Training Mathematic Organization

Sabtu, 17 Oktober 20150 komentar




http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2015/10/training-mathematic-organization.html


UNISMA - Departemen Pendidikan Matematika di Universitas Islam Malang (UNISMA) menggelar training keorganisasian di lingkup anggota kepengurusan Departemen Pendidikan Matematika (DEPENMAT) periode 2015/2016. Pada acara ini hakikatnya tidak jauh berbeda dengan diklat kepemimpinan yang didalamnya terdapat materi mengenai fungsi dan tujuan dari sebuah organisasi, peran pemimpin, peran anggota pengurus dan lain sebagainya.

Banyak hal yang menjadi tanggung jawab dan wewenang yang diemban dari setiap pengurus Departemen Pendidikan Matematika dalam mengayomi, mewadahi, dan merealisasikan kegiatan-kegiatan yang telah menjadi program kerja selama satu periode. Semua itu tidak semudah belajar kalkulus, geometri, trigonometri dan diskusi-diskusi di dalam kelas. Maka sangat penting sebuah organisasi itu mengadakan sebuah training.

Menjadi leader  atau penggerak dalam lingkup organisasi apapun perlu wawasan, kesiapan mental dan fisik tak terkecuali organisasi kecil yang berada di lingkup Jurusan. Semua mahasiswa yang berada di Jurusan Pendidikan Matematika sejatinya merupakan anggota Departemen. Maka dari itu kepengurusan ini harus benar-benar menjalankan tugas jabatan dan fungsi kinerja sesuai kebutuhan warga di Jurusan Pendidikan Matematika.

Sebagai bentuk pematangan dalam mengemban amanah dan tanggung jawab di dalam Organisasi Departemen ini maka pengurus menyelenggarakan Training Mathematic Organization (TMO) dengan tema “Aktualisasi dan Implementasi Kinerja yang Inovatif, Kreatif, Efektif ” tepatnya di hari Sabtu, 17 Oktober 2015 selama kurang lebih delapan jam di Gedung B Universitas Islam Malang. Acara ini diikuti oleh semua pengurus Departemen Pendidikan Matematika kecuali beberapa pengurus yang berhalangan hadir karena suatu kepentingan lain.

Materi-materi yang disajikan dalam acara ini terkait dengan “Peran  Aktif Badan Pengurus Harian (BPH) dalam menjalankan tugas dan mengayomi anggota yang berada dibawahnya”. Materi ini dikupas tuntas oleh Alfian Bayani selaku Mantan Kepala DEPENMAT periode 2014/2015. Beliau memberikan petikan penting bahwasanya “peran ketua dalam segala hal, menjadi ujung tombak keberhasilan suatu kegiatan”. Dari petikan ini perlu kita sadari bersama bahwa kita semua adalah pemimpin dari tugas dan tanggung jawab yang telah diamanatkan di setiap acara.

Materi yang kedua terkait seluk beluk “kesekratariatan” yang di sajikan oleh staf ahli Bak Novi selaku mantan Sekretaris DEPENMAT 2014/2015. Beliau menuangkan keahliannya dalam kesekretariatan kepada keseluruh pengurus baru terkait bagaimana surat-menyurat yang benar, peletakan nomor surat, sasaran surat, peletakan stempel dan tanda tangan, dan juga penulisan Bahasa Indonesia Ejaan yang Disempurnaka (EYD) dalam surat. Pengetahuan ini sangat penting bagi kita sebagai penerus bangsa yang baik yang akan mengemban amanah kepemimpinan kenegaraan di masa depan.
Tidak kalah menarik pada pemateri yang ketiga Nur Sekha Maulidah dengan gagasannya mengenai “hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun acara dan mengelola bagian kesehatan”. Beliau seorang senior berpengalaman di berbagai organisasi. Catatan kecil dari bak Maulidah yang disampaikan dalam acara TMO yaitu “Suatu kegiatan bisa dikatakan sukses apabila susunan acara bisa terlaksana dengan kondusif dan sesuai schedule yang direncanakan”. Dalam hal ini peran koordinator acara sangat penting karena kegiatan apapun tanpa terlaksananya acara dengan baik maka acara itu bisa dibilang gagal.
Di bagian Publikasi Dekorasi dan Dokumentasi (PUBDEKDOK) di sampaikan oleh seorang yang telah mahir dan pakar dalam bidangnya yaitu Syhudi Wasil. Beliau memaparakan secara rinci bagaimana mendesain, mencetak, mengambil gambar, serta mengkordinasikan bagkround dan acara, dan masih banyak pembahasan-pemabahasan yang lain. Melalui pengalamannya di UKM Panorama beliau tidak segan-segan untuk memberikan masukan dan gagasan terkait pentingnya Dekorasi dalam sebuah kegiatan. Dekorasi menjadi pandangan audiens pertama selama masuk ke ruangan acara. Maka menarik tidaknya suatu acara itu yang pertama kali dilihat adalah tata ruang.

Di bagian manajemen adanya “konsumsi” juga dipelopri oleh Fitri Agustina. Beliau sudah tidak asing lagi terkait pengalamannya dibidang pengelolaan konsumsi. Kapan waktu yang tepat pemberian konsumsi itu, bagaiamana meminimalisir keuangan dalam konsumsi, serta kepada siapa konsumsi itu akan diberikan. Semua itu perlu planing yang matang. Maka beliau dengan tegas berkata “Konsumsi itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kepuasan peserta dalam mengikuti suatu acara”.

Dan sebagai pemateri terahir dari acara TMO ini adalah Mas Izam. Pemateri yang satu ini memberikan penjelasan “realisasi perlengkapan dalam sebuah kegiatan/acara”. Beliau memberikan benang merah bahwa tugas seorang koordinator perlengkapan beserta anggotanya merupakan tugas otot, mengangkat barang kesana kemari, meminjam dan mengembalikan, serta bertangjawab atas kerusakan. Tugas-tugas ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah organisasi. Mas Izam ini seakan suka pada konsep Jokowi yang menggagas konsep Kerja. Bahwasanya organisasi apapun, sebesar apapun organisasinya, sebanyak apapun anggotanya tanpa ada semangat kerja, kerja, dan kerja maka hal itu tidak berjalan dengan baik.

Dengan pamaparan pamungkas ini, kita pengurus DEPANMAT 2015 berinisiatif kinerja ke depan selama satu periode lebih baik dari kepengerusan sebelumnya. Tak bisa dipungkiri bahwa training ini menjadi pengalaman berharga dalam membangun organisasi kecil di lingkungan jurusan. Demi terciptanya organisasi sebagaimana visi dan misi yang diharapkan. Harapan besar dari kita semua kepengurusan DEPANMAT 2015 bisa berjalan lebih baik, lebih baik, bermanfaat, barokah, untuk kampus, umat, agama, dan bangsa. Wallahu ‘alam.


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger