ISLAM AGAMA CINTA KASIH

Kamis, 08 Januari 20150 komentar

OLEH : MISBAHUDDIN
(dikutip dari kuliah democracy project Prof. Dr. Musdah Mulia)


Inti ajaran islam itu terletak pada ajarannya yang mengajarkan kasih sayang atau cinta kasih kepada semua mahluk. Karena itu istilah rahmatal lil’alamin bagaimana kita menebarkan kasih sayang cinta kasih bukan hanya kepada manusia. Tetapi kepada semua mahluk dan alam semesta.
Dari sekian banyak ayat dan hadits terkait dengan ajaran cinta kasih dan juga ajaran-ajaran rosul sebagai panutan umat islam. Dalam hidup beliau penuh dengan limpahan cinta kasih dan kasih sayang. Bukan hanya kepada manusia tetapi juga kepada semua mahluk.
Karena itu kalau dilihat dari kebiasaan-kebiasaan sehari-hari diajarkan untuk membaca basmalah (bismillahirrahmaanir rahiim). Yang intinya adalah menyebut asma allah yang dalam teks itu disebutkan Allah yang maha rahman dan maha rahim.
Sebetulnya di dalam islam itu diajarkan tentang banyaknya sifat-sifat allah. Tetapi yang terdepan adalah ar-rahman dan ar-rahiim. Itulah sebabnya di dalam semua tindakan, di dalam semua ucapan kita hendaknya diminta untuk memulainya dengan kata basmalah (bismillahirrahmanirrahim). Untuk mengingatkan kita bahwa tujuan utama dari ajaran islam itu adalah mengedapankan kasih sayang, cinta kasih kepada semua mahluk. Tak terkecuali alam jagat raya ini.
Di dalam implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana kita mendahulukan rasa cinta kita, rasa kasih sayang kita, ketimbang perasaan-perasaan yang lain. Di dalam keluarga misalnya, antara suami istri. Kalau suami istri saling mencintai, saling mengasihi, satu sama lain maka yang terjadi dalam relasi keduanya tidak ada lagi kesalahpahaman, tidak ada kekerasan, tidak ada lagi intimidasi, dan tidak ada lagi perilaku-perilaku yang diskriminatif. Karena telah mengedepankan rasa cinta dan kasih sayang.
Setelah kita pikir ulang pastinya rasa cinta kasih itu ada pada semua manusia. Karena cinta kasih itu lahir bersama diri kita. Lalu cara kita mengasah bagaimana agar rasa cinta kasih itu mengedepan dalam diri kita. Baik itu ucapan atau tingkah laku atau keputusan-keputusan kita sehari-hari.
Contoh-contoh yang diberikan oleh Rosulullah SAW berkenaan dengan cinta kasih ini sungguh sangat banyak. Misal salah satunya, dalam relasi suami istri dalam rumah tangganya. Rosulullah itu tidak pernah menghardik para istrinya. Tetapi lebih banyak menegur dengan tutur katanya yang lembut jika ada kesalahan pada istrinya. Dan juga pun relasi dengan puteri-puterinya.
kalau kita tahu sejarah rosul itu tidak mempunyai anak laki yang tumbuh sampai dewasa. Karena itu ketika kita lihat betapa rosul menggendong fatimah kesana kemari, padahal itu bukan tradisi di dalam masyarakat arab waktu itu yang patriaki. Tetapi rosul ingin menunjukkan ke semua orang. Bahwa menggendong anak perempuan bukanlah suatu hal yang tabu dan nabi menunjukkan dengan cara sangat demonstratif betapa kasih sayangnya kepada anak-anaknya yang perempuan.
Di dalam kehidupan sehari-harinya sebagai seorang nabi dan rosul. Nabi juga menunjukkan kecintaan yang luar biasa kepada para sahabatnya. Tanpa membeda-bedakan sahabat yang kaya maupun miskin, yang bangsawan maupun yang budak.
Seihngga sahabat-sahabt itu tidak pernah merasa yang lain diperlakukan secara berbeda dengan dirinya. Karena itu perasaan cinta kasih dan ungkapan kasih sayang yang di implementasikan oleh rosulullah SAW dalam kehidupan keluarga dan kehidupan sosial sangat mengemuka.
Sehingga orang-oang yahudi sekalipun pada waktu itu menjadi terkesima oleh perilaku muhammad yang sangat mengedepankan cinta kasih dalam seluruh aspek hidupnya. Itulah sebabnya mengapa di dalam banyak hadits rosul dikatakan. Rosul berkata “sesungguhnya saya diutus untuk menunjukkan keutamaan akhlak”.

Dan ketika kita lihat bahwa diantara akhlak dan kebiasaan nabi yang menonjol atau mengedepan itu adalah cinta kasihnya dan perasaan kasih sayangnya kepada semua mahluk dan alam semesta. Karena itu kita sebagai umat islam yang mengakui nabi sebagai “uswatun hasanah” harus mengikuri perilaku nabi sampai pada hal yang sekecil-kecilnya. Termasuk di dalamnya yang paling utama adalah bagaimana relasi sehari-hari kita bisa mengedepankan prinsip-prinsip kasih sayang dan cinta kasih kepada semua manusia bahkan juga kepada mahluk tuhan tanpa terkecuali.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger