Muhasabah Akhir Tahun

Jumat, 30 Desember 20160 komentar



http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/12/refleksi-akhir-tahun.html

Kalender atau Penanggalan adalah suatu cara yang disepakati untuk menandai unsur rentang waktu. Perhitungannya dapat berdasarkan pada gerakan siklus matahari (kalender solar) dan gerakan siklus bulan (kalender lunar).

Patokan kalender adalah hari, bulan dan tahun. Hari dihitung berdasarkan waktu putaran bumi pada porosnya dengan rentang waktu 24 jam. Bulan dihitung berdasarkan putaran bulan mengelilingi bumi dengan rentang waktu 1 bulan. Tahun dihitung berdasarkan putaran bumi mengelilingi matahari dengan rentang waktu 1 tahun.

Kalender diawali bulan Januari diakhiri bulan Desember dan kemudian kembali ke Januari lagi. Demikian pula hari kerja, dimulai hari Senin sampai Minggu, dan kemudian kembali ke hari Senin lagi. Hari dimulai dari pagi sampai malam dan kembali pada pagi lagi. Demikianlah kehidupan ini merupakan suatu siklus.

Akan tetapi Sang Kala tidak hanya bersifat siklus, tetapi juga bersifat maju. Kondisi bumi pada tanggal 1 Januari tahun 1 Masehi akan berbeda dengan tanggal 1 Januari tahun 2017. Berapa banyak manusia yang telah didaur ulang Sang Kala? Berapa banyak peradaban yang lenyap dikubur Sang Kala?

Sejarawan Inggris Arnold Toynbee (1889-1975) mengemukakan teori siklus peradaban lahir-tumbuh-mandeg-punah. Manusia pun mengalami siklus lahir-tumbuh-mandeg-punah. Dan, apa yang dialami manusia tercatat dalam DNA, catatan sejarah genetiknya.

Mereka yang percaya adanya siklus kehidupan yakin bahwa fisiklah yang mengalami kematian, akan tetapi pikiran tidak mati, dan perbaikan hanya dapat dilakukan selama seseorang hidup. Terlalu lama mengulang pelajaran yang sama dapat menyebabkan kita terpola dengan kebiasaan tersebut dan semakin sulit melepaskan diri.

Alam berjalan dan bertindak sesuai dengan hukum yang sudah ditentukan. Penentunya siapa - silakan Anda sendiri yang menentukan. Sebutlah Tuhan, Allah, Buddha, Bapa di Surga, Widhi, Tao, atau apa saja - Keberadaan atau Ketiadaan Abadi. Hukum Alam yang paling menonjol adalah: Hukum Perubahan: Tak ada sesuatu pun yang tak berubah. Segalanya senantiasa berubah. Maka, bila kita tidak ikut berubah, sudah pasti sengsara sendiri.

Penulis sebagai seorang muslim tentu mempunyai faham akan kebenaran Allah dalam segala sesuatu. Waktu terus berjalan dengan bergantinya siang dan malam. Seakan-akan tak begitu terasa, ternyata besok kita akan bertemu tahun baru Masehi 1 Januari 2017. Artinya usia biologis kita terus bertambah, namun usia kehidupan kita semakin dekat dengan Allah SWT.

Akhir umur manusia adalah rahasia Allah SWT. Kita tidak tahu kapan harus menghadap Allah SWT. Akan tetapi kita mengimani bahwa setiap jiwa akan merasakan kematian. Kita juga memahami bahwa batas usia kita sudah ditentukan Allah SWT.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bergantinya tahun, kita pasti bisa mengingat apa yang pernah terjadi selama setahun kemarin dalam lembaran kehidupan kita. Apakah tinta emas yang kita sempat goreskan dalam kanvas kehidupan atau noda-noda hitam yang telah mewarnai kanvas tersebut. Kita telah mencatat itu semua dalam buku ingatan amal. 

Kalaupun kita tidak mencatatnya atau lupa, dan atau tidak mampu mengingatnya, semua amal itu sudah pasti tercatat dalam buku catatan Roqib dan ‘Atid. Dan akhirnya semua kita akan menemukan amal-amal itu dan balasan yang setimpal dari perbuatan dan amal tersebut. Allah berfirman: “dan segala sesuatu yang telah mereka perbuat tercatat dalam buku-buku catatan dan segala (urusan) yang kecil maupun yang besar adalah tertulis.” QS 54 (al-Qamar): 52-53.

“tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya Malaikat Pengawas yang selalu hadir.” QS 50 (Qoof):18.

“Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya. dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar arrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.” QS 99:7-8.
Wallahu a'lam bisshowab.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger