Cerdas Bersama Waktu

Selasa, 18 Juli 20170 komentar




Begitu banyak waktu luang alias waktu senggang dan lebih tepatnya waktu terbuang sia-sia setiap hari. Kecerdasan dalam memanfaatkan waktu belum sepenuhnya maksimal, padahal di lain waktu juga akan nguyo dengan pekerjaan menekan. Itu terjadi pada diri saya, jika mungkin pembaca merasa sama maka dengan tulisan ini akan lebih merefleksi diri untuk lebih menghargai waktu.

Begitu mahalnya waktu yang telah terlewatkan. Tak ternilai harganya dan tak bisa dinominalkan. Tidak satu pun orang yang akan bisa kembali pada waktu yang waktu yang sudah terlewatkan. Dan itu akan menjadi masa tadi, kemarin, kemarin lusa, dan masa lalu. Maka dengan begitu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, dan mampu memanfaatkan di setiap kesenggangannya menjadi kecerdasan yang luar biasa.

Bukan suatu pekerjaan yang mudah dengan hal ini, banyak orang hanya mampu berteori dan beretorika. Tapi implementasi jauh dari harapan. Jika ada orang yang kemudian konsisten dengan schedule hariannya maka ia telah mampu menjadi manusia yang sudah mampu memanej dan memanfaatkan.

Adanya waktu yang begitu panjang dalam keseharian kita dituntut untuk tidak rugi dalam memanfaatkan. Dengan begitu anjuran al-Quran suat al-‘ashr untuk dimanfaatkan kepada hal-hal yang sholeh (baik). Banyak hal pekerjaan baik di rumah maupun di luar rumah untuk beramal shaleh baik dalam keluarga maupun dalam bertetangga. Bisa dengan Tuhan dan juga dengan manusia. Semua itu untuk mengisi waktu luang menjadi terisi dengan yang bermanfaat.

Kalau kita mampu mengatur waktu dengan baik maka kita tidak akan tersiksa dengan kesibukan apapun. Setinggi gunung pun keksibukan kita, jika kita atur dengan bijaksana maka akan berjalan dengan penuh kenyamanan. Beraktifitas tanpa tergesa-gesa akan lebih berarti dan bermakna. wallahu a’lam bisshowab

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger