Mengukuhkan Ukhuwah

Selasa, 29 Mei 20180 komentar

Oleh: Misbahuddin

Ukhuwah terdiri dari tiga aspek diantaranya, islamiyyah, wathoniyah dan insaniyyah. Pemahaman terhadap ketiga ukhuwah tersebut sangatlah penting dalam membangun moral dan etika hidup.

Dimulai dari paham terlebih dahulu lalu kemudian seseorang dapat mengimplementasikan. Siapapun dapat mengartikan dan menafsirkan dari ketiga ukhuwah yang disebut di muka. Yang terpenting maksud dan tujuannya sama.

Dalam tulisan ini, penulis memaknainya bahwa ukhuwah Islamiyyah adalah pemahaman kita sebagai saudara seagama Islam. Biarpun madzhab tauhid, pemikiran, dan fikihnya berbeda. Tapi yang menjadikan kita tidak berpecah belah dan tetap bersaudara karena kita paham bahwa kita seagama Islam.

Yang kedua adalah ukhuwah wathoniyah. Saya memaknainya ukhuwah ini lebih kepada bersatu padu membangun negeri. Menjaga keutuhan Negara. Tidak berpecah belah hanya karena perbedaan suku, ras, agama, dan tradisi.

Kita paham bahwa dalam sebuah negeri, utamanya Indonesia terdapat banyak perbedaan. Dan karena kita paham kita adalah sebangsa dan setanah air maka ukhuwah dan persaudaraan kita tetap kuat.

Yang ketiga adalah ukhuwah Insaniyyah. Ukhuwah ini lebih menekankan pada hubungan baik antar manusia, yang berbeda agama dan berbeda negara. Mulai dari yang kulit hitam di Afrika sampai yang kulit putih di Eropa. Semuanya adalah Insan makhluk yang Allah ciptakan sempurna dibanding makhluk yang lain.

Maka jika kita ketemu dengan siapapun, di mana pun kita berada. Kita harus tetap menjaga ukhuwah sebagai insan. Tanpa harus menindas, menyepelekan bahkan mengintimidasi. Kita tanamkan pemahaman kuat ukhuwah ini agar terjalin hubungan harmonis tanpa diskriminasi. Wallahu a'lam

Malang, 20 April 2018

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger