Ketika manusia dilanda kesibukan

Rabu, 15 Februari 20170 komentar




Hakikat keberadaan manusia di dunia ialah beraktifitas. Ada berbagai macam aktifitas manusia yang setiap waktu terus berganti. Ada juga aktifitas manusia yang konsisten dengan waktu-waktu tertentu. Ada juga aktifitas manusia yang sudah menjadi rutinitas harian. Dan juga ada aktifitas manusia yang mengalir begitu saja tanpa jadwal ataupun schedule diri.

Pada dasarnya dalam benak penulis kesibukan itu hanyalah sebuah sifat dari suatu pekerjaan yang tidak sistematis. Kurangnya kreatif manusia memanage waktu sehingga akhirnya seakan-akan banyaknya pekerjaan melebihi banyaknya waktu yang tersedia. Kuota pekerjaan yang tidak sebanding dengan kuota waktu membuat manusia merasa sibuk bahkan super sibuk. Perasaan itu muncul ketika manusia sudah mulai jenuh dengan pekerjaan yang silih berganti tanpa henti.

Kesibukan sebenarnya hanya dimiliki sebagian orang yang terlalu fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan dengan batas waktu tertentu. Batasan waktu itulah yang kemudian mendoktrin dirinya untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan acara apapun. Sampai akhirnya dari saking seriusnya mencapai target tidak peduli dengan lingkungan sosialnya. Tidak peduli dengan kepentingan orang laing. Tidak peduli bahwa ada banyak orang yang sedang membutuhkan. Bahkan anehnya juga tidak peduli pada kesehatan dirinya sendiri yang itu menjadi kebutuhan jiwa secara sakral.

Beberapa bulan lalu, saya dikirimi tulisan dari sahabat dekat saya betapa pentingnya memberikan ruang introspeksi diri dari setiap kesibukan yang saya jalani. Salah satu yang ia tekankan pada saya, adanya sholat lima waktu yang menunjukkan bahwa hikmahnya bukan hanya untuk ibadah kepada Allah tetapi sebagai media introspeksi diri, waktu, dan keadaan. Dari sinilah kita bisa ambil pelajaran, bolehlah kita sibuk sesibuk mungkin dengan tidak lalai dalam sholatnya. Baik sholat sosial dan sholat spritual. Dan itu akan bisa kita nikmati sendiri. Wallahu a’lam bisshowab.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger