Semangat Menjadi Guru dalam Pengabdian

Kamis, 11 Januari 20180 komentar

Oleh: Misbah Teruntuk Adinda

Masalah yang datang silih berganti membuat kita semakin dewasa. Rintangan, tantangan dan hambatan dalam perjalanan hidup ini ke depan membuat kita semakin kuat untuk membangun kasih sayang. Asalkan kita semakin memahami untuk mengambil ibrah dan hikmah dari setiap masalah yang terjadi untuk kita berdua.

Proses pengabdian menjadi guru di MTsN 2 Kota Malang merupakan awal menginjak dunia yang sebenarnya. Proses demi proses yang akan terlewati tahap per tahap akan membuahkan pengalaman menarik dan bermanfaat. Pengalaman yang nantinya akan dipilah dan dipilih untuk dilanjutkan pada kehidupan berikutnya.

Menjadi guru, kadang membosankan, melelahkan, bahkan seakan berputus asa. Menghadapi siswa yang beranika ragam. Mempunyai kemampuan dan karakter yang bermacam-macam. Teori-teori yang kita pelajari seakan hilang begitu saja. Padahal, sebenarnya tidak ada teori yang hilang. Hanya saja, kita belum sesuai memahami teori dan tidak berhasil untuk mempraktikkannya.

Teruslah semangat Adinda. Perjuangan awal menuju perjuangan panjang berikutnya. Kedisiplinan dan ketelatenan hari ini adalah cerminan Adinda di masa depan. Di masa yang mana nanti akan dihadapi pada dunia penilaian hidup. Bukan sekedar penilaian angka dan huruf yang muncul sementara di kartu hasil studi.

Buatlah nyaman pada siswa-siswa yang memang mereka butuh perhatian. Didiklah dengan penuh ikhlas, pintar atau tidaknya murid-murid yang Adinda ajarkan serahkan sama Allah. Mohonkan ampun dan ma'unah untuk para siswanya, agar ia selalu mendapat ilmu yang bermanfaat. Tiada yang tahu kuasa Allah. Bisa jadi siswa yang terkucilkan kemampuannya saat ini, kelak ia menjadi orang yang benar-benar dibutuhkan pemikiran dan tenaganya oleh masyarakat.

Waktu akan terus berjalan. Tanpa terasa kita sudah semakin tiba pada jalan-jalan kehidupan yang sebenarnya. Tiada henti untuk terus belajar, membaca, dan mendengarkan dari teks dan konteks kehidupan ini. Semoga Allah selalu memberikan taufiq dan maunah-Nya kepada kita, sanak family kita, teman-teman kita dan seluruh alam semesta.

Jumat ke 17
Malang, 12 Januari 2017

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger