MICRO TEACHING DAN DEKLARASI TABALWAR

Minggu, 13 Maret 20161komentar

http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/03/micro-teaching-dan-deklarasi-tabalwar.html


Sejarah selalu membuka peluang untuk diisi dengan berbagai warna. Ketika yang lalu tercatat sebagai oretan warna kemenangan, maka bagaimana dengan sejarah berikutnya. Baru saja berlalu kita mengikuti perlombaan Micro Teaching yang diadakan oleh salah satu mabna bernama Khadijah Al-Kubro (KD) yang ada di MSAA UIN Maliki Malang sebagai torehan tinta sejarah yang kedua kalinya. Setelah perjuangan pertama yang masih duduk di semester II berhasil meraih pemenang ke dua, ternyata sejarah itu stagnan di posisi yang sama. Rasa haru dan ucap syukur bahagia dari kita semua sebagai member of tabalwar tak terhitung nilainya.

Bukan kemenangan itu yang kita harapkan, bukanlah hasil tetesan tinta juri yang hanya beberapa menit yang kita impikan, dan bukan pula bentuk aplos dari banyak orang yang kita dambakan, tapi ada banyak kisah terselubung untuk terus membuat sejarah menarik dalam kisah hidup bersama tabalwar.

Kisah itu adalah kisah yang kita bangun bersama demi sebuah nama Tabalwar. Memang sedikit aneh dari nama itu, banyak orang mengaggapnya nama tak berarti dan tak bermakna. Nama yang kurang etis dan estetis, sehingga tidak banyak orang mendengar merasakan romantis. Walau sebenarnya nama itu punya filosofis tersirat dalam jiwa mendalam di kelas ICP Arabic. Yang terbentuk dari ide tipis-tipis kekeluargaan dalam nama Tabalwar itu sendiri.

Hari demi hari nama itu terdengar tidak asing lagi. Tetangga-tetangga dekat semakin akrab menyapa kita di media sosial dengan kisah-kisah keakraban, kekeluargaan, dan kebahagian bersama. Saat itu pula, orang bertanya apa sebenarnya tabalwar itu? Kita pun merangkai menjelaskan menjadi sebuah kalimat indah yang bisa dipahami banyak orang. Bahwasanya tabalwar adalah sebuah kristal kecil yang akan menjadi penyebab perubahan dunia.

Malam itu tepat di tanggal supersemar 11 Maret 2016 sebagai malam sejarah tahunan yang sudah ke dua kalinya. Kami member of Tabalwar menyumbang ide kreasi pendidikan dalam dunia pembelajaran melalui lomba Micro Teaching se UIN MALIKI Malang. Kami mencantumkan nama Tabalwar sebagai delegasi kami, dan menjadi awal munculnya nama Tabalwar di kalangan kampus UIN Maliki Malang. Dan uniknya Tabalwar menjadi salah satu perwakilan jurusan PAI bahkan salah satu dari seluruh jurusan di FITK yang memberanikan diri terjun bergabung dalam lomba MICRO TEACHING se UIN Maliki Malang.

Memang terbukti bahwa Tabalwar adalah kristal kecil yang nantinya akan merubah dunia. Sebuah cita-cita yang tidak hanya setinggi langit, melainkan melampaui ketinggian langit. Harapan bersama demi sebuah perubahan lebih baik di masa depan. Tabalwar adalah milik kita untuk menjadi wadah inspirasi bersama melangkah menuju masa depan yang lebih baik.

Dua kali latihan menjadi modal awal kami melangkah dengan metode dan model yang kami ringkas sedemikian indah. Sehingga hasil dalam perlombaan di pentas Masjid Ulul al-Bab di urutan ke empat dapat berjalan sesuai RPP yang telah kita susun bersama-sama. 15 menit yang waktu yang diberikan kepada semua peserta, kami pun mampu mengatur dengan tertib dan sistematis.

Sebuah aspirasi gemilang bagi para member of tabalwar yang begitu semangat untuk menunjukkan kristal yang sebenarnya menjadi perubahan. Awal yang baik telah mampu mencoret nama miring dari jurusan PAI yang ada di FITK. Bahwasanya kristal kecil ini berani menunjukkan eksistensinya dari ada menjadi tidak ada. Begitupun di lingkup ICP FITK kami menerobos jurang pendiskriminasian untuk bangkit menorehkan jejak yang mulai hilang di telan kesimpangsiuran kepemimpinan. Kami ini ada, ICP ARABIC PAI 2015 bangkit dengan nama TABALWAR.

Sehingga kami pun harus benar-benar meresmikan dengan berbentuk tertulis dalam banner berukuran 2x1 meter. Tak terkecuali semua member akan berdeklarasi dari tanda resmi jari jemari mengukir dengan kuat di banner putih dibalik bertuliskan TABALWAR.

Malam itu sehabis perlombaan selesai, dengan niat tulus tanpa paksa kita berangkat menuju bukit paralayang untuk berceria bersama melukiskan sebuah karya resmi berupa nama Tabalwar. Bukan sekedar nama belaka yang kita ikrarkan, melainkan sebuah lebih eratnya persaudaraan menjadi satu keluarga besar. Penulis tak sabar untuk melukiskan rasa simpati dalam bentuk untaian kata indah yang terangkai dari tubuh tabalwar yang semakin hari semakin menguatkan batin.

Kala itu, hujan datang tak diundang
Alam bergembira tanpa sinar senja
Mengunci jalan para pemilik kristal
Untuk berlatih di markas ASWAJA
Meraih mimpi menuju sang juara
Tapi,
Alangkah mulia, pejuang pencari rido ilahi itu
Telah mampu menembus gelap
Menuju satu ikatan kemenangan

Satu kekuatan besar yang perlu dirawat dan dijaga adalah kekeluargaan. Untuk terus bersama merangkai langkah-langkah kecil di perjuangan kuliah. Tanpa ada penguat dan pendorong, tanpa ada rasa saling mengayomi, seakan bumi tabalwar tidak akan berumur lebih lama dari umur kuliah. Kita sadar dengan sebuah keyakinan, dimana ada kebersamaan disitu ada cobaan besar untuk meruntuhkannya. Semakin sering berkumpul maka semakin banyak pula gangguan untuk memporak-porandakan kita. Sebuah ikhtiar kuat untuk melawan itu semua hanya ada pada diri kita masing-masing.

dan pikiran yang menyatu untuk mengenal satu sama lain dari kelebihan dan kekurangannya. Untuk tidak egois pada keluarga sendiri, bahwa kita adalah satu keluarga yang tidak boleh ada yang tersakiti. Kita koreksi bersama, jika ada khilaf dari salah satu saudara kita di tabalwar untuk menjaga keutuhan yang sudah mulai kecium aromanya. Kita tak punya saudara seerat kita, sekompak kita, kecuali hanya ada di tabalwar tercinta. Maka alangkah lebih baik jika jiwa pemaaf yang dicontohkan baginda Rosulullah SAW selalu menjadi bagian sifat hati kita di Tabalwar.
Semoga tuhan selalu memberikan rido dan rahmat dari setiap langkah kita. Wallahu ‘alam



http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/03/micro-teaching-dan-deklarasi-tabalwar.html

http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/03/micro-teaching-dan-deklarasi-tabalwar.html

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

14 Maret 2016 pukul 03.11

Kerennn

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger