Gelisah Ketika Tidak Menulis

Senin, 17 Juli 20170 komentar




Perasaan tidak nyaman, tidak lega, tidak tenang dan serasa ada yang kurang ketika mencoba untuk istirahat dari kegiatan menulis. Hal yang paling mengganggu ketenangan pikiran karena banyaknya ide yang terbuang setiap waktu. Begitu berserakan pengetahuan dimana-mana. Begitu melimpah hikmah dari sebuah fenomena alam. Berjuta inspirasi dari setiap obrolan manusia. Yang semua itu akan hilang ketika tidak ditulis.

Bagaiamana mungkin perasaan ini tidak gelisah. Bukan karena ingin memamerkan tulisan agar dianggap oleh teman dan sahabat sebagai penulis hebat. Sama sekali bukan karena itu. Tulisan ini pun bentuk curhat saya bahwa kegelisahan dan ketidaktenangan pikiran ketika meninggalkan kebiasaan berupa menulis.

Memang tidak hanya kebiasaan menulis yang akan membuat orang gelisah tetapi ada banyak hal kebiasaan yang ketika satu kali saja tidak dilakukan maka akan membuat dirinya tidak tenang. Misalkan orang sudah terbiasa sholat lima waktu secara berjamaah, karena pada satu waktu kebiasaan itu terkendala oleh kesibukan. Maka perasaan yang dialami tentu kegelisahan dan ketidaktenangan.

Bagi saya kebiasaan menulis menjadi hal sangat penting dalam aktifitas keseharian. Sesibuk apapun aktifitas dan sepadat apapun kegiatan sebisa mungkin saya menulis. Walaupun terkadang masih saja melanggar komitmen ini. Terkadang masih saja menunda dan menunda sehingga di hari itu juga gugur tidak menulis.

Setelah beberapa hari berhenti dari kebiasaan menulis di pagi hari, oleh karena malas dan alasan-alasan yang tidak penting baru saya menyadari bahwa membiasakan menulis akan menambah wawasan berpikir. Akan memberikan sumbangsih pemikiran untuk terus merenung, mengevaluasi diri dan sebisa mungkin berbagi ilmu. Sangat sayang sekali jika menemui teman kita yang pintar dalam bidang tertentu, mahir dengan berbagai karya lalu kemudian ia tidak mengabadikan ilmunya melalui tulisan.

Kegelisahan yang saya rasakan saat ini, saya telah gagal merekam momen-momen penting dalam hidup. Momen yang bagi saya mengandung banyak pelajaran dan hikmah. Seiring berjalannya waktu, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan seiring canggihnya teknologi semuanya semakin nyaman dan cepat. Dimanapun dan kepanpun selalu tersedia media untuk membaca, menulis, berbagi, membeli, menjual dan apapun itu.

Dunia yang serba online sungguh sangat membantu aktifitas manusia. Bukan berarti hal ini tidak ada dampak negatifnya. Semua itu kembali kepada diri kita masing-masing. Ketika kita cerdas dalam menerima dan memberi maka disanalah kita akan mendapatkan nilai positif. Semoga kita selalu menjadi pribadi yang istiqomah menebar kebaikan kepada orang lain dari apa yang kita bisa. Setidaknya kepada teman, sahabat dan umat di sekitar kita. Wallahu ‘alam bisshowab
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger