Antara yang "Umum" dan "Tersisih"

Sabtu, 21 Januari 20170 komentar



http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2017/01/antara-yang-umum-dan-tersisih.html

Kita selalu melihat di berbagai tempat, beberapa sekolompok pemuda yang berada di luar persepsi kita. Di mata banyak orang, sekumpulan anak muda itu tampak mencurigakan. Mereka bertato. Telinga mereka ditindik. Gaya rambut mereka pun tidak umum.

Gaya berjalan mereka berbeda dengan kebanyakan orang. Gaya berbicara mereka pun lain. Dari sudut kategori moralitas umum, mereka berada di luar, atau bahkan melanggar. Dari kaca mata hukum, mereka pun tampak mencurigakan, mirip seperti pelaku kejahatan.

Yang Tersisih

Mereka adalah “yang tersisih”. Gaya hidup dan cara berpikir mereka tidak seperti orang pada umumnya. Ada yang takut pada mereka. Namun, tidak sedikit pula yang kagum pada keberanian dan, seringkali, kreativitas mereka.

Ada yang menyebut mereka berandalan. Ada yang menyebut mereka preman. Di beberapa tempat, mereka disebut anak punk. Sesungguhnya, mereka tidak punya nama apapun, karena mereka berada di luar kategori umum.

Kehadiran mereka ada di berbagai tempat, walaupun mereka selalu menjadi minoritas. Kita bisa melihatnya di bis umum, ketika mereka mengamen. Kita juga mudah melihat mereka, ketika mereka menjadi pedukung kesebelasan sepak bola tertentu. Pertunjukan musik biasanya menjadi tempat berkumpul mereka.

Di sisi lain, banyak pula orang yang berpikir berbeda dengan lingkungannya, walaupun penampilan mereka layaknya orang pada umumnya. Mereka bernalar dengan cara yang berbeda dari orang-orang sekitarnya. Seringkali, mereka dibenci, karena perbedaan tersebut. Namun, di banyak kesempatan, mereka justru menjadi sumber perubahan ke arah yang lebih baik.

Banyak dari mereka harus berkonflik dengan rekan kerja atau atasannya. Banyak pula yang akhirnya harus keluar kerja, hanya karena memiliki pandangan dunia yang berbeda dengan lingkungannya. Jika ini yang terjadi, kita justru kehilangan orang-orang yang mampu mendorong perubahan dunia. Kita justru kehilangan orang-orang kreatif yang memiliki kemungkinan untuk membuat terobosan baru di berbagai bidang.

Sikap Kita

Maka dari itu, masyarakat perlu belajar untuk membuka diri terhadap kaum “tersisih” ini. Masyarakat secara luas perlu untuk belajar memahami cara hidup dan cara berpikir mereka. Baru dengan begitu, konflik bisa dihindari, dan kerja sama yang baik bisa dilakukan untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Tanpa upaya untuk membuka diri dan memahami ini, masyarakat akan selalu terbelah antara “yang umum” dan “yang tersisih”.

Charles Taylor, filsuf Kanada, berpendapat, bahwa setiap masyarakat, sejatinya, adalah masyarakat multikultur, yakni masyarakat yang terdiri dari banyak kultur. Dalam arti ini, kultur adalah bentuk-bentuk kehidupan (forms of life) khusus yang ada di dalam masyarakat tersebut. Setiap kultur memiliki hak tidak hanya untuk ada, tetapi juga untuk berkembang sesuai dengan identitasnya.

Kaum “tersisih” juga adalah sebuah bentuk kehidupan khusus di dalam masyarakat. Mereka punya hak tidak hanya untuk hidup, tetapi juga untuk berkembang sejalan dengan jalan hidup mereka. Perbedaan cara hidup bukanlah dasar untuk mencap mereka sebagai kriminal, atau melarang kegiatan mereka. Tentu saja, seperti ditegaskan Jürgen Habermas, filsuf Jerman, batas-batasnya adalah hukum yang adil (gerechte Gesetze), yang dibuat melalui proses diskusi dengan semua pihak yang berkepentingan atas hukum tersebut.

Nancy Fraser, filsuf Amerika, juga berpendapat, bahwa di dalam masyarakat majemuk, seperti Indonesia, banyak pandangan dunia yang hidup dan berkembang. Banyak kelompok yang memiliki beragam tata nilai yang berbeda. Semuanya tentu punya hak untuk hidup dan berkembang. Dalam hal ini, tugas terpenting negara adalah menjamin, supaya semua kelompok tersebut mampu terlibat secara aktif dan setara (participation parity) di dalam politik, misalnya dalam pembuatan kebijakan baru, atau dalam pendidikan masyarakat luas terkait dengan isu tertentu.

Baru dengan begitu, kaum “tersisih” ini bisa ikut serta membangun masyarakat yang lebih adil dan sejahtera untuk semua. Keberadaan mereka tidak lagi ditakuti, tetapi justru diakui dengan bangga hati. Kita semua punya kepentingan akan hal ini. Karena jangan-jangan, kita sendiri, atau orang dekat dalam hidup kita, sebenarnya, adalah bagian dari kaum “tersisih” ini…
 Wallahu a'lam bisshowab.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger