Catatan singkat akhir tahun 2017

Sabtu, 30 Desember 20170 komentar

Oleh: Misbahuddin

Tidak terasa perjalanan satu tahun di angka 2017 akan berakhir hari ini. Setiap manusia tentu punya catatan penting dan bersejarah dalam setiap perjalanan hidupnya. Pada waktu dan keadaan tertentu. Bergantinya tahun baik Hijriyah ataupun Masehi memiliki peran penting untuk merefleksikan diri atau mahasabah. Instrospeksi pada apa yang telah berlalu dan menanam impian pada waktu yang akan datang.

Dalam perjalanan hidup pada tahun 2017 ini sudah banyak capaian yang mampu saya raih. Ungkapan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah yang memberikan maunah dan hidayah-Nya sehingga nafas ini terus berfungsi untuk bertahannya hidup. Sehingga keberhasilan-keberhasilan yang mampu saya raih di tahun ini tiada lain karena hanya pertolongan Allah.

Di samping keberhasilan yang mampu saya raih, ada banyak juga kegagalan yang harus terus saya perjuangkan di hari-hari kemudian. Semoga Allah selalu memberikan jalan mudah dari setiap langkah yang memiliki banyak kendala dan rintangan. Manusia hanya bisa berusaha, berikhtiar dan berharap melalui doa, semua hasil Allah yang mengaturnya.

Keberhasilan dan kegagalan yang saya dapatkan tentunya tidak bisa saya tulis satu persatu. Tapi memoriku akan selalu mengingatnya. Sesuatu yang penting, moment yang menarik akan teringat sendiri dalam deretan kisah hidup. Sampai akhirnya bisa diceritakan pada anak dan keturunan. Baik kisah cinta, perjuangan, dan perjalanan hidup yang lain.

Terkadang manusia terlalu banyak berharap. Terlalu banyak bermimpi. Tapi sedikit usaha dan implementasi. Walaupun tidak ada yang salah dengan banyaknya impian dan cita-cita. Karena yang lebih salah lagi adalah orang yang tidak bermimpi dan tidak ada usaha. Ada mimpi tapi tidak ada usaha, barangkali masih ada jalan untuk berusaha di kemudian hari. Tapi sangat nihil untuk usaha sedangkan ia tidak punya target dan impian.

Harapan kita semua, semoga dari sekian pembelajaran, pengalaman dan pengetahuan yang lalu dapat bermanfaat untuk waktu-waktu yang akan datang. Dapat terus diperbaiki di kemudian hari. Dan sesuatu apapun yang bermanfaat, bernilai, dan memiliki arti penting terus istiqomah untuk waktu-waktu yang akan datang.

Malang, 31 Desember 2017

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger