Kuliah itu sesuatu, Sob!

Senin, 07 November 20160 komentar

http://misbahuddinalmutaali.blogspot.com/2016/11/kuliah-itu-sesuatu-sob.html


Kali ini tulisan saya sangat lepas sobat, karena menyangkut sesuatu yang mungkin bagi sebagian orang tidak penting. Dari pada tidur pagi, seperti biasa sehabis kuliah subuh bersama kalam ilahi saya wajibkan 10-15 menit nongkrong bersama laptop kesayangan. Buat apaan nih... ya ngisi-ngisi tulisan lepas gitu..

Tulisan yang diposting saat ini terinspirasi dari seorang teman saya kemarin yang sedang bercerita dengan adiknya masalah kuliah, nah kebetulan saya ada di sampingnya, jadi ikutan nyimaklah. Ditambah dengan hasil resuman canda2-an di SS bersama temen2 tua. Kurang lebih percakapan yang terangkum seperti ini.

Jadi ceritanya sekarang gue lagi kebanjiran tugas akhir untuk menghadapi UTS di kampus ntar. Denger klo dosen nerangin di kelas tiba2 nerangin masalah tugas itu sesuatu bgt. Lagi enak2 nya duduk tenang buat menuhin buku absensi doang, Tiba2 kepala serasa ada beban klo di kasih tugas. Inilah yang namanya perkuliahan. Dunia keMahasiswaan sungguh terasa berat, apa lagi klo gue berat2in.

Bedanya sewaktu jadi siswa ama sekarang (mahasiswa) itu jauh banget. Emang, klo sekolah kita di bebanin waktu hingga 7 jam (jam 7.00 - 14.00) dan yang namanya PR pun jadi sempat klo dikerjain disekolah. Klo kuliah, mainan waktunya berbasis SKS. 1 SKS = 45 menit. Standarisasi kuliah minimal 2 SKS/mata kuliahnya. Emang gak ngebetein sih klo masuk hanya 90 menitan. Tapi, yang bikin sebel itu klo bela2in nungguin dosen yang gak muncul2. 

Di sekolah juga kita kenal yang namanya guru. Sifat guru beda banget sama dosen. Klo guru, kita masih bisa di beri konsekuensi klo ada masalah. Klo dosen, Terserah apa mau lo, mau lo bermasalah apa tidak, yang penting dosen telah memberi lo pengajaran sesuai aturan yang ada. Dalam konteks percakapannya kira2 begini:

"Nak, kamu udah 3 minggu gak masuk2 sekolah. Nilai mu juga banyak yang gak ada. Jadi ibu berikan kamu ujian ulang ya?" (guru, untuk siswa yang bermasalah)

"Pak, tolong pak, seminggu yang lalu saya izin. Tapi suratnya gak nyampe2." - "Gak ada! duduk sana!" (Dosen, untuk mahasiswa yang ngenes)

Kira2 begitulah perbedaan dosen sama guru. Namun dalam hal tugas, di kuliah juga gak tanggung2 yang namanya MAKALAH, KARYA ILMIAH, serta SKRIPSI. Di sekolah cukup di beri buku LKS, jadi tinggal isi saja apa yang ada di dalam buku. Klo kuliah, Tulis tangan dengan target halaman yang di berikan dosen. Bikin tangan lo kelepar kelepor. Tapi semua itu tidak sebanding dengan yang namanya SKRIPSI. Silahkan nikmati aja nanti.

Nah, udah tau kan gimana gambaran mengenai kuliah. Santai sob, bukan berarti pada saat kuliah lo gak bisa santai. Jangan sampai kepala lo keliatan uratnya ketika membaca soal kuliah tadi. Jadi, gimana caranya agar kuliah lo baik2 saja?....gue kasih caranya nih! 

Cara kuliah biar berjalan lancar
1. Selalu datang setiap matakuliahnya

Absensi menjadi hal utama untuk mengikuti ujian. Persen absensi tergantung dari dosen bersangkutan. Keterlambatan juga menjadi pengaruh anjloknya absen. So, walau lo nantinya jadi anak kost, Jangan kebanyakan nonton pertandingan BARCA vs MADRID yang rata2 mulainya jam 04:00 pagi. Padahal jam 08:00 nya lu kudu kuliah.

2. Turutin apa kata dosen

Menjadi syarat wajib juga nih. Klo dosen memberi tugas, maka kerjakanlah. Gak musti terfokus tugas lo sempurna, tapi yang penting tugas lo kumpulkan dan kerjakan. Misalnya klo dosen nyuruh lo nyari pacar untuk dia, itu perlu di pertimbangkan.

3. Dekatin dosennya

Misal klo lo berada di kantin kampus dan bertemu dosen lo disana, sapa lah. Klo bisa lebih dari sapaan. Lo ajak ngobrol si Do'i dan cerita2 mengenai mata kuliahnya gitu. Klo dosen lo humoris atau seorang comic StandUp Comedian, maka ajaklah bercanda. Pandai2 bergaul lah.

4. Selalu Aktif di Kampus

Ini juga yang penting. Ikuti kegiatan ekstrakulikuler yang cocok di bidang lo. Misalnya lo jago Design grafis, maka gabung aja ama anak2 design grafis dikampus lo. Jangan segan2 gabung juga di BEM. Apa lagi klo sampai terpilih jadi panitia ospek. Puas2in ngerjain anak orang. hehehehe. Sehabis ospek, banyak adik2 tingkat yang nyapa lo. "halo kakak, kemaren gokil deh aksinya." kan sekalian jadi seleb kampus. 

Oh ya, preman kampus juga termasuk seleb lo di kampus. Tongkrongan para preman kampus ini bisa lo temui di kantin2 kampus. Rata2 para preman kampus kebanyakan semester akhir.
Yap, itu aja deh yang bisa gue berikan. Mungkin ada temen2 yang sesama mahasiswa bantu2 nambahin? Silahkan koment aja! yeahMahasiswa #Loh!  Oh iya, kemaren gue juga pernah posting tentang OSPEK. So, bagi yang menghadapi ospek, jangan cemas yaaaa..

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : SalamuN RespectoR | Johny | Tutorial Software
Copyright © 2014. MisbahPost - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by SalamuN RespectoR
Proudly powered by Blogger