop tidak lagi bingung apalagi bengong seperti pagi ini. Selamat beraktifitas. Salam untuk kita semua. Wallahu ‘alam

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger