Tidak Sekedar Liburan

Kamis, 29 Desember 20160 komentar



http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/12/tidak-sekedar-liburan.html

Sudah dua minggu ini saya libur dari aktivitas perkuliahan kampus. Setelah UAS (Ujian Akhir Semester) V, biasanya memang libur di kampus saya. Liburnya sekitar satu bulan. Nah, liburan yang lumayan panjang itu, saya tinggal mengisi liburan itu dengan berbagai kegiatan. Tetapi kalau tidak ada kegiatan itu bagaimana?

Teman-teman (mahasiswa) pasti juga sama. Setelah UAS kemungkinan ada liburannya. Kecuali bagi mereka yang suka bermain di kampus, hehehe… Liburan akan menyenangkan bila kita isi dengan berbagai aktivitas yang tentunya juga menyenangkan kegiatannya. Daripada diam di rumah akan membuat kita bosan dengan itu-itu saja, alias tidak punya kegiatan.

Pada waktu liburan, kita mempunyai waktu luang yang lebih banyak daripada saat kita masuk kuliah. Otomatis kita bisa melakukan aktivitas di luar kegiatan perkuliahan. Kuncinya adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dengan kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin, maka kita bisa menghasilkan sesuatu. Dengan kata lain kita bisa produktif.

Di sisi lain, ada juga orang yang tidak memanfaatkan waktu luang yang tersedia. Mereka menjadi malas sehingga kurang produktif. Saya tidak menunjuk siapa-siapa. Saya akui, saya sendiri pun terkadang juga bermalas-malasan. Misalnya, pada saat liburan, saya mengisinya dengan menonton televisi saja di rumah. Tidak produktif kan?

Lalu bagaimana kita mengisi liburan agar kita tetap produktif? Seperti yang saya sampaikan di atas, kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kita mencari kegiatan yang produktif. Kegiatan yang produktif misalnya menulis. Seperti saya menulis postingan blog ini, hehehe… Tentu masih banyak kegiatan produktif yang lainnya, tak hanya menulis saja.

Sebenarnya kalau kita belum bisa produktif, kita bisa melakukan hal-hal yang positif lain. Melakukan kebaikan untuk orang lain, misalnya seperti itu.

Liburan itu identik dengan istirahat. Memang boleh dan diperbolehkan kita untuk istirahat pada waktu liburan. Tetapi kita tetap melaksanakan kewajiban kita. Supaya liburan kita menyenangkan tentunya

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger