Penulis adalah Pemikir

Senin, 24 Juli 20170 komentar




Menjadi seorang penulis butuh niat dan keuletan. Baik menulis tentang yang berkaitan dengan keilmuan ataupun pengalaman hidup. Karena setiap apa yang kita tulis tentu itu hasil olah pikir mendalam. Kecuali jika ia penulis pemulung yang mengambil tulisan orang. Atau penulis penjahit yang menggabung beberapa tulisan orang. Keberadaan penulis sejati yang tanpa mencuri dari orang lain tentu ia akan mengedepankan hasil pemikiran ia sendiri. Dimana pun dan dalam situasi apapun. Entah ketika penulis sedang diam, istirahat, beraktifitas dan bergerak selalu merenung dan berpikir untuk tertuang dalam sebuah tulisan.

Ketika ide ia dapatkan kemudian ia mengolah ide tersebut dengan mengaitkan kepada beberapa aspek yang lain. Lalu ia dengan sigap duduk di depan laptop atau menggenggam gadget memulai kata perkata untuk menyambung ide-ide yang dianggap menarik baginya untuk ia tulis. Ketika laptop pun sudah siap atau gadget-nya sudah digenggam ia mulai berpikir kembali akan memulai dengan kata apa dan kalimat apa. Namun, ketika kalimat pertama mulai muncul dan disambung dengan kalimat kedua perkembangan pola pikir yang ia miliki akan semakin terlihat. Hal ini juga dipengaruhi oleh faktor kebiasaan ia merangkai kata. Semakin biasa dan istiqomah maka ia akan semakin bisa.

Maka tidak salah jika ada yang menyebutnya menulis bukan pekerjaan yang mudah. Butuh kepandaian dan yang terpenting kemauan. Sangat kurang bijak jika seseorang yang memiliki kemauan untuk menulis akan tetapi ia berkata “saya tidak punya ide untuk menulis”. Apa mungkin ia selama hidupnya tidak punya pengalaman menarik. Atau ia tidak pernah membaca buku. Atau tidak pernah berpikir tentang sesuatu hal yang ada di alam sekitar ini.

Memulailah dengan satu tulisan sehingga ia dikatakan dengan penulis. Karena penulis itu iadalah orang yang menulis. Dan ketika menulis dan terus menulis dibiasakan maka ia akan menjadi pemikir hebat dimana pun dan kapanpun. Melihat sesuatu yang lucu membuat ia tersentuh hati dan pikirannya untuk menuangkan ke dalam sebuah tulisan. Lebih-lebih melihat hal yang mengandung hikmah buat orang lain, hal bermanfaat dan mengandung ilmu pengetahuan.

Sangat disayangkan jika seseorang memiliki kecerdasan hebat tapi ia malas menulis, lebih-lebih bukan seorang yang terbiasa menyampaikan ceramah, kajian dan lain sebagainya. Maka akan disalurkan kemana ilmu yang ia dapatkan. Sehingga tulisan ini juga adalah hasil olah pikir saya terkait “penulis adalah pemikir”.  Karena untuk mewujudkan tulisan sebanyak kurang lebih 400 kata ini butuh berpikir terlebih dahulu. Dan apakah setiap pemikir itu penulis. Bisa jadi ia dan bisa jadi tidak. Wallahu ‘alam bisshowab.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger