Kesehatan dan Kehidupan

Kamis, 08 Januari 20150 komentar

Oleh : Misbahuddin

Dalam kehidupan ini tak lepas dari aktivitas atau kegiatan sehari-hari. Tentu membutuhkan yang namanya kesiapan, baik kesiapan rohani atau jasmani. Hidup yang tak sekedar hidup perlu dikelola dengan baik. Fitrah manusia dalam tubuhnya selalu ingin bergerak, mulai dari senyum, menangis, berjalan, bermain, atau ibadah-ibadah dan yang banyak lagi aktivitas-aktivitas yang lain. sehingga yang terjadi dalam diri manusia tidak ingin tubuhnya diam dalam waktu yang lama. Dan juga tidak ingin bergerak kelamaan karena juga butuh diam atau istirahat.

Hidup secara individu atau secara sosial harus mampu mengatasi pola hidup yang dijalaninya. Dalam hal ini adalah menjaga kesehatan. Apa pun profesinya, aktivitasnya, atau apa pun kesibukannya manusia akan mandeg ketika tubuhnya tak mampu bergerak lagi, ketika pikirannyaa sudah tidak normal lagi, atau ketika fisiknya tidak kuat lagi. Ibadah pun juga akan terganggu. Kesehatan dalam konteks tulisan ini adalah adanya penyakit yang datang kepada tubuh dan membuat tubuh tak berdaya.

Jika dalam konteks adanya penyakit yang disebabkan adanya kecelakaan, atau adanya tindakan tidak sengaja, maka hal itu kita kembalikan kepada posisi manusia yang tidak lepas dari yang namanya ujian dan cobaan hidup. Dua hal ini kita meyakini sebagai anugerah tuhan kepada mahluknya. Maka solusi utama menjalani kehidupan ini dengan penuh ke hati-hatian dikala senang atau pun susah. Menjaga dan mencegah dari hal-hal yang membuat tubuh kita tidak mampu menerima lebih baik dari pada harus mencari solusi setelah tertimpa.

Penyakit tentu menjadi musuh dari segala makhluk baik itu tumbuhan, hewan, lebih-lebih manusia. Tumbuhan dikelola penuh oleh manusia, jika pengeloan baik tanpa ada ketergangguan dalam hal apaun maka hasilnya akan baik. hewan pun menjadi peliharaan manusia walau memang tidak sedikit yang hidup liar. Dalam hal ini adalah binatang ternak sebagai bahan konsumsi manusia. Pada initinya kehidupan ini dikuasai oleh manusia. Sehingga hakikat kesehatan manusia menjadi utama dalam proses kehidupan ini.

Sebagai mahluk yang berfikir manusia telah mampu memahami ayat-ayat quran yang menjelaskan tentang adanya ilmu pengobatan, ilmu pola hidup, dan kesejahteraan hidup. Salah satu firmannya adalah Yunus ayat 57 (10:57) Wahai manusia! Sungguh telah, datang kepadamu pelajaran Al-Quran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.

Sehingga perubahan hidup ini juga ditentukan oleh manusia itu sendiri. Hewan dan tumbuhan akan mengikuti arus terhadapa kebaikan-kebaikan manusia. Dan tanpa adanya kesehatan itu manusia tak mampu untuk mengelola dan menjaga alam sekitar. Kesehatan disini tidak hanya bermaksud pada fisik, melainkan pikiran dan hati. Jika kerusakan dimuka bumi disebabkan karena ulah tangan manusia. Pada hakikatnya mausia itu sendiri belum sehat sepenunhya. Belum mampu berfikir dalam setiap tindakan yang dilaluinya.

Berfikir dengan membaca alam dan merenungkannya adalah salah satu obat penawar kehidapan sejahtera. Karena pikiran ini akan sehat untuk selalu tumbuh dan berkembang. Sehingga tidak bertindak yang merugikan orang lain, dan tidak merusak alam yang ada disekitar. Menjaga dan merawat kehiupan melalui penggunaan cara-cara hidup yang baik maka akan mendapatkan pribadi dan lingkungan yang sehat.

Tulisan ini akan diututup dengan firman Allah SWT yang berbunyi “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS.13:11


Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger