Selamat Hari Pahlawan (10 November)

Rabu, 09 November 20160 komentar


http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/11/selamat-hari-pahlawan-10-november.html


 “Dan jangan sekali-kali engkau menyangka (bahwa) orang-orang yang terbunuh (yang gugur syahid) pada jalan Allah itu mati, (Mereka tidak mati) bahkan mereka adalah hidup (secara istimewa) di sisi Tuhan mereka, dengan mendapat rezeki.” (QS. Ali Imran: 169)

KATA mati (baca; syahid), jamak syuhada’ dalam ayat di atas artinya muslim yang mati ketika berperang atau berjuang di jalan Allah, membela kebenaran atau mempertahankan hak dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk menegakkan agama Allah. Siapa yang berjuang membela harta miliknya, jiwanya, keluarganya, agamanya, dan meninggal dalam perjuangannya itu, maka ia meninggal fi sabilillah atau mati syahid. Mati syahid merupakan cita-cita tertinggi umat Islam. Satu jalan menuju mati syahid adalah berjuang di jalan Allah (jihad fi sabilillah).

Sejarah mencatat, tidak sedikit umat Islam yang gugur sebagai syahid, terutama melalui perjuangan menentang golongan kafir. Dalam perjuangan awal kebangkitan Islam di bawah pimpinan Rasulullah saw, jumlah yang syahid dalam perang Badar (14 orang), perang Uhud (71 orang), perang Khandak/Ahzab (6 orang), perang Khaibar (21 orang), perang Muktah (12 orang), serta perang Hunain dan Taif (16 orang). Hakikat sebenarnya mereka yang mati syahid bukanlah mati, tetapi mereka hidup di sisi Allah dan senantiasa mendapat rahmat dan rezeki daripada Allah Swt.

Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tidak ada satu jiwa pun yang mati dan akan memperoleh kebajikan yang menggembirakannya di sisi Allah karena dia dapat kembali ke dunia, bukan karena untuk memperoleh dunia serta isinya kecuali orang yang mati syahid. Karena ia berharap dapat kembali lagi lalu terbunuh lagi di dunia, melihat besarnya keutamaan mati syahid.” (HR. Muslim)
Mengenang pahlawan
 
Setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingatinya sebagai Hari Pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa, yang gugur di medan jihad. Peringatan yang kita lakukan hanya sebatas mengenang kisah perjuangan pahlawan. Padahal yang jauh lebih penting adalah bagaimana kisah perjuangan dan karakter para pahlawan menjadi teladan dan sumber inspirasi bagi generasi berikutnya.

Kata pahlawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang berjuang dengan gagah berani dalam membela kebenaran. Pangeran Diponegoro, Teuku Umar, Imam Bonjol, Sultan Hasanuddin, Pattimura dan lainnya, adalah nama-nama yang sudah tidak asing lagi di telinga rakyat Indonesia. Mendengar nama-namanya, pikiran kita langsung terkenang pada perjuangan mereka dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan. Kemerdekaan yang dirasakan bangsa ini adalah buah dari perjuangan gigih mereka. Maka pantas bagi mereka menjadi sosok para pahlawan bangsa.

Memberinya status pahlawan bagi para pejuang bangsa, tentu saja bukan keinginan dan tujuan mereka. Tapi keinginan bangsa ini, dalam upaya mengenang dan berterima kasih kepada para pejuang bangsa. Ini menandakan bangsa ini tidak lupa kacang akan kulitnya.

Karakteristik pahlawan menurut pandangan Islam yang bersumber dari Alquran. Seseorang akan menjadi sosok “pahlawan” dalam kacamata Islam apabila telah memenuhi kriteria sesuai dengan Alquran. Dalam Alquran, istilah yang digunakan untuk para pembela kebenaran, atau pahlawan adalah rajul, jamaknya adalah rijal. Para rijal ini ada pada setiap zaman, baik pada masa Rasulullah Muhammad saw dan sesuadahnya.

Ciri-ciri (karakteristik) para rijal yang disebutkan dalam Alquran antara lain: Pertama, menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah (untuk berjihad di jalan Allah), sebagaimana firman-Nya: “Di antara orang-orang mukmin itu ada rijal, yaitu orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu-nunggu dan mereka tidak merobah (janjinya).” (QS. Al-Ahzab: 23)

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger