Tulisan Sore

Kamis, 21 September 20170 komentar

Oleh: Misbahuddin

Akhir-akhir ini saya menulis sering kali tak menentu jadwalnya. Yang terpenting satu tulisan sebelum tidur malam. Bisa ketika pagi hari, siang hari, sore hari atau malam hari sebelum tidur.

Tidak seperti hari-hari sebelumnya, yang saya konsistenkan setiap pagi. Awalnya pagi hari saya gunakan untuk menulis sebelum melaksanakan kegiatan yang lain. Dan setelah saya rasakan saat ini ternyata saya ingin kembali untuk menulis di pagi hari lagi.

Manfaatnya yang saya rasakan. Pertama, saya bisa secepatnya tenang karena kegiatan menulis sudah selesai. Kedua, di waktu pagi pikiran lebih fresh. Ketiga, ide yang ditulis lebih banyak. Keempat, mengurangi rasa ingin tidur di pagi hari.

Saya menulis di pagi hari dengan kondisi kesibukan yang padat ternyata bisa. Beda dengan saat ini, dengan kesibukan yang mulai longgar. Tapi waktu menulis jadi tidak tentu. Dan bisa-bisa kadang tidak menulis.

Maka dengan pengalaman ini. Saya berikhtiar lagi untuk menyempatkan menulis di pagi hari. Semoga harapan ini tidak hanya menjadi teori di atas kertas. Melainkan mampu saya usahakan dari besok pagi.

Jika tulisan hari ini sudah selesai rasanya begitu senang dan nyaman. Sebenarnya bukan karena menulis itu beban. Tapi bagi saya pribadi sebagai penulis pemula harus belajar komitmen dan konsisten. Dan bisa lebih menghargai waktu. Maka saya pun harus belajar membiasakan diri.

Bagaimanapun juga merawat kebiasaan yang sudah berjalan itu tantangan dan godaanya akan lebih susah dari pada membuat kebiasaan baru. Lebih-lebih kebiasaan menulis.

Saya sangat senang ada di grup WhatsApp "Aku Bisa Menulis" yang anggotanya suka dunia literasi.  Dari sana saya bisa banyak membaca karya sederhana yang mengandung jutaan ilmu dan pengetahuan. Dari sanalah juga terjaga komitmen untuk terus menulis. Memberikan sumbangsih satu tulisan setiap hari.

Seiring dengan tahun baru hijriah ini. Saya berikhtiar lebih konsisten menjaga komitmen dan kebiasaan. Agar saya lebih peka terhadap kejadian sosial. Lebih jeli membaca fenomena alam. Dan lebih kritis membaca teks dan konteks pengetahuan.

Selamat tahun baru Hijriah 1 Muharram 1439.

Wallahu a'lam
Malang, 21 September 2017

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger